EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21917Keywords:
pemahaman konsep, inkuiri terbimbing, pembelajaran langsungAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan rancangan nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sukasada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 106 orang yang tersebar ke dalam empat kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Siswa kelas VIII A dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing sedangkan kelas VIII B dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Data tes pemahaman konsep dikumpulkan dan dianalisis dengan menggunakan uji ANCOVA satu jalur dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung dengan skor rata-rata posttest secara berturut-turut sebesar 76,4 dan 58,3.References
Anderson, Lorin W & David R. Krathwohl.2015. Kerangka Landasan
untuk Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Almuntasheri,s.dkk.2016. The Effectiveness of a Guided Inquirybased,
Teachers’ Professional Development Programme on Saudi
Students’ Understanding of Density. Vol 27. No 1 Science
Education International Terdapat pada https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ11
pdf (diakses pada 12 februari 2018)
Dahar.R.W.2012.Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga
Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain.2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hariyadi, Ibrohim & Rahayu. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran
Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan
Proses dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas VII Pada Materi
Ekosistem.Volume 1 Nomor 8.Universitas Negeri Malang.
Teori Penelitian dan Pengembangan terdapatpada
https://media.neliti.com/media/publications/210834-pengaruh-modelpembelajaran-inkuiriterb.pdf
(diakses pada tanggal 25 Mei 2018)
Kussavita, R. 2007. Aplikasi Pakem(Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif
Menyenangkan) Model Rancangan Alat untuk Meningkatkan Prestasi
Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMA Negeri 1 Ambarawa. Skripsi.
Surakata: Universitas Sebelas Maret
Kemendikbud. 2017. Laporan Hasil Ujian Nasional 2017/2018. Diperoleh dari http://litbang.kemdikbud.go.id
Kurniawati. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Peer Instuction Terhadap Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Siswa. Vol 1 no 10. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.
Terdapat pada https://media.neliti.com/media/publications/120003-ID-pengaruhpembelajaran-inkuiri-terbimbing.pdf
(diakses pada tanggal 11 Januari
Kunandar. 2010. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru.
Jakarta: Rajawali Pers.
Mladjuna, Saehana & Syamsu. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran
Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada
Mata Pelajaran Fisika di SMP Negeri 19 Palu. Vol 5 No 1. Jurnal
Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT).Terdapat pada http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/
/5730 (diakses pada tanggal 5
mei 2018)
Maxwell.2015. Effects of using inquirybased learning on science
achievement for fifth-grade students.USA. Vol 16 no 1. Royston
Elementary School terdapat pada https://eric.ed.gov/?id=EJ1070728
(diakses pada 12 januari 2018)
Murfiah, U.(2017). Pembelajaran Terpadu
Teori dan Praktik Terbaik di Sekolah.
Bandung;PT Refika aditama
Martin, O, M, Ina V S Mulis., Pierre F & Martin, H. 2015. International Result in Science. Tersedia pada http://timss2015.org/wpcontent/
uploads/filebase/full%20pdfs/ T15-International-Results-in-
Mathematics-Grade-4.pdf (diakses pada tanggal 29 Juni 2018)
Maristania. 2017. Analisis Pelaksanaan Praktikum dan Permasalahannya Pada Materi Organisasi kehidupan.
Skripsi. Universitas Lampung
Ngertini, Sadia, Yudana. 2013.Pengaruh implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Literasi Sains Siswa Kelas X
SMA PGRI 1 Amplapura. Volume 4 No 1. Ejournal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha
terdapat pada http://pasca.undiskha.ac.id/ejournal/
index.php/journal_ap/article/view/1012 diakses pada tanggal (4
November 2017)
Permendikbud .(2013). Peraturan menteri pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 tahun 2016 Tentang Standar isi.
Sanjaya, W. 2013 Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta: Kencana Paranamedia Group
Setyawati, Candiasa & Yudana. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran
Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep dan
Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IX IPA SMA Negeri 2
Kabupaten Badung. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Universitas Pendidikan Ganesha. Terdapat pada https://media.
neliti.co/media/ publications /79795-ID-pengaruh -model-pembelajaraninkuiri-terb.pdf (diakses pada tanggal
Desember 2017)
Tariai, Syahrudin, Parmiti. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri
Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V. Volume
no 1. Universitas Pendidikan Ganesha terdapat pada
http://download.portal.garuda.org/article.php?article=304043&val=1342&title=PENGARUH%20MODEL%20PE
MBELAJARAN%20INKUIRI%TERBIMBING%TERHADAP%PEMAHAMA
N%KONSEP%20IPASISWA%20KELAS%20V (diakses pada tanggal 4
November 2017)
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif dan
Kontekstual. Jakarta: PT Kencana Trochim, W. M. 2006. Convergent and Discriminant Validity Research Methods Knowledge Base. Tersedia
pada http://www.social researchmeth ds.net/kb/convdisc.php ( diakses pada tanggal 10 Juni 2018).
Widiwati, P. 2015. Analisis Pemahaman Konsep Dalam Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SD Di Gugus II Kecamatan Banjar. Univerista
Pendidikan Ganesha volume 3 no 1 terdapat pada
https://ejorunal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5847
(diakses pada tanggal 1 November 2017)
Wardani.2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Proses dan
Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kopang
Pada Materi Ekosistem. Volume 3 no 4. Pendidikan Dasar Pascasarjana-Universitas Negeri Malang terdapat
pada http:/jorunal.um.ac.id/index.php/jptpp/
article/view/8891/4285 (diakses pada tanggal 4 November 2017)
Wiartini, Suardana & Lasia. 2011. Pemanfaatan Lingkungan Lokal Dalam Membuat Prosedur Praktikum
Penelitian. No 1-3. Jurnal Pendidikandan Pengajaran. Universitas
Pendidikan Ganesha terdapat pada https://ejorunal.undiksha.ac.id/index.
php/JJarticle/view/5847 (diakses
pada tanggal 3 July 2018