VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK SISWA KELAS VIII SMP

Authors

  • Tiurma Banjarani Siregar Maritim Raja Ali Haji
  • Azza Nuzullah Putri Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Nur Eka Kusuma Hindrasti Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v3i2.28577

Keywords:

Validity, Student Worksheet (LKPD), Problem Based Learning, Excretion System

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis masalah pada materi sistem ekskresi yang layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran siswa kelas VIII SMP. Pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang mencirikan adanya masalah nyata sebagai konteks bagi siswa untuk mempelajari keterampilan kritis dan pemecahan masalah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (Research & Development) dengan mengacu pada model Plomp, yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: (1) tahap investigasi awal, (2) tahap desain, (3) tahap relasi, (4) ) tahap pengujian, tahap evaluasi dan revisi, (5) tahap implementasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan LKS berbasis masalah diperoleh rata-rata hasil validasi media 87% dengan kategori sangat valid dan rata-rata hasil ahli materi 91,5% dalam kategori sangat valid. "kategori. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS berbasis masalah pada materi sistem ekskresi untuk digunakan pada siswa kelas VIII SMP yang dikembangkan dengan model Plomp sangat valid untuk digunakan kemudian dalam pembelajaran.

Author Biographies

Tiurma Banjarani Siregar, Maritim Raja Ali Haji

Pendidikan Biologi

Azza Nuzullah Putri, Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pendidikan biologi

Nur Eka Kusuma Hindrasti, Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pendidikan Biologi

References

Abdurrahman. 2015. Guru Sains Sebagai Inovator: Merancang pembelajaran sains inovatif berbasis riset. Yogyakarta: Media Akademi.

Alberida, H. Rahmi, Yosi Laia. 2017. Peningkatan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Melalui Penerapan Assesmen Portofolio Pada Mata Kuliah Telaah Kurikulum Dan Buku Ajar Biologi. Bioeducation Journal. Vol.1 No.1, Maret 2017 (hlm. 170-171)

Arsih,F. 2014. Keterampilan Proses Sains. Padang:UNP Press.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Managemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Lestari., Astuti, B., Darsono, T. 2018. “Implementasi lks dengan pendekatan stem (science, technology, engineering, and mathematics) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa”. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4 (2018) 202-205. (https://www. researchgate.net /publication/328767407) diunduh pada tanggal 15 januari 2020 jam 18:16 WIB.

Lou, S.J, dkk. 2010. The Impact of Problem Based Learning Strategies on STEM Knowledge Integration and Attitudes; An Exploratory Study Among Female Taiwanese Senior High School Student, International Journal of Technology and Design Education. Springer.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.

Nurfazillah. 2017. Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Pencernaan di SMA/MA. Jurnal Pelangi. Vol 8 (2). Hal 167-177

Pachriatul, F. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bajeng Barat. Jurnal Bioedu. Vol 7 (2). Hal 105-115

Riduwan. 2011. Skala Pengukuran Variabel Penelitian. Bandung. Alfabetha.

Setijowati. 2017. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA

Thiagarajan, S. Semmel, D.S & Semmel, MI. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana University Bloomington.

Downloads

Published

2020-10-29