PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PERKEMBANGBIAKAN MAHLUK HIDUP KELAS IX A5 SMP NEGERI I SINGARAJA TAHUN 2019

Ni Komang Trisnayanti, Putu Prima Juniartina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa, dengan model Group Investigation (GI) pada siswa kelas IX A5 SMP Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dimana guru menjadi peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A5 SMP Negeri 1 Singaraja pada semester I tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran, dengan tahapan-tahapan dalam tiap siklus adalah perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Hasil belajar merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan pembelajaran. Dari sisi guru, pembelajaran diakhiri dengan proses evaluasi hasil belajar. Hasil belajar sebagian merupakan akibat tindakan guru untuk mencapai tujuan pengajaran dan sebagian merupakan peningkatan kemampuan mental siswa. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui penilaian tes hasil belajar. Tes disusun dalam bentuk tes pilihan ganda yang diberikan pada tiap akhir siklus pembelajaran. Data yang telah terkumpul tersebut, selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan: 1) terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I yaitu 81,0 dan pada siklus II yaitu sebesar 86,0 dan berada pada kategori baik Jadi berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar IPA siswa meningkat melalui implementasi model GI pada siswa kelas IX A5 SMP Negeri 1 Singaraja.

Keywords


model group investigation (GI), hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Anita, L. 2004. Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT.Gransindo

Arikunto, S 2002. Pengelolaan kelas dan siswa sebuah pendekatan evaluatif. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada.

BNSP. 2006. Panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: BNSP

Ibrahim, M., & Nur, M. 2000. Pengajaran berdasarkan masalah. Surabaya: Unesa Universitas Press.

Johnson, R.T dan Jhonson, D.W. 1994. An overviewof cooperative learning. Tersedia pada http://www.learnline.nrw.de/angebote/greenline/lernen/downloads/overview.pdf.

Nurkancana, W., & Sunartana, P.P.N. 1990. Evaluasi hasil belajar. Surabaya: Penerbit Usaha Nasional.

Sahartian. 2000. Konsep dasar dan teknik supervisi pendidikan dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia. Jakarta: Rineka Cipta

Santyasa, I W. 2004. Pembelajaran fisika berbasis keterampilan berpikir sebagai alternative implementasi KBK. Teknologi Pembelajaran: Peningkatan Kualitas Belajar melalui Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan.

Sudjana, N. 2005. Penilaian hasil proses belajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Suprijono, A. 2009. Cooperatif learning: Jakarta : Pustaka Belajar

Trianto. 2007. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi kontruktivistik: Konsep, landasan teoritis-praktis dan implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto, M.Pd. 2010. Mendesain model pembelajaran Inovatif-progresif: Konsep Landasan dan Implementasinya pada KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wijaya, I K. 2005. Penerapan penilaian portofolio dalam pembelajaran fisika berbasis Group Investigation (GI) untuk meningkatkan kompetensi dasar siswa kelas X3 semester II SMA Laboratorium IKIP Negeri Singaraja tahun ajaran 2005/2006. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan MIPA, IKIP Negeri Singaraja




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v3i1.24633

Article Metrics

Abstract view : 182 times
PDF file view : 34 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v3i1.24633.g14933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia indexed by:

 Crossref             OneSearch     Akreditasi SINTA


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.