PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD IPA SMP MATERI TATA SURYA

Authors

  • Anil Yusuf Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Suardana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kompyang Selamet Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33181

Keywords:

Media Flashcard, Model ADDIE, Tata Surya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik, menganalisis validitas dan keterbacaan media pembelajaran flashcard IPA SMP materi tata surya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengembangan yang dilakukan dibatasi sampai tahap Development. Pengujian validitas media pembelajaran flashcard IPA SMP materi tata surya diuji oleh dua orang ahli isi, dua orang ahli media, dan dua orang praktisi dengan menggunakan instrumen lembar validasi ahli. Pengujian keterbacaan media pembelajaran flashcard IPA SMP materi tata surya diuji secara terbatas dengan melibatkan enam belas peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 1 Buleleng dengan menggunakan instrumen angket. Data hasil penelitian yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas isi diperoleh kategori sangat valid dengan skor 4,4, validitas media diperoleh kategori sangat valid dengan skor 4,4, dan validitas praktisi diperoleh kategori sangat valid dengan skor 4,7, serta keterbacaan produk diperoleh kategori sangat terbaca dengan skor 4,7. Berdasarkan hasil uji validitas dan keterbacaan media pembelajaran flashcard IPA SMP materi tata surya maka media pembelajaran ini layak diuji coba lebih lanjut di lapangan.

References

Azizah, U. & Suprayitno, 2014. Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. JPGSD , 2(3), pp. 1-7.

Depdiknas, 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Hotimah, E., 2010. Penggunaan Media Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI Ar-Rochman Semarang. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 4(1), pp. 10-18.

Idris, M. & Marno, 2008. Strategi & Metode Pengajaran: Menciptakan Keterampilan Mengajar yang Efektif dan Edukatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Ikhwati, H., Sudarmin & Parmin, 2014. Pengembangan Media Flashcard IPA Terpadu Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Students Achievement Divisions (STAD) Tema Polusi Udara. Unnes Science Education Journal, 3(2), pp. 481-486.

Istianah, Sudarmin & Wardani, S., 2015. Pengembangan Media Flashcard Berpendekatan PRAMEK Tema Energi pada Makhluk Hidup untuk Siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 4(1), pp. 747-755.

Kusumawati, R., Mariono, A., 2016. Pengembangan Media Flashcard Tema Binatang untuk Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Asemjajar-Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), pp. 24-32.

Lilisari, Supriyanti, S. & Hana, M. N., 2016. Students Creative Thinking Enhancement Using Interactive Multimedia of Redox Reaction. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), pp. 30-34.

Lismawati, 2010. Penyusunan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

OECD, 2019. PISA 2018 Result in Focus. [Online]

Tersedia pada: https://www.oecd.org/pisa/Combined_Executive_Summaries_PISA_2018.pdf

[Diakses 6 Januari 2020].

PP. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Palmer, D. H., 2009. Student Interest Generated During an Inquiry Skills Lesson. Journal of Research in Science Teaching, 46(2): 147- 165.

Rasmianti, P., 2016. Hambatan Guru dalam Pembelajaran IPA di SMP sederajat Kecamatan Rambah Samo. Jurnal Mahasiswa FKIP Universitas Pasir Pangarai, 2(1), pp. 1-21.

Santoso, Edi. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran dan Latihan “Kartu Pintar Bermain Sepakbola” dalam Memperkenalkan Teknik dalam Permainan Sepakbola untuk Anak Usia Dini. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Siahaan, S. M., 2012. Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Fisika. Palembang, s.n., p. 2.

Tirtayani, L. A., Magta, M. & lestari, N., 2017. Teacher Friendly E-Flashcard: A Development Of Bilingual Learning Media For Young Learners. Journal of Education Technology, 1(1), pp. 18-29.

Wardiah, D. & Lepiana, L. J., 2018. The Influence of Flash Card Learning Media toward Students’ Writing Skill of Explanatory Text. IOSR Journal Of Humanities And Social Science, 23(10), pp. 32-35.

Downloads

Published

2021-04-30