STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DITINJAU DARI HASIL BELAJAR IPA SISWA

Authors

  • Dewa Ayu Dewi Purnamayanti Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Suardana Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kompyang Selamet Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17221

Keywords:

model pembelajaran kooperatif tipe TGT, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Singaraja tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 357 siswa. Sampel penelitian berjumlah 57 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas yaitu siswa kelas VIII A2 sebagai kelas eksperimen I yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan siswa kelas VIII B10 sebagai kelas eksperimen II yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen soal pilihan ganda. Data hasil belajar IPA siswa dianalisis secara deskriptif dan menggunakan uji ANCOVA satu jalur dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dibandingkan model kooperatif tipe STAD. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II secara beturut-turut yaitu sebesar 81 dan 52,7.

References

Aka, K.A. 2015. Komparasi Penerapan Model STAD dan TGT terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa (Studi pada Siswa Kelas V Mata Pelajaran PKN di SDN Bendo 1, Kec. Pare, Kab. Kediri). Profesi Pendidikan Dasar. 2(2), 103-111. Tersedia pada http:// journals. ums.ac.id/ index. php/ ppd /article /view File/1645/1171 (diakses pada tanggal 14 Desember 2017).

Andaningsih, W. 2015. Studi Komparasi Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model pembelajaran Kooperatif antara Tipe STAD dan TGT Berdasarkan Karakteristik Peserta Didik di SMA Negeri 1 Sentani. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia. 3(2), 51-62. Tersedia pada http:// download. portalgaruda. org/ article. php? article = 438981 &val = 6242&title= STUDI %20 KOMPARASI% 20 HASIL %20 BELAJAR %20 BIOLOGI %20 MENGGUNAKAN %20 MODEL %20 PEMBELAJARAN %20 KOOPERATIF %20 ANTARA %20 TIPE% 20STAD %20 DAN% 20 TGT %20 BERDASARKAN %20 KARAKERISTIK %20PESERTA %20DIDIK %20 %20DI %20SMA %20NEGERI %201 %20 SENTANI (diakses pada tanggal 14 Desember 2017).

Arviansyah, R. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry disertai LKS Audiovisual terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa di SMP. Pembelajaran Fisika. 4(4), 308-315. Tersedia pada https:// jurnal. unej. ac. id/ index. php/ JPF/ article/ download/ 3611/ 2806/ (diakses pada tanggal 3 Juli 2018).

Fajrin, H. F. 2016. Studi Komparasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Teams Games Tournament (TGT) Ditinjau dari Kemampuan Analisis Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Pendidikan Kimia. 5(2). 98-107. Tersedia pada https:// media. neliti.com/ media/ publications/ 121496- ID- studi- komparasi-model- pembelajaran- stude. pdf (diakses pada tanggal 8 Juli 2018).

Kemendikbud. 2017. Laporan Hasil Ujian Nasional 2017/2018. Tersedia pada http://litbang.kemdikbud.go.id (diakses pada tanggal 19 Juli 2018).

Martin, M. O., Ina V.S. Mullis., Pierre Foy., & Gabriella M. Stanco. 2011. TIMSS 2011 International Results in Science. Tersedia pada http:// www. bc. edu/ content /dam/ files/ research_ sites/ timssandpirls/ timss2011/downloads/T11_IR_Science_FullBook.pdf (diakses pada tanggal 20 Mei 2017).

Martin, M. O., Ina V.S. Mullis., Pierre Foy., & Martin Hooper. 2015. TIMSS 2015 International Results in Science. Tersedia pada http:// timss 2015. org/wp-content/ uploads/ filebase/ full%20 pdfs/ T15- International-Results- in- Science- Grade-4.pdf (diakses pada tanggal 20 Mei 2017).

Muldayanti, N.D. 2013. Pembelajaran Biologi Model STAD dan TGT ditinjau Keingintahuan dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2(1), 12-17. Tersedia pada https:// journal. unnes.ac.id/nju/ index. php/jpii/article/view File/2504/2557 (diakses pada tanggal 14 Desember 2017).

Nurmala, D.A. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. 4(1). Tersedia pada https:// media. neliti. com/ media/ publications/ 5258-ID-pengaruh-motivasi- belajar- dan- aktivitas-belajar- terhadap- hasil -belajar-akuntansi.pdf (diakses pada tanggal 24 Juli 2018).

Rikayanti, A. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil belajar IPA (Fisika) Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 2 Penebel Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi (Tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Fisika, Undiksha Singaraja.

Riyanto, Y. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: sebagai Referensi Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Prenada Media Group.

Setyowaty, M. S. 2014. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif, Perilaku Berkarakter dan Pengetahuan Dasar Siswa terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(2), 136-149. Tersedia pada http:// ojs. uho. ac.id/ index. php/JPM/article/viewFile/2048/pdf (diakses pada tanggal 5 Desember 2017).

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. (Alih bahasa: Narulita Yusron). Bandung: Nusa Media.

Solihah, Ai. 2016. Pengaruh Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal SAP. 1(1). Edisi khusus 51. Tersedia pada http:// journal. lppmunindra. ac.id/index. php/SAP/article/viewFile/1010/942 (diakses pada tanggal 6 Desember 2017).

Susilowati. 2014. Pembelajaran IPA pada Kurikulum 2013. Tersedia pada http:// staffnew. uny.ac.id/ upload/ 198306232009122005 /pengabdian/ penguatan- content- knowledge-

keintegrasian- materi- ipa- dalam-implementasi- kurikulum-2013.pdf (diakses pada tanggal 23 Juni 2017)

Trochim, W. M. 2006. Convergent and Discriminant Validity Research Methods Knowledge Base. Tersedia pada http://www.Social researchmet ho ds.net/kb/convdisc.php (diakses pada tanggal 5 Juli 2018).

Widayanti, R.E dan Slameto. 2016. Pengaruh Penerapan Metode Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Dadu Terhadap Hasil Belajar IPA. Scholaria. 6(3), 182-195. Tersedia pada http: //ejournal.uksw. edu/scholaria /article/ download/ 544/351/ (diakses pada tanggal 23 Juni 2018).

Downloads

Published

2019-03-31