PENGELOLAAN LABORATORIUM ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SMP NEGERI 2 SINGARAJA

Nahdiya turrahmah, Ni Made Pujani, Kompyang Selamet

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan pengelolaan laboratorium IPA yang meliputi (1) perencanaan (2) pengorganisasian (3) pelaksanaan (4) pengawasan dan evaluasi di SMPN 2 Singaraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus karena pengelolaan laboratorium IPA merupakan satu kesatuan sistem. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah obervasi, dokumentasi, angket dan wawancara yang dilakukan dengan kepala sekolah, wakasek bidang sarana dan prasarana, ketua laboratorium, laboran dan guru IPA. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) perencanaan pnyusunan program kerja laboratorium IPA belum dilaksanakan dengan baik; (2) pengorganisasian yang dilakukan masih belum diperbaharui; (3) pelaksanaan program kerja laboratorium IPA masih sangat jarang dilakukan; (4) pengawasan dan evaluasi dilakukan secara intern; (5) faktor-faktor yang berkontribusi dalam pengelolaan laboratorium IPA SMPN 2 Singaraja yaitu laboran, siswa, waktu, serta keterbatasan alat dan bahan.


Keywords


pengelolaan; laboratorium IPA

Full Text:

PDF

References


Adriani Nina. 2016. Analisis Manajemen Laboratorium Kimia SMA Negeri Di Kota Tanjung Pinang Guna Meningkatkan Kompetensi Guru dan Pesera Didik. Jurnal Zaruh. Vol.4. No.1. (hal. 1-8)

Ali, L.U., dkk. (2013). Pengelolaan Pembelajaran IPA Ditinjau Dari Hakikat Sains Pada SMP Di Kabupaten Lombok Timur. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, Vol.3 (hlm. 1)

Atmadja, S. W. 2013. Menuju Pengelolaan Laboratorium Yang Lebih Baik,Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten: Diklat Pengelolaan Laboratorium: Unwidha.co.id/workshoplaboratoriumpengelolaan_laboatorium_pdf

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Standar Sarana dan Prasarana Sekolah/Madrasah Pendidikan Umum. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Depdikbud. (2004). Cara Menata Alat dan Bahan di Laboratorium Kimia Jakarta : Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Depdiknas. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta: CV Eko Jaya.

Dewi, I. S., dkk. (2014). Analisis Kendala Pelaksanaan Praktikum Biologi Di SMA Negeri Se-Kota Palangka Raya. Jurnal EduSains. Vol.2. No.1. ISSN 2338-4387

Ghony, M. D & Fauzan, A. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Hapsari, S. I & Nurcahyanto, E. (2016). Evaluasi Penerapan ICT dalam Mendukung Keterampilan Saintifik pada Pembelajaran Tata Surya. Jurnal Unnes Science Education. Vol.5.No.3

Hasanah, U. N. (2017). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 pada SMA Pilot Project di Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Vol.5.No.1 (hal 95-108)

Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013, Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud.go.id. (2016, 6 Desember). Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. Diakses pada 6 Desember 2016, dari https://www.kemendikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan

Kemendiknas Ditjen PMPTK Dittendik. 2010. Pengembangan Kompetensi Maanjerial dan Organisasi Laboratorium (Modul 2). Bandung: Ditjen PMPTK

Marlina Leni. 2016. Manajemen Laboratorium Kimia. Jurnal Manajer Pendidikan. Vol.4. No.4

Marwah, D., dkk. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Science Technology And Society (STS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal EDUTECHNOLOGI. Vol.2.No.3

Meita, N. M. (2017). Studi Kelayakan Pengelolaan Laboratorium IPA SMPN 4 Sumenep Berdasarkan Permendagri 26/2008. Jurnal Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA. Vol.7. No.1.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Nanang Fattah. (2008). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung:: PT Remaja Rosdakarya

Ngalim Purwanto. (2008). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA. Jakarta; Mendiknas

Permendiknas Nomor 26 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Laboratorium Sekolah/Madrasah. 2008. Jakarta: Mendiknas

Permendikbud RI No. 35 Tahun 2018 tantang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta: Mendikbud

Pertiwi, F. N. (2019). Sistem Pengelolaan (Perencanaan, Pelaksanaan, evaluasi) Laboratorium IPA SMP Negeri Di Ponorogo. Jurnal Penelitian Islam. Vol.13. No.1

Pujani, N. M. (2017). Pengembangan Perangkat Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Laboratorium Calon Guru Fisika. Seminar Nasional Riset Inovatif II. ISSN : 2339-1553

Senta P & Amoes, N. (2014). Pengelolaan Laboratorium IPA Studi Di SMP Negeri 80 Jakarta Timur. e-Journal.uki.ac.idManajemenPendidikan. Vol.3. No. 2

Rosilawati, R. (2012). The Evaluation On The Management Of Science Laboratory In State Senior High Schools In Tambun Utara Of The District Bekasi. Vol.3. No.2. (hal: 118-130)

Rumilah. (2006). Kefektifan Manajemen Laboratorium IPA SMP Negeri di Kabupaten Bantul. Yogyakarta: PPs UNY

Sitorus, M & Ani, S. (2013). Pengelolaan dan Manajemen Laboratorium Kimia. Yogyakarta : Graha Ilmu

Subamia,dkk. (2014). Analisis Kebutuhan Tata Kelola Tata Laksana Laboratorium IPA SMP Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3.No.2.446-459

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Samiasih, L.,dkk. (2013). Analisis Standar Laboratorium Kimia dan Efektivitasnya terhadap Capaian Kompetensi Adapttif di SMK Negeri 2 Negara. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, Vol.3, No.1 (hlm. 1-11)

Wirjosoemarto, K., dkk. (2004). Teknik Laboratorium. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UPI.

Wiratma, I. G. L & Subagia, I. W. (2014). Pengelolaan Laboratorium Kimia Pada SMA Negeri Di Kota Singaraja : (Acuan Pengembangan Model Panduan Pengelolaan Laboratorium Kimia Berbasis Kearifan Lokal Tri Sakti). Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 3, No. 2. ISSN:2303-288X

Zengele, A. (2016). The Status of Secondary School Science Laboratory Activities for Quality Education in Case of Wolaita Zone, Southern Ethiopia. Journal of Education and Practice.Vol.7.No.31.ISSN:2222-1735 (Paper).ISSN 2222-288X (Online).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v3i2.29592

Article Metrics

Abstract view : 5721 times
PDF file view : 7298 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v3i2.29592.g16699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Program Studi S1 Pendidikan IPA

Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia indexed by:

 Crossref             OneSearch     Akreditasi SINTA


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.