Kesulitan Belajar Daring Mahasiswa S1 Pendidikan Fisika Undiksha pada Masa Pandemi COVID-19

Authors

  • I Putu Oktap Indrawan Politeknik Ganesha Guru
  • I Gede Arjana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i2.33396

Keywords:

analisis faktor, pembelajaran daring, pandemi COVID-19

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) berbagai variabel kesulitan belajar daring mahasiswa S1 Pendidikan Fisika UNDIKSHA pada masa penademi COVID-19; (2) berbagai faktor kesulitan belajar daring mahasiswa S1 Pendidikan Fisika UNDIKSHA pada Pandemi COVID-19; (3) keluhan mahasiswa S1 Pendidikan Fisika UNDIKSHA selama pembelajaran daring pada Pandemi COVID-19; (4) saran terkait pengembangan dan/atau pembelajaran daring dari mahasiswa S1 Pendidikan Fisika UNDIKSHA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kombinasi (Mixed Method) dengan model Concurent Embedded Strategy. Metode sampel yang digunakan adalah sampling insidental. Data diambil dengan menggunakan googleform dari 36 responden mahasiswa Pendidikan Fisika UNDIKSHA. Data kuantitatif dianalisis dengan metode analisis faktor dan data kualitatif dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) berbagai variabel kesulitan belajar daring mahasiswa S1 Pendidikan Fisika UNDIKSHA pada masa penademi COVID-19 antara lain Variabel Perangkat (X1), Geografis (X2), SDM (X3), Sosiaslisasi (X4), Finansial (X5), Kesehatan (X6), dan Konten (X7); (2) Faktor utama kesulitan belajar daring mahasiswa S1 Pendidikan Fisika UNDIKSHA pada Pandemi COVID-19 adalah Faktor Pendukung yang terdiri dari variabel perangkat, geografis, dan finansial; (3) keluhan mahasiswa selama pembelajaran daring pada Pandemi COVID-19 sebenarnya sudah masuk ke dalam variabel yang diteliti, namun ada temuan baru yaitu kendala lingkungan sosial; (4) saran terkait pengembangan pembelajaran daring dari mahasiswa antara lain: perlu adanya kebijakan/aturan/komitmen antara mahasiswa dan dosen terkait pembelajaran daring, pengembangan materi, pengembangan media daring yang lebih efektif dan efisien, pengembangan jaringan yang merata di semua daerah, dan peningkatan kesiapan pelaksanaan pembelajaran daring.

References

Agustina, D. (2021, Februari 1). Banyak Karyawan di-PHK dan Dirumahkan, Jumlah Pengangguran di Bali Bertambah Jadi 144.500 Orang. Retrieved 3 18, 2021, from www.tribunnews.com: https://www.tribunnews.com/regional/2021/02/01/banyak-karyawan-di-phk-dan-dirumahkan-jumlah-pengangguran-di-bali-bertambah-jadi-144500-orang

Amin, A. (2017). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51-64. doi: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v4i2.55

Budiaman. (2010). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Penerapan E-Learning dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Sejarah Lontar, 50-60.

Darmayanti, T. (2004). Pengembangan tutorial melalu media telepon pada pendidikan jarak jauh (Studi kasus di FISIP-Universitas Terbuka). Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 5(2), 108.

Fauza, N., Ernidawati, & D. Syaflita. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Fisika Mahasiswa dala Jaringan Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Geliga Sains (JGS): Jurnal Pendidikan Fisika, 49-54. doi:http://dx.doi.org/10.31258/jgs.8.1.49-54

Haryatni, A. P. (2014). Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar. (Skripsi). Jambi: Universitas Jambi Prodi BK.

Indrawan, I. P. (2016). Analsis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar IPA. Jurnal Dharma Pendidikan, 11(2), 43-53.

Mendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Jakarta: Kemendikbud.

Nuranda, A. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Melalui Pembelaran Daring Mata Pelajaran Fisika di SMAN 1Takegon. Retrieved from ETD Unsyiah: https://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=76224

Pertiwi, W. (2020, 9 15). Media Asing Soroti Kesulitan Siswa dan Guru di Indonesia Belajar Online. Retrieved 3 18, 2020, from Kompas.com: https://tekno.kompas.com/read/2020/09/15/10410097/media-asing-soroti-kesulitan-siswa-dan-guru-di-indonesia-belajar-online?page=all.

Rafendi, T.P., Pridana, R.E. & L.H.Maula. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Berbasis Komunikasi dalam Jaringan (Daring) Siswa Kelas IV Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Perseda, 3(3), 115-120. doi:https://doi.org/10.37150/perseda.v3i3.831

Sudirgayasa, I.G., Indrawan, I P.O., Sudiana, I M., Surata, I K. & I M. Maduriana. (2020). Analsis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Daring Biologi Saat LFH. Seminar Nasional Online Biologi Penyakit (Sains, Teknologi, dan Pembelajarannya) (pp. 65-71). Surabaya: Conquera Enterprise.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Utami, Y.P. & D.A.D. Cahyono. (2020). Study at Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(1), 20-26.

Downloads

Published

2021-10-31