Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Negeri se-Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor pada Materi Suhu dan Kalor

Authors

  • Aprilio Budiman Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Pujani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Pande Latria Devi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i2.40662

Keywords:

literasi sains, faktor literasi sains, mata pelajaran IPA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan profil kemampuan literasi sains dan faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan literasi sains siswa kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Cigudeg. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah 219 siswa yang diambil dengan teknik proportionate random sampling dari jumlah populasi sebanyak 510 siswa, dan 3 guru IPA kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Cigudeg. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan literasi sains dan faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan literasi sains pada mata pelajaran IPA materi suhu dan kalor. Data yang dikumpulkan dengan teknik tes, kuesioner dan wawancara. Data dianalisis menggunakan satistik deskriptif untuk mengetahui profil kemampuan literasi sains siswa, sedangkan analisis data faktor yang memengaruhi kemampuan literasi sains siswa dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tingkat kemampuan literasi sains siswa berkisar antara sedang sampai dengan sangat rendah. Tingkat kemampuan literasi sains sedang sebesar 10,11%, rendah sebesar 12,96% dan sangat rendah sebesar 76,00%; (2) Kemampuan literasi sains siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal kemampuan literasi sains siswa yang lebih besar memengaruhi adalah kebiasaan belajar. Faktor eksternal kemampuan literasi sains siswa yang lebih besar memengaruhi adalah faktor lingkungan keluarga.

References

Ali, M. 2013. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Stategi. Bandung : Angkasa.

Andayani, Y. 2018. Harapan dan Tantangan Implementasi Pembelajaran IPA dalam Konteks Kompetensi Keterampilan Abad 21 Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Volume 5 Nomor 1.

Andriani, N., & Akhsan, H. 2018. Kemampuan literasi sains Fisika siswa SMP kelas VII di Sumatera Selatan menggunakan

kerangka PISA (Program for International Student Assesment). Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. Volume 6 Nomor 3: Hal. 278-291.

Angraini, G. 2014. Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Kelas X di Kota Solok. Prosiding mathematics and sciences forum 2014.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arora, R. 2016. Academic achievement of adolescents in relation to study habits. The International Journal of Indian Psychology, Volume 3 Nomor 2: Hal. 47-

Astuti, Y. K. 2016. Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan. Volume 7 Nomor 3b.

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Basam, F., A.Rusilowati dan S. Ridlo. 2018. Profil Kompetensi Sains Siswa dalam Pembelajaran Literasi Sains Berpendekatan Inkuiri Saintifik. Pancasakti Science Education Journal. Volume 3 Nomor 1: Hal. 1-8.

Depdiknas. 2003. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2011. Panduan pengembangan pembelajaran IPA secara terpadu. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Hidayah, N, Rusilowati, A, & Masturi. 2019. Analisis Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP/Mts di Kabupaten Pati. Prodi Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Jurnal Phenomenon, 2019, Volume 9 Nomor 1.

Jufrida, J., Basuki, F. R., Kurniawan, W., Pangestu, M. D., & Fitaloka, O. 2019. Scientific Literacy and Science Learning Achievement at Junior High School. International Journal of Evaluation and Research in Education. Volume 8 Nomor 4: Hal. 630-636.

Kartal, S. K., & Kutlu, Ö. 2017. Identifying the Relationships between Motivational Features of High and Low Performing Students and Science Literacy Achievement in PISA 2015

Turkey. Journal of education and training studies. Volume 5 Nomor 12: Hal. 146-

Kemendikbud. 2017. Materi Pendukung Literasi Sains Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Sekertariat Tim GLN Kemendikbud.

Martianingsih, Y., Utari, S., & Saepuzaman, D. 2017. Profil sikap siswa smp berdasarkan hasil pencapaian literasi saintifik (ls) pada topik kalor. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika. Volume 2 Nomor 2.

Merta, I. W., Artayasa, I. P., Kusmiyati, K., Lestari, N., & Setiadi, D. 2020. Profil Literasi Sains dan Model Pembelajaran dapat Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Pijar MIPA. Volume 15

Nomor 3: Hal. 223-228.

Moleong, L.J. 2010. Metodelogi Penelitian Kualiatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murniarti, D., Purwaningsih, E., & Buwono, S. 2016. Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa.

