PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP

Ni Wayan Yuliana Anggraini, Ni Putu Ristiati, Ni Luh Pande Latria Devi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa. Penerapan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dan model pembelajaran langsung (Direct Instructional) diduga dapat mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah 1)mengetahui perbedaan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dan model pembelajaran langsung terhadap pemahaman konsep siswa 2)mengetahui nilai yang lebih tinggi antara model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dan model pembelajaran langsung. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan Pre-test Post-test non-equivalent Control Group Design. Teknik pemilihan sampel menggunakan simple random sampling sehingga sampel yang digunakan adalah kelas VIIA sebagai kelas eksperimen1 dan VIIJ sebagai kelas eksperimen 2. Teknik analisis data menggunakan uji ancova. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1)terdapat perbedaan pemahaman konsep antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dan model pembelajaran langsung. 2)Kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) memiliki nilai yang lebih tinggi (79,16>59,10).

Keywords


Model Pembelajaran, Brain Based Learning, Direct Instructional, Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W., Krahtwohl, D. R. 2011. Kerangka Landasan Utama Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arends, R. I. 2013. Belajar untuk Mengajar. Terjemahan Learning to Teach Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

Dinas Pendidikan Provinsi Bali. 2018. Hasil Ujian Nasional Utama dan Susulan SMP/MTS Provinsi Bali Tahun Pelajaran 2017/2018. Dalam: http://www.smpn3dps.sch.id/ unduh an.html?download=74:hasil-ujian-na sional-utama. Diakses pada tanggal 15 November 2018.

Bawaneh. A. K. A.,. Ahmad N. Md. Z.,. Salmiza S. dan Abdul. G. K. A. 2012. The Effect of a Brain-Based Teaching Method on Conceptual Change in Students' Understanding of Electricity. Eurasian Journal of Physics and Chemistry Education 4 (2). Dalam https://www.Research ga te.net/publication/259866423_The_Effect_of_a_BrainBasedTeachingMethod_on_Conceptual_Change_in_Students%27_Understanding_of_Electricity_ChangeAgent_for_Arab_Development_and_Education_Reform. Diakses pada 09 Februari 2018.

Geethanjali, B., Kanagasabai, A., Mohan, J. 2018. Music Induced Emotion and Music Processing in the Brain- A Reeview. Journal of Clinical and Diagnostic Research 12 (1). Dalam: https://www.jcdr.net/articles/PDF/11060/30384_200118_30384_CE(Ra1)F(AK)PF1(BT_PB_RA_SL)_PFA(MJAnG)_PN(AP).pdf. Diakses 20 Desember 2018.

Gulpinar, M. (2005). The Principles of Brain-Based Learning and Constructivist Models in Education. Journal of Educational Science : Theory and Practice. (5). Diakses pada 09 Maret 2018

Habe, K. 2010. Neuropsychology of music – a rapidly growing branch of psychology. Horizons of Psychology 19 (1). Dalam: http://psiholoska-obz orja.si/arhiv_clanki/2010_1/habe.pdf. Diakses 20 Desember 2018.

Jensen, E. 2008. Pembelajaran Berbasis Otak. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Junedi, B. dan Sari L.2017. Penerapan Pendekatan Brain Based Learning dengan Metode Hypnoteaching Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. MES (Journal of Mathematics Education and Science) 2 (2). Dalam https://jurnal. uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article /view/125. Diakses pada 09 Februari 2018.

Kartikaningtyas, V., Kusmayadi, dan Riyadi. 2017. Brain based learning with contextual approach to mathematics achievement. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series 2 (1). Dalam https://jurnal.uns.ac.id/ijsascs/article/view/16 760. Diakses pada 09 Februari 2019.

Machali, I. 2014. Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam 3(1). Dalam http://ejournal.uin-suka.ac.id. Diakses pada tanggal 06 November 2017.

Mariyam dan Dede N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning dipadukan dengan Mind Mapping terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Proceeding Biology Education Conference 14(1). Dalam:https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/download/18482/14656. Diakses pada 30 Februari 2018.

NCTM. 2000. Principle and Standards for School Mathematic. Virginia: NCTM. Tersedia dalam https://www.Nctm .org/standards/. Diakses pada 30 Februari 2018.

Purnamasari, N., Habibi, dan Samsun, H. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 4 (2). Dalam: http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/Lensa/article/download/85/83. Diakses pada 30 Oktober 2018.

Prakoso, Y. A., Hannifah, Syafdi, M. 2017. Pengaruh Musik Klasik Terhadap Hasil dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VII di SMPN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) 1 (1). Dalam: https://ejournal.Unib. ac.id/ index.php/JPPMS/article/download/2258/1499. Diakses pada 23 Desember 2018.

Sadrabad, A. K. Soghra E. G. dan Hamideh R. 2015. The Study of the Effectiveness of Brain-Based Learning on Self-Regulated Learning among Girl Students of First Grade in High School of Yazd. Biological Forum – An International Journal 7 (2). Dalam https://www. researchtrend.net/bfij/pdf/11%20AFSAR%20KHALILI%20SADRABAD.pdf. Diakses pada 10 Februari 2018.

Saleh, S. 2012. The effectiveness of Brain-Based Teaching Approach in dealing with the problems of students’ conceptual understanding and learning motivation towards physics. Journal Educational Studies 38 (1). Dalam https://www.tandfonline.com/doi/ab s/10.1080/03055698.2011.570004. Diakses pada 10 Februari 2018.

Santyasa, I. W. 2012. Pembelajaran Inovatif. Seri Buku Ajar Perguruan Tinggi. Singaraja: Undiksha Press.

Saparina, R., Slamet, S. dan Maridi. 2015. Pengaruh Model Brain Based Learning (BBL) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Sma Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal BIO-PEDAGOGI 4 (1). Dalam http://jurnal. fkip. uns. ac.id/index.php/pdg/article/ view/ 55 24. Diakses pada 30 Februari 2018.

Sapa’at, A (2009). Brain Based Learning (online) dalam: http://home. Matematika.upi.edu/2009/09/23/brain-ba sed-learning/. Diakses pada 30 Februari 2018.

Suastra, I. W. 2009. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja: Undiksha.

Sukmadinata, N. S. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sunaryo, Y. dan Ida N. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Brain-Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika 2 (3). Dalam: http://jurnal.unsil.ac.id. Diakses pada 09 Februari 2018.

TIMSS.2015. TIMSS 2015 International Results in Science. Tersedia http://timss2015.org/timss-2015 /sc ience/student-achievement/. Diakses tanggal 11 Desember 2017. 82

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tersedia https://kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf. Diakses tanggal 25 Oktober 2017.

Uzezi, J.G. dan Kyado J. J. 2017. Effectiveness of Brain-based Learning Strategy on Students’ Academic Achievement, Attitude, Motivation and Knowledge Retention in Electrochemistry. Journal of Education, Society and Behavioural Science 21 (3). Dalam http://www.journalrepository.org/media/journals/JESBS_68/2017/Jul/Uzezi2132017JESBS34266.pdf. Diakses pada 10 Februari 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v3i1.24630

Article Metrics

Abstract view : 178 times
PDF file view : 242 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v3i1.24630.g14927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia indexed by:

 Crossref             OneSearch     Akreditasi SINTA


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.