ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN IPA SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsi.v3i2.28559Keywords:
Kemampuan Kognitif, Taxonomi Bloom, Pembelajaran IPA SMP,Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Al-Fattah Buduran-Sidoarjo. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, yaitu metode tes kognitif, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kemampuan kognitif siswa peringkat pertama pada C1 baik, C2 sangat kurang, C3 cukup, C4 baik, C5 baik dan C6 cukup. Kemampuan kognitif peringkat dua pada C1 sangat baik, C2 baik, C3 kurang, C4 cukup, C5 baik, dan C6 sangat baik. Sedangkan pada peringkat ketiga C1 sangat baik, C2 baik, C3 sangat kurang, C4 baik, C5 baik, dan C6 cukup. Dapat disimpulkan bahwa setiap siswa dengan tingkat prestasi berbeda memiliki kemampuan kognitif yang berbeda.
References
Adnani, F. Q. (2019). PELATIHAN KETERAMPILAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS “X” DI YOGYAKARTA.
Aswan, M. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Antara Siswa Yang Menyelesaikan Soal Menggunakan Kemampuan Aspek Ingatan dan Pemahaman dalam Mata Pelajaran Biologi Siswa XI IPA SMA Negeri 1 Mangkutana Kabupaten Luwu Timur (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Hardianti, T. (2018, May). Analisis kemampuan peserta didik pada ranah kognitif dalam pembelajaran fisika SMA. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika (pp. 557-561).
Helaluddin Helaluddin. (2018). Mengenal Lebih Dekat dengan Pendekatan Fenomenologi: Sebuah Penelitian Kualitatif.
Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita, 3(1).
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2).
LESTARI, E. A. (2019). ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR DAN LEVEL KOGNITIF SISWA PADA MATERI BAKTERI KELAS X SMA NEGERI 1 MUARA SUGIHAN (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG).
Mahmudah, U. (2015). Pengelolaan Pembelajaran IPA Terpadu Di SMP Negeri 2 Ngawi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Pantiwati, Y., & Nyono, N. (2020, March). Asesmen Autentik dalam Kegiatan Praktik Pembelajaran sains. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.
Prihatni, Y., Kumaidi, K., & Mundilarto, M. (2016). Pengembangan instrumen diagnostik kognitif pada mata pelajaran IPA di SMP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(1), 111-125.
Rahim, H. C. K. (2020). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 1 SAKTI. Jurnal Sains Riset, 9(3), 68-79.
Rasyidah, A. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Kognitif Siswa SMP pada Bilangan Pecahan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom (Doctoral Dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Rosa, F. O. (2017). Eksplorasi Kemampuan Kognitif Siswa Terhadap Kemampuan Memprediksi, Mengobservasi dan Menjelaskan Ditinjau Dari Gender. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 111-118
Sriyana, S., & Winarso, W. (2018). Perilaku Belajar Efektif Terhadap Kemampuan Kognitif Psikomotorik Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 77-92.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatann Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung : PT. Alfabeta
Suryadi, A. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 97-102.
Wartiningsih, D. A. (2018). Pengaruh Meaningful Learning Ausubel terhadap motivasi belajar tematik bagi siswa kelas V SDN Bareng 3 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128-139.
Wiranata, A. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Gerak Parabola (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).
Wulandari, S. A. (2016). Deskripsi Proses Kognitif Siswa pada Materi Geometri Kelas VIII SMP Negeri 4 Purwokerto (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).
Yuberti, Y. (2015). Ketidakseimbangan Instrumen Penilaian Pada Domain Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(1), 1-11.
Zakiah, Z., & Khairi, F. (2019). PENGARUH KEMAMPUAN KOGNITIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS 01 KECAMATAN SELAPARANG. El Midad, 11(1), 85-100.