ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN IPA OLEH GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN SAWAN

Authors

  • Diah Pradnyawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Suma Universitas Pendidikan Ganesha
  • Prima Juniartina Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.34046

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang meliputi aspek isi RPP, pemahaman guru terhadap pendekatan saintifik dan kendala-kendala guru dalam membuat RPP oleh Guru IPA di Kecamatan Sawan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi dokumentasi, angket yang diberikan kepada Guru IPA di Kecamatan Sawan dan wawancara dengan Guru IPA yang membuat RPP. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) persentase aspek komponen isi RPP sebesar 70,83% kategori cukup sesuai dengan pedoman yang digunakan ; (2) persentase pemahaman guru terhadap aspek pendekatan saintifik sebesar 87,8% kualitas seluruh guru sangat baik terhadap pendekatan saintifik; (3) kendala-kendala guru IPA dalam menyusun RPP di Kecamatan Sawan yaitu pada penilaian dan sarana prasarana penunjang pembelajaran IPA.

References

Asriati N. 2009. Implementasi KTSP dan kendalanya (antara harapan dan kenyataan). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 3 (2):243-256. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip/article/view/84

Auliya, N. Swistoro, E. & Putri, D.S., 2019. Analisis RPP dan Pelaksanaan Pembelajaran Fisika berdasarkan Kurikulum 2013. Kumparan Fisika, II(3), pp. 177-184. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kumparan_fisika.

Chui Mi LN. 2010. Meningkatkan kemampuan guru yang telah disertifikasi dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran melalui bimbingan berkelanjutan pada sekolah binaan di Sambas. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan: 269-278. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip/article/view/368.

E. & Safitri, R., 2017. Analisis Kesulitan Guru dalam Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika berdasarkan Kurikulum 2013 di Kota Banda Aceh. Pendidikan Sains Indonesia, V(2), pp. 49-56. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/9817.

Iskandar, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi.

Kartowagiran B. 2011. Kinerja guru professional (pasca sertifikasi). Artikel Fakultas Universitas Negeri Yogyakarta.

Kemendikbud. 2013. Bahan Ajar Training Of Training (ToT) Implementasi Kurikulum 2013 : Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) SD/ SMP/ SMA/ SMK. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kustijono, R. dan Wiwin, E. 2014. Pandangan Guru Terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Fisika SMK di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya. 4(1):1-14. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/180/0.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Lutfiyah Nurzain, 2015. “Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)Matematika Kurikulum 2013 Kelas X Semester 1 Tahun Ajaran 2014/2015 di Man Babakan Tegal” [Skripsi]. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.

Mailani, E., 2014. Upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran melalui kegiatan pendampingan (monitoring). School Education Journal, 2(1), pp. 35-41.

Makhrus, M. et al., 2019. Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terhadap Kesiapan Guru sebagai Role Model Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP. JPPIPA, pp. 66-72. https://www.researchgate.net/publication/329971835_.

Mardiana, S., 2017. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Metro.. Historial, v(1), pp. 45-54. http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/sejarah/article/view/732.

Moleong, L. J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muliatina, 2016. Kendala Guru dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013 di SDN Teupin Pukat Meureudu Pidie Jaya.. Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD FKHIP Unsyiah, I(1), pp. 129-136. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/viewFile/481/304.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.

Prastyo, Z. & Muhammad, H. N., 2015. Analisis Kemampuan Guru dalam Pembuatan RPP Kurikulum 2013 dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Olahraga (PJOK) se-Kecamatan Gununganyar Kota Surabaya. Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, III(2), pp. 492-500. https://core.ac.uk/download/pdf/230796769.pdf

Putri, W. A. 2017 Minat Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sukasada Terhadap Mata Pelajaran Kimia. Skripsi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Putu PSD, D Nyoman & N Nyoman. 2013. Implementasi supervisi akademik dalam rangka peningkatan kemampuan menyusun RPP pada guru matematika Sekolah Dasar anggota KKG gugus IV Kecamatan Sukasada. EJournal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. (3). https://media.neliti.com/media/publications/119894-ID-implementasi-supervisi-akademik-dalam-ra.pdf.

Sariono, 2014. Kurikulum 2013: Kurikulum Generasi Emas. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya: 3(1):1-9.

Wardani, E. R. S., Budiono, J. D. & Indana, S., 2014. Analisis Kesesuaian Kegiatan Pembelajaran Pendekatan Saintifik dengan Tujuan Pembelajaran di SMAN Mojokerto. BioEdu, III(3), pp. 601-605. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/9593.

Widoyoko, S. E. P. 2014. Evaluasi Program Pembelajaran. Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wiyana, S. A. & S, H., 2013. Pengaruh Pengetahuan KTSP dan pendidikan terhadap kemampuan menyusun RPP guru SDN Jatiyoso tahun 2011/2012.. Teknologi Pendidikan, 1(2), pp. 239-248. https://eprints.uns.ac.id/4316/1/188-348-1-SM.pdf.

Downloads

Published

2021-04-30