PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SMP

Ni Putu Sintya Dewi, I Nyoman Suardana, Putu Prima Juniartina

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan pengaruh peningkatan pemahaman konsep IPA siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem solving dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian nonequivalent pretest-posttesst control group desaign. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Singaraja tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri atas 296 siswa dan tersebar dalam 10 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Siswa kelas VIIIA belajar dengan model pembelajaran problem solving dan kelas VIIIB belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Objek penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran IPA. Data pemahaman konsep IPA siswa dikumpulkan dengan metode test dan dianalisis menggunakan uji statistik ANCOVA satu jalur dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA siswa yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem solving dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata posttest masing-masing kelas secara berturut-turut sebesar 73,00 dan 55,20.

Keywords


pemahaman konsep siswa; problem solving; STAD

Full Text:

PDF

References


Anderson & Karthwohl. 2015. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Aydogdu, M.Z. & Kesan, C. 2014. “A research on geometry problem solving strategies used by elementary mathematics teacher candidates”. Journal of Education and Instructional Studies, 4(1), 53-56. Tersedia pada http://www.wjeis.org. (diakses 21 April 2017)

Adabola, S., & Ajilogba, S. 2012. “Problem solving as a strategy for improving secondary school student’s achievement and retention in further mathematics”. ARPN Journal of Science and Technology. 2(2). 122-130. Tersedia pada http://www.ejournalofsciencef (diakses pada tanggal 30 Mei 2017)

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Balipotalnews.com. Nilai UN SMP/MTs Se-Bali Turun. Artikel. Tersedia pada http://baliportalnews.com/2017/06/nilai-un-smpmts-se-bali-turun/. (diakses pada tanggal 1 Desember 2017)

Djamarah, S, B & Aswin, Z. 2006. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. 2003. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Irfadilah,2016. Jurnal Penelitian Kemampuan Memecahkan Masalah Bahasa Indonesia. E-Journal 57-71. Tersedia pada https://media.neliti.com/media/publications/80460-ID-hubungan-strategi-membaca-dengan-kemampu.pdf (diakses pada tanggal 25 Januari 2018)

Johnson, N. 2012. “Teacher’s and student’s perceptions of problem solving difficulties in physics”. International Multidisciplinary E-Journal. 1(5): 97-101. Tersedia pada http://www.shreeprakashan.gov (diakses pada tanggal 30 Mei 2017)

Krulik, S., & Rudnick, J. A. 1995. The new sourcebook for teaching reasoning and problem solving in junior and senior high school.

Boston. Allyn and Bacon Kalhotra,S. K. 2014. “A study of problem solving behavior of eight class students in relation to their creativity”. International Invention Journal of Arts and Social Sciences, 1(1), 1-6. Tersedia pada http:// internationaliventjournals. (diakses pada tanggal 30 Mei 2017)

Komariah, K. 2011. “Penerapan metode pembelajaran problem solving model polya untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah bagi siswa kelas IX J di SMPN 3 Cimahi”. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Pendidikan dan Penerapan MIPA. 181-188. Tersedia pada http://eprints.uny.ac.id (diakses pada tanggal 30 Mei 2017)

Karatas, I & Adnan, B. 2013. “The Effect of learning environments based on problem solving on students’ achievements of problem solving”. International Electronic Journal of Elementary Education, 5(3), 249-268. Tersedia pada http://www.iejee.com,pdf. (diakses pada tanggal 30 Mei 2017)

Mwelese, Jackson Khayati. 2014. “Effect of Problem Solving Strategy on Secondary School Students Achievement in Circle Geometry in Emuhaya District of Vihiga County”. Masinde Muliro University of Science and Technology, Department of Science and Mathematics Education, Maseno, Kenya: e-Journal: Journal of Education, Arts and Humanities, Volume 2 (2), July 2014. (diakses pada tanggal 30 Mei 2017)

Marjan, J., Arnyana, I. B. P., & Setiawan, I. G. A. N. 2014. “Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4. 1-12. Tersedia pada http://pasca.undiksha.ac.id (diakses pada tanggal 30 Mei 2017)

Nabic, M, J, Akayuure, P & Sofo, S. 2013. “Intregating problem solving and incestigations in mathematics

Ghanaian teachers assessment practices”. International journal of humaniora and social science. 3(15). 46-56. Tersedia pada http://www.ijhssnet.com.pdf. (diakses pada tanggal 30 Mei 2017)

Polya, G. 2012. How to Solve it, Second Edition. Princeton. New Jersey Princeton University Press.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Saleh, S. 2011. “The Level of B.Sc.Ed Student’s Conceptual Undestanding of Newtonian Physics”. International Journal of Academic Research in Bussines and Social Sciences. 1(3). 249-256. Tersedia pada http://www.hrmars.com (diakses pada tanggal 30 Mei 2017)

Suastra, I. W. 2009. Pembelajaran sains terkini. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Slavin, R. E. 2009. Cooperative Learning: Teori, riset, dan praktik. Bandung: Nusa Media




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21915

Article Metrics

Abstract view : 296 times
PDF file view : 145 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21915.g14329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA

Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia indexed by:

 Crossref             OneSearch     Akreditasi SINTA


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.