PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17218Keywords:
Model Quantum Learning, Model Konvensional, Hasil Belajar IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil hasil belajar IPA siswa di SMP Negeri 4 Singaraja
dan menganalisis perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model Quantum Learning
dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional di SMP Negeri 4 Singaraja. Penelitian
ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan non-equivalent pre test-post test control group
design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII berjumlah 348 orang. Sampel penelitian dipilih
2 kelas yaitu kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja. Sebanyak 62 siswa yang ditentukan dengan teknik
random sampling. Penelitian ini melibatkan 3 variabel yaitu 1) variabel bebas adalah model
pembelajaran, 2) variabel terikat adalah hasil belajar kognitif IPA, dan 3) variabel kovariat adalah
pengetahuan awal siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes objektif diperluas. Untuk
mengetahui adanya perbedaan hasil belajar IPA siswa antara kelompok eksperimen dengan kelompok
kontrol digunakan uji ANAKOVA dengan taraf sig.< 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil
belajar IPA siswa SMP Negeri 4 Singaraja yang belajar dengan MQL berkualifikasi tinggi (x̅=84),
sedangkan yang belajar dengan MPK nilai rata-rata juga berkualifikasi tinggi (x̅=71). Terdapat perbedaan
yang signifikan hasil belajar antara siswa yang belajar model Quantum Learning dan siswa yang belajar
dengan model pembelajaran konvensional (F= 0,000 sig.< 0,05). Hasil belajar IPA siswa dengan model
Quantum Learning lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional μ μ 2,58 1 2
.
References
Agusnanto. 2015. Penerapan Model
Pembelajaran Quantum Learning
Dan Model Pembelajaran
Problem Based Learning Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Pada Mata Diklat
Programmable Logic Controller
Di Smk Muhammadiyah 3
Yogyakarta. Skripsi Program
Studi Pendidikan Mekatronika
Fakultas Teknik Universitas
Negeri Yogyakarta.
BBC.2015. Majalah Asia Sekolah Terbaik.
Online.
http://www.bbc.com/indonesia/ma
jalah/2015/05/150513_majalah_a
sia_sekolah_terbaik. diakses
pada tanggal 1 november 2017
Cahyani. 2015. Pengaruh Model
Pembelajaran Quantum Tipe
VAK (Visual, Auditori, Kinestetik)
Berbantuan Geogebra Terhadap
Kemampuan Berfikir Kritis
Matematika Siswa Kelas XI SMA
Negeri 1 Sukawati. Skripsi (tidak
diterbitkan). Singaraja:
Universitas Pendidikn Ganesha.
Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22
Tahun 2006 Tentang Standar Isi.
Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah RI
No.19 Tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan.
Jakarta: Depdiknas
DePorter, B & Mike, H. 2015. Quantum Learing Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan.. Bandung: Kaifa
Katminingsih. 2012. Mengenal Revisi Taksonomi Bloom oleh Anderson dan Krathwohl.tersedia pada: file-mengenal-revisi-taksonomi-bloom-oleh.html. diakses pada tanggal desember 2018
Kemdikbud. 2017. Rekapitulasi Hasil Ujian Nasional IPA SMP/MTs Se-KabupatenBuleleng.https://bulelengkab.go.id/bankdata/hasilujiannasionalipa.html. Diakses pada tanggal 20 Desember 2017
Kemdikbud. 2016. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Balitbang.
Kholik, M. 2011. Metode Pembelajaran Konvensional. [Online]. Tersedia pada
https://muhammadkholik.wordpress.com/2011/11/08/evaluasi-pembelajaran/. Diakses pada tanggal 25 April 2017
Moedjiono, & Moh. Dimyati. 1994. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud Derektorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Pratiwi, I. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. e-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha
Slavin. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek Edisi Kesembilan Jilid 1. Jakarta: PT Indeks
Sanjaya. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada: Jakarta.
Santyasa. 2004. Pengaruh Model dan Seting Pembelajaran Terhadap Remidiasi, Miskonsepsi, Pemahaman Konsep, dan Kompetensi Dasar IPA pada Siswa SMU. Desertasi (tidak diterbitkan). Universitas Negeri Malang Program Pasca Sarjana.
Sari, M. 2013. Penerapan Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Materi Energi, Panas, dan Bunyi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Rangdugunting 4 Kota Tegal. Skripsi Online. Tersedia pada: http://lib.unnes.ac.id/17351/1/1409107.pdf. Diakses pada 13 Maret 2017
Sugiyono. 2011. Statistika untuk penelitian. Bandung: alfabeta
Sugiyono.2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Tim Prestasi Pustaka.
Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Asa Mandiri.
Wijayanti. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum (Quantum Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus Peliatan. Jurnal pendidikan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,FIP UniversitasPendidikanGanesha
Winataputra. 2002. Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Yusuf. 2014. An Infestigation the Effect of Quantum Learning Approach in Primary School 7th Grade Students’ Scince Achievement. Retention and attitude. Educational research association the international journal of research in teacher education. Tersedia pada http://ijrte.eab.org.tr. Diakses pada 10 maret 2017.