IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP NEGERI 4 KUBUTAMBAHAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Luh Maeri Arjani, I Wayan Subagia, Putri Sarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan implementasi Kurikulum 2013 serta faktor pendukung dan penghambat implementasi Kurikulum 2013 dalam pengelolaan pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Subjek dalam penelitian ini adalah guru IPA kelas VII, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan siswa kelas VII. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, studi dokumen, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) implementasi Kurikulum 2013 dalam pengelolaan pembelajaran belum optimal, 2) faktor pendukung implementasi Kurikulum 2013 dalam pengelolaan pembelajaran IPA adalah buku pembelajaran yang sudah lengkap dimiliki oleh siswa untuk menunjang pembelajaran, dan pemasangan wifi sekolah yang memudahkan guru untuk mengakses informasi Kurikulum 2013, 3) faktor penghambat implementasi Kurikulum 2013 dalam pengelolaan pembelajaran IPA adalah rendahnya kemampuan siswa dalam membaca dan menghitung dasar, guru IPA kelas VII belum pernah mengikuti pelatihan Kurikulum 2013, serta sarana dan prasarana sekolah belum lengkap untuk menunjang pembelajaran seperti LCD.

Keywords


Kurikulum 2013, pengelolaan pembelajaran IPA, Sekolah Menengah Pertama

Full Text:

PDF

References


Ariany, Yudistia, dkk.. 2017. Problematika Pelaksanaan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Lima Kaum Tahun 2017/2018. berkala ilmiah. 1(2). tersedia dalamejournal.unp.ac.id/students/index.php/bio/issue/download/355/62. Diakses pada tanggal 30 Oktober 2018

Bariyah, Lailatul. 2014. Analisis Kesesuaian RPP dan Pelaksanaan Pembelajaran Guru SMPN di Kabupaten Mojokerto Pada Sub Materi Fotosintesis Dengan Kurikulum 2013. Jurnal berkala ilmiah Pendidikan Biologi. 3(3). Tersedia dalam http: //ejournal. unesa. ac. id/index .php .bioedu. Diakses pada tanggal 29 Desember 2018.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No 20. Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.

Iskandar. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi.

Jusnita & Anwar. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Kota Ternate. Jurnal Pendidikan. 16(1). Tersedia dalam http: //ejournal. unkhair. ac. id/index. php/ edu/ article/ view/ 616. Diakses pada tanggal 2 Januari 2019.

Lya, Subagia, & Putri. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri 3 Sukasada. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia. 1 (1). Tersedia dalam https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/17222/10339. diakses pada tanggal 28 Juni 2019.

Mardiana, Safitri. 2017. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Metro. Jurnal Historial. 5(1). Tersedia dalam http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/sejarah/article/view/732.Diaskes pada tanggal 21 November 2018.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 58 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah .2014. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 68 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.2014. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dna Pendidikan Menengah. 2014. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Retnawati, Heri. 2015. Hambatan Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Dalam Menerapkan Kurikulum Baru. 1(2). Jurnal Pendidikan. Tersedia dalam Journal. uny. ac. id/index. php./ cp/ article /view /7694. Diakses pada tanggal 6 Desember 2018.

Setiadi, Hari. 2016. Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 20 (2). Tersedia dalam http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep. Diakses pada tanggal 3 Januari 2019.

Sylvia, Pramita dkk. 2016. Kemampuan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPA Terpadu Pada Tema Global Warming. Edusains. 8 (10). Tersedia dalam http: //journal. uinjkt. ac. id/index. php/ edusains. Diakses pada tanggal 29 Desember 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v3i1.24619

Article Metrics

Abstract view : 297 times
PDF file view : 357 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v3i1.24619.g14919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA

Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia indexed by:

 Crossref             OneSearch     Akreditasi SINTA


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.