PENGEMBANGAN KAMUS IPA BERBASIS MICROSOFT EXCEL SEBAGAI SUPLEMEN BUKU IPA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA

Novian Purnomo, Ni Made Pujani, Putu Prima Juniartina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Kamus IPA berbasis Microsoft Excel materi sistem ekskresi pada manusia yang valid dan dapat digunakan dengan mudah oleh peserta didik yang dibuktikan dengan tingkat keterbacaan yang baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan tahapan penelitian dan pengembangan informasi, perencanaan, mengembangkan bentuk pendahuluan produk, uji lapangan persiapan, revisi produk utama, uji lapangan utama, pelaksanaan revisi produk, uji lapangan operasional, revisi produk akhir, penyebaran dan pengimplementasian. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap revisi produk utama. Pengujian kamus IPA dilakukan dengan uji validitas oleh satu orang ahli isi dan satu orang ahli media, serta penilaian praktisi dilakukan oleh satu orang guru IPA. Uji keterbacaan produk dilakukan secara terbatas dengan melibatkan 12 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi ahli, lembar penilaian praktisi, dan angket uji keterbacaan. Hasil uji validitas diperoleh skor 4,2 untuk validitas isi dan skor 4,0 untuk validitas media, serta skor 4,9 untuk penilaian praktisi dengan kategori valid. Uji keterbacaan produk diperoleh skor rata-rata sebesar 90,83 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data pengujian kamus IPA, dapat disimpulkan bahwa kamus IPA berbasis Microsoft Excel valid dan praktis digunakan sebagai suplemen buku IPA untuk menunjang proses pembelajaran

Keywords


Media Pembelajaran; Kamus IPA; Sistem Ekskresi Manusia

Full Text:

PDF

References


Abdan, H. Hasan, A. M. dan Nusantari, E. 2018. “Pengembangan Kamus Elektronik Berbasis Aplikasi Microsoft Excel Materi Prinsip Hereditas untuk SMA Kelas XII IPA”. Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Volume 3, Nomor 11.

Anneahira. 2013. “Pengertian Kamus Elektronik Bergambar”. Tersedia pada http://www.anneahira.com/kamusistilah.htm (diakses tanggal 22 Agustus 2020).

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2011. Laporan BSNP Tahun 2010. Jakarta: BSNP

Borg, W. R & Gall, M. D. 1989. Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Chaer, A. 2007. Leksiologi dan Leksiografi Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Degeng, I. N. S. 1990. Ilmu Pembelajaran: Taksonomi Variabel. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dick, W & Carey, J. O. 2005. The Systematic Design of Instruction. Boston: Longman.

Falahudin, I. 2014. “Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran”. Jurnal Lingkar Widyaiswara, Volume 1, Nomor 4.

Gagne, N. L & Berliner, D. C. 1984. Educational Psychology. Boston: Houghton Miffilin

Heriansyah. 2017. “Pengembangan Kamus Istilah Fisika Konsep Cahaya Berbasis Multimedia”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP), Volume 1, Nomor 2.

Hermawan, A. 2014. “Konsep belajar dan Pembelajaran Menurut Al-Gazali”. Jurnal Qathruna, Volume 1, Nomor 1.

Indrawati. 2010. Model Pembelajaran IPA Terpadu untuk SMP. Bandung: PPPPTK IPA.

Iswadi. H. 2016. “Sekelumit dari Hasil PISA 2015 yang baru dirilis”. Tersedia pada http://www.ubaya.ac.id / 2014 / content / articles_detail / 230 / Sekelumit- dari- Hasil- PISA- 2015- yang - Baru-Dirilis.html (diakses tanggal 7 Oktober 2019).

Juwita, T. 2017. “Analisis Kelayakan Buku Teks IPA Kurikulum 2013 pada Materi Sistem Pencernaan Kelas VIII untuk Digunakan dalam Proses Pembelajaran Ditinjau dari Relevansi Isi, Ketepatan, dan Kompleksitas”. Jurnal Bio Educatio, Volume 2, Nomor 1.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. “Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas”. Tersedia pada http://www.kemendikbud.go.id/main/blog/2 (diakses pada tanggal 15 Januari 2020).

Kridalaksana, H. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Miarso, Y. 2005. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Nation, I. S. P. 2001. Learning Vocabulary in Another Language. Cambridge: Cambridge University Press.

Nesi, 2015. “A User's Guide to Electronic Dictionaries for Language Learners”. Journal of Lexicography, Volume 12, Nomor 1.

Padmanthara, S. 2004. “Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) dan Manfaat sebagai Media Pembelajaran”. TEKNO, Volume 1, Nomor 1.

Peraturan Menteri Pendidkan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Peraturan Menteri Pendidkan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi. Jakarta: Kemendikbud.

Peraturan Menteri Pendidkan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 74 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Panduan Guru untuk Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2017 tentang Guru. Jakarta: Kemendikbud.

Purwono, J. 2014. “Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 2, Nomor 2.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Putri, N. A dan Yuniawan, T. 2017. “Pengembangan Kamus Bergambar Berwawasan Cinta Indonesia Berbasis Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa Penutur Asing”. Lingua, Volume 13, Nomor 1.

Rahadian, D. 2018. “Pergeseran Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi”. Jurnal Petik, Volume 2, Nomor 1.

Riyana, C dan Susilana, R. 2008. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Rusman, K. D dan Riyana, C. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Santiyasa, I W. 2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Stronge, J. 2006. Qualities of Effective Teacher. Virginia: USCD.

Sudijono, A. 1998. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raya Grafindo.

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan:Pendekatan, Kualitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suryani, N. Setiawan, A. dan Putria, A. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suwarjono. 2017. “Aplikasi Kamus Ilmu Pengetahuan Alam berbasis Android”. Jurnal Ilmiah Mustek Anim Ha, Volume 6 Nomor 3.

Tarigan, H. G. 1989. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Taufiqurrahman. 2008. Leksiologi Bahasa Arab. Yogyakarta: Malang Press.

Tegeh, I M. Jampel, I N. dan Pudjawan, K. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Triyanto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Ulpah, M. 2007. “Penggunaan Komputer sebagai Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi”. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan Insania, Volume 12, Nomor 1.

Wadji, M. F. 2010. Penggunaan Media Pembelajaran Kamus Interaktif Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Siswa kelas 7B UPTD SMPN 1 Ringinrejo. Tesis (tidak diterbitkan). Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Widoyoko, S. E. P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33228

Article Metrics

Abstract view : 253 times
PDF file view : 262 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33228.g18149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Program Studi S1 Pendidikan IPA

Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia indexed by:

 Crossref             OneSearch     Akreditasi SINTA


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.