Nofiana, M & T, Julianto. 2017. Profil kemampuan literasi sains siswa smp di kota purwokerto ditinjau dari aspek konten, proses, dan konteks sains. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora). Volume 1 Nomor 2: Hal. 77-

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE

O’Neale, L. G, & Ogunkola, B. 2015. Effects of interest in science, study habits, sex and level of study on the nature of science literacy level of undergraduate chemistry students of the university of the West

Indies, Barbados. Journal of Educational and Social Research. Volume 5 Nomor 2: Hal. 267-267.

OECD. 2010. PISA 2009 Result:What

Students Know and Can Do-Student Performance in Reading, Mathematics and Science (volume 1). 2010. Tersedia pada :http://www.oecd.org/pisa/pisaprodu cts/48852548.pdf

OECD. 2019. PISA 2018 Results COMBINED EXECUTIVE SUMMARIES VOLUME I, II

& III. Tersedia pada https://www.oecd.org

/pisa/Combined_Executive_Summaries_ PISA_2018.pdf

Pertiwi, U. D., R. D. Atanti & R. Ismawati. 2018. Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA SMP Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education.Volume 1 Nomor 1: Hal. 24-29.

Purwanto, N. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rahayu, Sri. 2014. Revitalisasi Scientific Approach dalam Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Literasi Sains: Tantangan dan Harapan. Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya 2014.

Rianti, A., Jalmo, T., & Yolida, B. 2016. Profil Kompetensi Literasi Sains Siswa SMP Se- Kecamatan Pagelaran. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah. Volume 4 Nomor 3.

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian.

Alfabeta. Bandung.

Rohman, S., Rusilowati, A., & Sulhadi, S. 2017. Analisis pembelajaran fisika kelas x sma negeri di kota cirebon berdasarkan literasi sains. Jurnal Physics Communication. Volume 1 Nomor 2: Hal.

-18.

Rosyida, F., Utaya, S., & Budijanto, B. 2016. Pengaruh kebiasaan belajar dan self- efficacy terhadap hasil belajar geografi di SMA. Jurnal Pendidikan Geografi.

Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta. Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukardi, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Sukowati, D., Rusilowati, A., & Sugianto, S. 2017. Analisis Kemampuan Literasi Sains Dan Metakogntif Peserta Didik. Jurnal Physics Communication. Volume 1 Nomor 1: Hal. 16-22.

Suresh, K. 2015. A study on study habits, achievement motivation and academic achievement of high school student. EPRA Intenational Journal of Economic and Business Review. Volume 3 Nomor 10: Hal. 138-141.

Sutrisna, N. 2021. Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian. Volume 1 Nomor 12: Hal. 2683-2694. Sutrisno. 2006. Fisika dan Pembelajarannya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Toharudin, U. Hendrawati, S. & Rustaman, A. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu.

Jakarta: Bumi Aksara.

Wiarsana, I. G. S. 2020. Pengaruh Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Dan Study Habits Terhadap Literasi Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), Volume 8 Nomor 2: Hal. 110-120.

Widiasworo, E. 2017. Masalah-Masalah Peserta Didik dalam Kelas dan Solusinya. Yogyakarta: Araska.

Widyoko, E. P. 2014. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Winarti, W., W, Liliawati, H. Rusnayati & I. M. Sari. 2016. Literasi Sains Siswa SMP di Kota Bandung Pada Tema Alam Semesta.

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Malang.

Wulandari. N & Sholihin, H.. 2016. Analisis Kemampuan Litarasi Sains pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa SMP pada Materi Kalor. Jurnal Research Artikel Center For Science Education EDUSAINS. Volume 8 Nomor 1: Hal. 66-73.

Yanti, R. 2020. Analisis Kemampuan Literasi Sains Ditinjau Dari Kebiasaan Membaca, Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar. Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan. Volume 7 Nomor 1: Hal. 8-18.

ada tanggal 10 Mei 2021).

Yazdani, K., & Sane Godbole, V. 2014. Studying the role of habits and achievement motivation in improving students’ academic

performance. European Online Journal of Natural and Social Sciences. Volume 3 Nomor 4: Hal. 827.

Zuriyani, Elsy. 2012. Literasi Sains dan Pendidikan. Tersedia di: http://sumsel.kemenag.go.id/file/fileiTUllS AN/wagi/343099486.pdf (diakses tanggal 9 November 2020).

Downloads

Published

2021-10-31