Studi Pelaksanaan Pembelajaran Daring di SMP Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2020/2021

Authors

  • M Nur Rizal Kurnia UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
  • Kompyang Selamet UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
  • Putu Prima Juniartina UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i2.39979

Keywords:

Studi, Kesesuaian, Pembelajaran Daring, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pelaksanaan pembelajaran daring dan kesesuaian pelaksananaan pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Singaraja dengan Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Daring yang diterbitkan pemerintah melalui SE Sesjen Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomonologi. Data yang dikumpulkan berupa data deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru IPA yang berjumlah 5 (lima) orang dan peserta didik kelas 7-9 yang masing-masing jenjang terdiri dari 2 (dua) orang peserta didik SMP Negeri 1 Singarja semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, kuisioner/angket, dan dokumentasi. Tenik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Hubermen (1992) yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Singaraja berjalan dengan baik dan sesuai dengan pedoman pelaksanaan pembelajaran daring dari pemerintah. Sekolah, guru dan peserta didik telah memiliki fasilitas dasar yang dibutuhkan, hal itu menggambarkan kesiapan pelaksanaan pembelajan daring. Guru dan peserta didik dapat melaksanakan pembelajaran daring dengan baik dan nyaman. Guru tetap membuat perencanaan pembelajaran secara daring, menyampaikan materi dengan baik secara daring, dan melakukan penilaian/evaluasi pembelajaran secara daring, sedangkan peserta didik tetap dapat memahami materi pembelajaran, menjawab soal-soal dan menyimpulkan pembelajaran secara daring dengan baik. Kesesusaian dilihat dari hasil angket dengan persentase kesesuaian sebesar 73.40% untuk guru dan 72.41% untuk peserta didik dengan kategori kesesuaian pelaksanaan pembelajaran adalah BAIK.

References

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish

Christianti, N. 2012. Profesionalisme Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1):112-122

CNN Indonesia. 2020. Kurikulum Darurat COVID-19 Sudah Siap, Ada 2 Komponen. Tersedia pada https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200807194704-20-533419/nadiem-kurikulum-darurat-COVID-19 -sudah-siap-ada-2-komponen. Diakses pada tanggal 29 Desember 2020.

Ekantini, A. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi COVID-19: Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2): 234-240.

Firman, F., & Rahayu, S. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi COVID19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2): 81-89.

Hamalik, O. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Jayul, A., & Irwanto, E. 2020. Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2): 190-199.

Jogloabang. 2020. Persesjen Kemendikbud 14 Tahun 2020 Tentang Juknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020. Tersedia pada:https://www.jogloabang.com/pendidikan/persesjen-kemdikbud-14-2020-juknis-bantuan-kuota-data-internet-2020. Diakses pada tanggal 30 Desember 2020.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Kurikulum Darurat Pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Tersedia pada https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus. Diakses pada tanggal 15 February 2021.

Kemendikbud. 2020. Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah. Tersedia pada https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah. Diakses pada tanggal 18 September 2020.

Kemendikbud. 2020. Program Guru Belajar. Tersedia pada https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/09/luncurkan-program-guru-belajar-kemendikbud-bantu-guru-laksanakan-pembelajaran-jarak-jauh. Diakses pada tanggal 18 September 2020.

Kemendikbud. 2020. Program Guru Berbagi. Tersedia pada https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/bantu-guru-selenggarakan-pembelajaran-jarak-jauh-kemendikbud-luncurkan-guru berbagi. Diakses pada tanggal 18 September 2020.

Kemendikbud. 2020. Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran CORONAVIRUS DISESASE (COVID-19). Jakarta.

Lokadata ID. 2020. Kenormalan Baru Pendidikan Terandang Infrastruktur. Dalam situs https://lokadata.id/artikel/kenormalan-baru-pendidikan-teradang-infrastuktur. Diakses pada tanggal 31 Desember 2020.

Surat Edaran Seketaris Jendral Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Jakarta: Kemendikbud.

Yunitasari, R. 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3): 232-243.

Downloads

Published

2021-10-31