PENGARUH TEMAN SEBAYA, ORANG TUA, DAN GURU TERHADAP MASALAH BELAJAR ANAK SUPERIOR

Kadek Yunanda Luxiana Parwata, Anak Agung Istri Agung Rai Sudiatmika, Ni Luh Pande Latria Devi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh teman sebaya, orang tua, dan guru terhadap masalah belajar anak superior. Subjek penelitian adalah anak superior di SMPN 4 Singaraja yang dipilih menggunakan tehnik purposive sampling (n=7 orang). Data pengaruh teman sebaya, orang tua, dan guru terhadap masalah belajar anak superior digali selama 60 hari melalui angket dan wawancara. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif mengikuti tahapan analisis data Bogman yang terdiri dari 3 tahapan, yakni: Deskripsi, Reduksi, dan Seleksi. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hubungan anak superior dengan teman sebaya, hubungan anak dengan orang tua, dan hubungan anak dengan guru, memberi pengaruh positif terhadap masalah belajar anak (anak-teman sebaya 75.87%, anak-orang tua 62,91%, anak-guru 74,60%).

Keywords


masalah belajar; teman sebaya; orang tua; guru; superior

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, A. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Angganing, P. (2011). Hubungan antara Gaya Mengajar Guru dan Sikap Peserta Didik dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas 5 di Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri. Skripsi (tersedia dalam https://eprints.uns.ac. id/7164/1/214871011201103291.pdf). Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret (diakses tanggal 25 Desember 2017).

Aritonang, K. T. 2006. “Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Pendidikan Penabur, nomor 10. Tersedia dalam https://s3.amazo naws.com/academia.edu.documents/35904799/Hal._11-21_Minat_dan_motiv asi_belajar.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A&Expires=1528233580&Signature=P%2F8HClodGmhMblwErpWqpC3HyLg%3D&response-content-disposition=inline%3B%20fi lename%3DMinat_dan_Motivasi_dalam_Meningkatkan_Ha.pdf (diakses tanggal 25 Desember 2017).

Bangun, D. 2008. “Hubungan Persepsi Siswa tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilitas Belajar, Dan Penggunaan Waktu Belajar di Rumah Dengan Prestasi Belajar Ekonomi”. Ekonomi & Pendidikan, Volume 5, Nomor 1. Tersedia dalam https://journ al.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/604/461 (diakses tanggal 18 Februari 2018).

Blaas, S. 2014. “The Relationship Between Social-Emotional Difficulties and Underachievement of Gifted Student”. Australian Journal of Guidance and Counselling Volume 24, Issue 2. Tersedia dalam https://www. cambridg e.org/core/servic es/aop-cambridge-core/content/view/65518F6 A8D5AF91B99964EF056E18A0A/S1037291114000016a.pdf/relationship_between_socialemotional_difficulties_and_underachievement_of_gifted_students.pdf (diakses tanggal 15 Desember 2016).

Ernawati, N. L. M. D., IW. Sadia, I.B. Putu Arnyana. 2014. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Interaksi Teman Sebaya dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Mengawi”. Ejournal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4. Tersedia dalam http://119.252.161.254/e-journal/index.php/ jurnal_ipa /article/down load/1079/827 (diakses tanggal 23 Maret 2018).

Gregory, R. J. 2010. Tes Psikologi. Sejarah, Prinsip, dan Aplikasinya. Jakarta: Erlangga

Huroniah, F. 2013. “Mengenali Anak Berkesulitan Belajar (Tinjauan Psikologi Terhadap Anak “Gifted”)”. Ejournal Iain Jember, Volume 8, Nomor 1. Tersedia dalam http://ejourn al.iain-jember.ac.id/index.php/alfitrah/ article/download/365/346 (diakses tanggal 01 Desember 2017).

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. “Survei International PISA”. Tersedia dalam http://litbang.kemendik bud.go.id/index.php/survei-internationl pisa/tentang-pisa. (diakses tanggal 5 Desember 2017)

Kharisma, N. dan L. Lutifah. 2015. “Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xii Kompetensi Keahlian Akuntansi Di Smk Negeri Sekota Semarang Tahun Ajaran 2014/2015”. Economic Education Analysis Journal, Volume 4, Nomor 3. Tersedia dalam https://journ al.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/8524 (diakses tanggal 01 Desember 2017).

Khumaero, A. L. dan S. Arief. 2017. “Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Disiplin Belajar, dan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar”. Economic Education Analysis Journal, Volume 4, Nomor 3. Tersedia dalam https://journ al.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/20281 (diakses tanggal 20 Desember 2017).

Kusuma, Y. P. dan Muhsin. 2016. “Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, dan Bahan Ajar Terhadap Kesiapan Belajar”. Economic Education Analysis Journal, Volume 5, Nomor 2. Tersedia dalam https://journal.unnes. ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/13662 (diakses tanggal 03 Desember 2017).

Mujiastuti, A. I. C. dan F. Ilyasir. 2015. “Pengaruh Pertemanan Sebaya terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Sewon, Bantul Tahun Pelajaran 2013/2014”. Literasi, Volume 6, Nomor 1. Tersedia dalam http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/viewFile/185/182 (diakses tanggal 10 Desember 2017).

Mulyasih, P. S. dan N. Suryani. 2016. “Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata

Pelajaran Pengantar Administrasi”. Economic Education Analysis Journal Volume 5 Nomor 2. Tersedia dalam https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/13664 (diakses tanggal 19 Desember 2017).

Oktaviani, L. P. dan I. W. Widayat. 2013. “Studi Deskriptif Gaya Belajar Siswa di kelas Akselerasi”. Psikologi Kepribadian dan Sosial, Volume 02, Nomor 03. Tersedia dalam http://journ al.unair.ac.id/download-fullpapersjpksd 7f00bb1732full.pdf (diakses tanggal 15 Desember 2017).

Rifa’i, A. dan C. T. Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Santrock, J. W. 2008. Perkembangan Anak – Jilid 1 (edisi kesebelas). Jakarta: Erlangga

Santrock, J. W. 2009. Piskologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Song, K. H. 2014. “Domain Thought in Gifted Students and Gifted Students with Learning Disabilities”. Gifted/Talented Education, Volume 24 Nomor 5. Tersedia dalam http://www. ndsl.kr/soc_img/society/ksg/OJHHBM/2014/v24n5/OJHHBM_2014_v24n5_851.pdf (diakses tanggal 14 Desember 2017).

Sukardi, D. K. 1997. Analisis Tes Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Thompson, J. 2010. Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Erlanga

Tirtaraharja, U., dan L. Sulo. (2010). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas

Uno, H. B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukuran: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Zubaidi, A. 2009. Tes Intelegensi. Jakarta: Mitra Wacana Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21911

Article Metrics

Abstract view : 755 times
PDF file view : 540 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21911.g13547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA

Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia indexed by:

 Crossref             OneSearch     Akreditasi SINTA


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.