EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SMP

Authors

  • Ni Kadek Dewi Septiari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Suardana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kompyang Selamet Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21917

Keywords:

pemahaman konsep, inkuiri terbimbing, pembelajaran langsung

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan rancangan nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sukasada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 106 orang yang tersebar ke dalam empat kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Siswa kelas VIII A dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing sedangkan kelas VIII B dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Data tes pemahaman konsep dikumpulkan dan dianalisis dengan menggunakan uji ANCOVA satu jalur dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung dengan skor rata-rata posttest secara berturut-turut sebesar 76,4 dan 58,3.

References

Anderson, Lorin W & David R. Krathwohl.2015. Kerangka Landasan

untuk Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Almuntasheri,s.dkk.2016. The Effectiveness of a Guided Inquirybased,

Teachers’ Professional Development Programme on Saudi

Students’ Understanding of Density. Vol 27. No 1 Science

Education International Terdapat pada https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ11

pdf (diakses pada 12 februari 2018)

Dahar.R.W.2012.Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain.2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hariyadi, Ibrohim & Rahayu. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran

Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan

Proses dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas VII Pada Materi

Ekosistem.Volume 1 Nomor 8.Universitas Negeri Malang.

Teori Penelitian dan Pengembangan terdapatpada

https://media.neliti.com/media/publications/210834-pengaruh-modelpembelajaran-inkuiriterb.pdf

(diakses pada tanggal 25 Mei 2018)

Kussavita, R. 2007. Aplikasi Pakem(Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif

Menyenangkan) Model Rancangan Alat untuk Meningkatkan Prestasi

Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMA Negeri 1 Ambarawa. Skripsi.

Surakata: Universitas Sebelas Maret

Kemendikbud. 2017. Laporan Hasil Ujian Nasional 2017/2018. Diperoleh dari http://litbang.kemdikbud.go.id

Kurniawati. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Peer Instuction Terhadap Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Siswa. Vol 1 no 10. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.

Terdapat pada https://media.neliti.com/media/publications/120003-ID-pengaruhpembelajaran-inkuiri-terbimbing.pdf

(diakses pada tanggal 11 Januari

Kunandar. 2010. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat

Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru.

Jakarta: Rajawali Pers.

Mladjuna, Saehana & Syamsu. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran

Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada

Mata Pelajaran Fisika di SMP Negeri 19 Palu. Vol 5 No 1. Jurnal

Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT).Terdapat pada http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/

/5730 (diakses pada tanggal 5

mei 2018)

Maxwell.2015. Effects of using inquirybased learning on science

achievement for fifth-grade students.USA. Vol 16 no 1. Royston

Elementary School terdapat pada https://eric.ed.gov/?id=EJ1070728

(diakses pada 12 januari 2018)

Murfiah, U.(2017). Pembelajaran Terpadu

Teori dan Praktik Terbaik di Sekolah.

Bandung;PT Refika aditama

Martin, O, M, Ina V S Mulis., Pierre F & Martin, H. 2015. International Result in Science. Tersedia pada http://timss2015.org/wpcontent/

uploads/filebase/full%20pdfs/ T15-International-Results-in-

Mathematics-Grade-4.pdf (diakses pada tanggal 29 Juni 2018)

Maristania. 2017. Analisis Pelaksanaan Praktikum dan Permasalahannya Pada Materi Organisasi kehidupan.

Skripsi. Universitas Lampung

Ngertini, Sadia, Yudana. 2013.Pengaruh implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Literasi Sains Siswa Kelas X

SMA PGRI 1 Amplapura. Volume 4 No 1. Ejournal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha

terdapat pada http://pasca.undiskha.ac.id/ejournal/

index.php/journal_ap/article/view/1012 diakses pada tanggal (4

November 2017)

Permendikbud .(2013). Peraturan menteri pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 tahun 2016 Tentang Standar isi.

Sanjaya, W. 2013 Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana Paranamedia Group

Setyawati, Candiasa & Yudana. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran

Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep dan

Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IX IPA SMA Negeri 2

Kabupaten Badung. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Universitas Pendidikan Ganesha. Terdapat pada https://media.

neliti.co/media/ publications /79795-ID-pengaruh -model-pembelajaraninkuiri-terb.pdf (diakses pada tanggal

Desember 2017)

Tariai, Syahrudin, Parmiti. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri

Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V. Volume

no 1. Universitas Pendidikan Ganesha terdapat pada

http://download.portal.garuda.org/article.php?article=304043&val=1342&title=PENGARUH%20MODEL%20PE

MBELAJARAN%20INKUIRI%TERBIMBING%TERHADAP%PEMAHAMA

N%KONSEP%20IPASISWA%20KELAS%20V (diakses pada tanggal 4

November 2017)

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif dan

Kontekstual. Jakarta: PT Kencana Trochim, W. M. 2006. Convergent and Discriminant Validity Research Methods Knowledge Base. Tersedia

pada http://www.social researchmeth ds.net/kb/convdisc.php ( diakses pada tanggal 10 Juni 2018).

Widiwati, P. 2015. Analisis Pemahaman Konsep Dalam Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SD Di Gugus II Kecamatan Banjar. Univerista

Pendidikan Ganesha volume 3 no 1 terdapat pada

https://ejorunal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5847

(diakses pada tanggal 1 November 2017)

Wardani.2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Proses dan

Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kopang

Pada Materi Ekosistem. Volume 3 no 4. Pendidikan Dasar Pascasarjana-Universitas Negeri Malang terdapat

pada http:/jorunal.um.ac.id/index.php/jptpp/

article/view/8891/4285 (diakses pada tanggal 4 November 2017)

Wiartini, Suardana & Lasia. 2011. Pemanfaatan Lingkungan Lokal Dalam Membuat Prosedur Praktikum

Penelitian. No 1-3. Jurnal Pendidikandan Pengajaran. Universitas

Pendidikan Ganesha terdapat pada https://ejorunal.undiksha.ac.id/index.

php/JJarticle/view/5847 (diakses

pada tanggal 3 July 2018

Downloads

Published

2019-11-22