Kesiapan Calon Guru IPA dalam Pengembangan Rencana Pembelajaran Berbasis Education for Sustainable Development
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i2.39740Keywords:
education for sustainable development, calon guru IPA, perencanaan pembelajaran kreatifAbstract
Pembangunan berkelanjutan adalah sarana untuk mencapai keberlanjutan dengan tujuan jangka panjang di berbagai bidang kehidupan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesiapan calon guru IPA dalam pengembangan rencana pembelajaran berbasis education for sustainable development (ESD). Kesiapan tersebut mencakup pemahaman calon guru terhadap ESD, kemampuan menyiapkan perencanaan pembelajaran kreatif, dan pengalaman mengimplementasikan pembelajaran berbasis proyek. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan survei. Subjek penelitian ini sebanyak 40 calon guru IPA yang menempuh mata kuliah telaah IPA Sekolah pada tahun pendidikan tinggi ketiga. Intrumen pengumpulan data menggunakan angket. Penelitian ini dilakukan pada awal pertemuan ketika pembelajaran inti belum diterapkan. Analisis data secara deskriptif menggunakan kategorisasi berdasarkan karakteristik masing-masing. Hasil penelitian menujukkan bahwa calon guru IPA siap mengembangkan rencana pembelajaran kreatif berbasis ESD. Kesiapan tersebut tampak pada: (1) pemahaman ESD (78.9%), (2) kesiapan guru dalam perencanaan pembelajaran kreatif (77.3%), dan (3) kesiapan guru dalam implementasi pembelajaran berbasis proyek (78.2%). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek dalam perguruan tinggi merupakan salah satu rekomendasi untuk mendukung calon guru merancang perencanaan pembelajaran kreatif berbasis ESD.
References
Aleixo, A.M.; Azeiteiro, U.; Leal, S. 2018. The implementation of sustainability practices in Portuguese Higher Education Institutions. Int. J. Sustain. High. Educ., 19, 146–178.
Arifin, A. N., Bahri, A., & Suryani, A. I. 2020. Improving android-based e-learning skills of Biology teachers in Enrekang Regency, South Sulawesi. Journal of Community Service and Empowerment, 1(2), 80-85.
Dadi, S., Yuliantini, N., & Setiono, P. 2020. Strategi pengembangan RPP melalui model pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(1), 10-18.
Fitriyah, L. A., & Hayati, N. 2020. Analisis keterampilan menyusun RPP mahasiswa calon guru IPA menggunakan Active Learning. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 83-93.
Fonseca, L. M., Domingues, J. P., & Dima, A. M. 2020. Mapping the sustainable development goals relationships. Sustainability, 12(8), 3359.
Hanushek, E.A.; Piopiunik, M.; Wiederhold, S. 2014. The value of smarter teachers: International evidence on teacher cognitive skills and student performance. No. 20727. National Bureau of Economic Research: Cambridge, MA, USA.
Ita, I. 2021. Analisis kompetensi mahasiswa calon guru biologi dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 1(2), 115-120.
Jumrodah, J., Liliasari, L., Adisendjaja, Y. H., & Sanjaya, Y. 2021. Keterampilan berpikir kreatif mahasiswa calon guru biologi pada konsep biota laut menuju pembangunan berkelanjutan melalui pembelajaran berbasis proyek. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 9(1), 98-106.
Kioupi, Vasiliki dan Nikolaos Voulvoulis. 2019. Education for sustainable development: A systemic framework for connecting the SDGs to educational outcomes. Sustainability 2019, 11, 6104; doi:10.3390/su11216104
Leal Filho, W., Raath, S., Lazzarini, B., Vargas, V. R., de Souza, L., Anholon, R., ... & Orlovic, V. L. 2018. The role of transformation in learning and education for sustainability. Journal of cleaner production, 199, 286-295.
Ledoux, Stephen F. 2002. Defining Natural Sciences. Behaviorology oday, 5(1), pp 34-36.
Manasia, L., Ianos, M. G., & Chicioreanu, T. D. 2020. Pre-service teacher preparedness for fostering education for sustainable development: An empirical analysis of central dimensions of teaching readiness. Sustainability, 12(1), 166.
Ningrum, M., & Hasanah, E. 2021. Manajemen kurikulum dan implementasi education for sustainable development pada perguruan tinggi. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 21(2).
Nurhaliza, S. 2020. Identifikasi kesulitan guru dalam menyusun RPP Kimia Kurikulum 2013 oleh guru pada Madrasah Aliyah Pidie Jaya. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Olawumi, T.O.; Chan, D.W.M. 2018. A Scientometric Review of Global Research on Sustainability and Sustainable Development. J. Clean. Prod. 183, 231–250.
Pedro, E. D. M., Leitão, J., & Alves, H. 2020. Bridging intellectual capital, sustainable development and quality of life in higher education institutions. Sustainability, 12(2), 479.
Purnamasari, S., & Hanifah, A. N. 2021. Education for Sustainable Development (ESD) dalam pembelajaran IPA. JURNAL Kajian Pendidikan IPA, 1(2), 69-75.
Saenab, S., Yunus, S. R., & Husain, H. 2019. Pengaruh penggunaan Model Project Based Learning terhadap keterampilan kolaborasi mahasiswa pendidikan IPA. Biosel: Biology Science and Education, 8(1), 29-41.
Silitonga, B. N. 2020. Persepsi mahasiswa pgsd uph terhadap pemanfaatan media pembelajaran IPA sd melalui Project Based Learning. Pedagogia, 18(1), 1-12.
Supriyatna, N., Anggraeni, S., & Surakusumah, W. 2020. Analysis of education for sustainable development competencies and science process skills in preservice teachers projects. EDUSAINTEK, 4. 630-636.
Suwarto, R. S., Sanjaya, Y., & Solihat, R. 2021. Implementation of education for sustainable development and pupils’ sustainability consciousness in Adiwiyata School and ESD-based school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012153). IOP Publishing.
Titisari, P. W., Zen, I. S., Hendrayani, Y., Chahyana, I., Janna, N., Suharni, N., & Sari, T. P. 2020. Students’ Perceptions of Education for Sustainable Development (ESD) to Achieve SDG 4 in Indonesia: A Case Study of Universitas Islam Riau. In Charting a Sustainable Future of ASEAN in Business and Social Sciences (pp. 191-202). Springer, Singapore.
Wolff, L.A.; Sjöblom, P.; Hofman-Bergholm, M.; Palmberg, I. 2017. High-performance education fails in Sustainability?—A reflection on finnish primary teacher education. Educ. Sci., 71, 32.
Zeng, Y., Maxwell, S., Runting, R. K., Venter, O., Watson, J. E., & Carrasco, L. R. 2020. Environmental destruction not avoided with the Sustainable Development Goals. Nature Sustainability, 3(10), 795-798.