KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA

Ni Komang Mawar, I Nyoman Suardana, Putu Prima Juniartina

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan rancangan Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Singaraja semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 304 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A3 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan siswa kelas VII B2 yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen 2. Objek penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa. Data hasil belajar IPA diperoleh melalui tes pilihan ganda. Data dianalisis secara deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa dan dianalisis secara inferensial dengan uji ANCOVA 1 jalur dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada kelas kooperatif tipe TPS dan kooperatif tipe STAD secara berturut-turut sebesar 80,46 dan 62,34.

Keywords


Hasil Belajar; Kooperatif Tipe Think Pair Share; Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division

Full Text:

PDF

References


Anjarsari, P. 2014. Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir (Thinking Skills) dalam Pembelajaran IPA SMP. Yogyakarta. UNY. Tersedia pada: staff.uny.ac.id>puri-anjarsari-ssi-mpd. Diakses pada tanggal 20 Juni 2018

Anggraini, N. 2016. Peran Guru dalam Proses Pembelajaran. Tersedia pada:https://www.kompasiana.com/nopitaanggraini0311/peran-guru-dalam-proses-pemblajaran. Diakses pada tanggal 20 Juni 2018.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Asyah, N. 2014. Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share pada prestasi belajar. Jurnal Pendidikan Kimia., 1(1), 25-32. Tersediapada:jurnal.etd.unsyiah.ac.id/2014/index.php?p=show_detail&id=4065.Diakses pada tanggal 11 Januari 2018.

Bamoro, A O. 2015. Effects of Guided Discovery and Think-Pair-Share Strategies on Secondary School Students’ Achievement in Chemistry. Nigeria Tai of Education. 1(10), 1-7. Tersedia pada:http://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/2158244014564754. Diakses pada tanggal 5 November 2017.

Cahyono. B. 2017. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis dalam memecahkan masalah Ditinjau daru Gender. Semarang. UIN Walisongo. Tersedia pada: https://media.neliti.com. Diakses pada tanggal 20 Juni 2018

Disdikpora. Data Nilai UN tahun 2016-2017 Se-Bali. Bali. Tersedia pada disdikpora.baliprov.go.id/Serah-Terima-Daftar-Kolektif-Nilai-Ujian-Nasional.html. Diakses pada tanggal 20 November 2017.

Karlina, I. Artikel Pembelajaran Koopertif STAD sebagai salah satu Membangun Strategi Belajar Siswa. 1(2), 47-52. Tersedia pada: https//repository.uksw.edu/bistream. Diakses pada tanggal 5 November 2017.

Lubis. A. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Pokok Gerak Lurus di Kelas X SMA Swasta UISU Medan. Jurnal Pendidikan Fisika., 1 (1), 27-32. Tersedia pada: jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/article/view/3378. Diakses pada tanggal 11 November 2017.

Mulyana. A. 2015. Perbedaan Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan inquiri learning dan discovery learing di SMP N 57 Jakarta. Sigma Jurnal. The jurnal of education mathematics, science and technology. 11(02), issn. 1411-516.

Putra, W. 2017. Konferensi Pers UN 2017 Jenjang SMP. Tersedia pada: www.academia.edu/34731861/konferensi_pers_UN_2017_Jenjang _SMP. Diakses pada tanggal 18 Juni 2018.

Ramdani, Y. 2014. Pembelajaran Saintifik debate untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Bandung. UNISBA. Tersedia pada: https//media.neliti.com/Pembelajaran-Saintififdebate_untuk_meningkatkan_kemampuan_berpikir_kreatif_mahasiswa. Diakses pada tanggal 20 Juni 2018.

Side. S, Hardin & Tanrere M. 2013. Penerapan Metode Diskusi Berkelanjutan Mata Pelajaran Kimia untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA6 SMA Negeri 11 Makassar. Makassar. Universitas Negri Makassar. Jurnal Chemica. 14(1), 46-54. Tersedia pada: portalgaruda.org>articel-sumiati-side-2013. Diakses pada tanggal 18 Juni 2018.

Sulistiono, A. 2014. Penerapan pendekatan saintific dengan media roalia untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas v SD negeri Blotongan 03 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga. Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP. UKSW. Tersedia pada: https//scholar.google.co.id/scholar?q=sulistino+2014+proses+berpikirdzmdwjlwzbs8J. Diakses pada tanggal 20 Juni 2018.

Surayya, L., Subagia, I W & Tika, I N. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha., 4 (1), 1-11. Tersedia pada: pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/110. Diakses pada tanggal 5 November 2017.

Trochim, W M K. (2006). The non equivalent group design. Tersedia pada:http://www.socialresearchmethods.net/kb/quasnegd.php. Diakses pada tanggal 9 Juni 2018.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Tersedia pada:http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf.Diakses pada tanggal 2 Oktober 2017.

Widayanti, L & Widodo M. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Yogyakarta. Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Fisika Indonesia. 17(49), 32-35. Tersedia pada: http://pdm-mipa.ugm.ac.id/ojs/index.php/jfi/article/view/831/910. Diakses pada tanggal 20 Juni 2018.

Zamroni, B & Sujadi, I. 2016. Eksprimentasi Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS

dan STAD dengan Pendekatan CTL pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Surakarta. Universitas Sebelas Maret . Jurnal Pembelajaran Matematika. 1(3), 306-316.

Zakiah, M & Enawati, E. 2017. Pengaruh Model TPS terhadap Aktivitas dan Hasil belajar pada materi redoks. Pontianak. Untan Pontianak. Diakses pada tanggal 20 Juni 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21913

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21913.g13549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia indexed by:

 Crossref             OneSearch     Akreditasi SINTA


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.