Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan IPA Undiksha terhadap Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19

Authors

  • Anis Fitriatul Mukaromah Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Suma Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Pande Latria Devi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i2.40151

Keywords:

pembelajaran daring, kepuasan mahasiswa, dimensi kepuasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan mahasiswa Prodi S1 Pendidikan IPA Undiksha terhadap proses pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Prodi S1 Pendidikan IPA Undiksha dengan melibatkan 108 mahasiswa yang terdiri dari Semester II, IV, dan VI. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling.  Data tentang kepuasan siswa dikumpulkan dengan teknik tes dengan menggunakan instrumen adalah kuesioner/angket. Instrumen tingkat kepuasan mahasiswa memenuhi kriteria konsistensi internal butir dengan koefisien 0,386 sampai 0,731 dengan rtabel (0,355). Reliabilitas instrument diuji dengan rumus cronbach’s alpha, dimana koefisien reliabilitasnya adalah r110,91. Data kepuasan mahasiswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata tingkat kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 adalah 76,7 tergolong dalam kategori tinggi, jika dilihat dari dimensi-dimensi kepuasan, rata-rata skor kepuasan mahasiswa pada dimensi bukti nyata/fisik (tangible) adalah 71,4,  yang termasuk pada kategori tinggi. Pada dimensi keandalan pelayanan (reliability) rata-rata skor mahasiswa adalah sebesar 75,2, yang termasuk kategori tinggi. Pada dimensi daya tanggap (responsiveness) skor rata-rata mahasiswa adalah sebesar 77,6, yang termasuk kategori tinggi. Pada dimensi jaminan/keyakinan (assurance) skor rata-rata mahasiswa adalah sebesar 81,2, yang termasuk kategori tinggi. Pada  dimensi empati/kepedulian (empathy) skor rata-rata mahasiswa adalah sebesar 78,3, yang termasuk kategori tinggi. Secara umum mahasiswa menunjukkan kepuasan yang tinggi pada pelayanan pembelajaran dalam jaringan pada masa pandemi Covid-19.

 

 

References

Adisty, F. 2020. Pembelajaran yang Ideal di Era New Normal. http://LPPM.UNPAM.AC.ID/2020/06/30/Pembelajaran-yang-ideal-di-era-new-normal/. Diakses pada 24 Februari 2021.

Azhari, S. 2017. Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Dosen Dalam Mengajar Mata Kuliah K3 Di Jurusan Analis Kesehatan. Jurnal Husada Mahakam, IV, 195-205.

CNN Indonesia. (n.d.-b). 65 Kampus Kuliah dari Rumah, Sultan Yogya Ragukan Efektivitas. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200316110707-20-483756/65-kampus-kuliah-dari-rumah-sultan-yogya-ragukan-efektivitas

Depdiknas. 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 63 tahun 2009 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

_____. 2003. Undang-undang Republik Indonesia, Nomer 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

_____.2012. Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta: Depdiknas.

Firman, F., dan Rahayu, S. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES),2(2), 81-89.

Hutauruk, A., dan Ropinus, S., 2020. Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, Vol 02, 45-51.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., dan Paujiah, E. 2020. Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi.LP2M.

Kemendikbud. 2020. Instruksi Rektor Universitas Pendidikan Ganesha No. 01 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran, Layanan Akademik, Dan Layanan Umum Untuk Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease-19 (Covid-19) Di Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature,3(1), 99-110.10.24235/ileal.v3i1.1820

Margono, G. 2005. Validitas Konstruk Instrumen Pengukur Tingkat Kepuasan Mahasiswa sebagai Pelanggan Internal. Jurnal PTM. Vol. 5. No. 1. 9 – 18.

Masoumi., D., and B. Lindström. 2012. Quality in e‐learning: a framework for promoting and assuring quality in virtual institutions. Journal of Computer Assisted Learning., vol. 28no. 1, pp. 27-41.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Surat Edaran Nomer 3 Tahun 2020 tentang pencegahaan Corona Virus Disease (Covid-19) pada satuan pendidikan. Diakses pada tanggal 14 Desember 2020. https://lldikti1.ristekdikti.go.id/details/apps/2155

Mustofa, C., dan Sayekti, L. 2019. Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Journal of Information Technology, 01, 154.

Naserly, M., K. 2020. Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara Public, 4(2), 155-165.

Prasetya,. Tri., A., and Harjanto., Chrisna. T,. 2020. Improving learning activities and learning outcomes using the discovery learning method. VANOS Journal of Mechanical Engineering Education., vol. 5, no. 1,pp. 59-66.

Pristiwaluyo, Triyanto., Bastiana., dan Kasmawati,. 2020. Analisis Kualitas Layanan

Sopiatin, P. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Srinadi dan Nilakusmawati. 2008. Faktor-Faktor Penentu Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Fakultas Sebagai Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di FMIP, Universitas Udayana). Jurnal Cakrawala Pendidikan. November. Th. XXVII.

Syafaruddin dan Irwan N., . 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching.

Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa. Andi. Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-10-31