Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Di Program Studi Kimia Universitas Nusa Bangsa

Authors

  • Gladys Ayu Paramita Kusumah Wardhani Program Studi Kimia Universitas Nusa Bangsa
  • Devy Susanty Program Studi Kimia Universitas Nusa Bangsa
  • Ade Ayu Oksari Program Studi Biologi Universitas Nusa Bangsa
  • Lany Nurhayati Program Studi Kimia Universitas Nusa Bangsa
  • Alifah Nuranzani Program Studi Biologi Universitas Nusa Bangsa
  • Faridha Faridha Program Studi Kimia Universitas Nusa Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i1.42802

Keywords:

merdeka belajar, kampus merdeka, implementasi, kurikulum

Abstract

Kurikulum MBKM telah dilaksanakan di Program Studi Kimia pada tiga skema yang meliputi magang, riset/penelitian, dan pertukaran pelajar. Untuk mengetahui sejauh mana efektivitas implementasi kurikulum MBKM dilaksanakan, maka diperlukan penelitian tentang hal ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemahaman dosen dan tenaga kependidikan (tendik) terhadap kurikulum MBKM, pelaksanaan dan evaluasi pelaksanaan kurikulum MBKM. Pengumpulan data menggunakan survei. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis secara menggunakan program Microsoft Excell 2013 dan Statistical Program for Social Science (SPSS) versi 16.0 for Windows. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu pemahaman dosen dan tendik terhadap pedoman dan pelaksanaan program MBKM sudah baik. Pelaksanaan kurikulum MBKM menurut dosen, mahasiswa, tendik dan mitra telah baik dan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa. Evaluasi dari pelaksanaan kurikulum MBKM yaitu pemerataan pemahaman mengenai kurikulum MBKM yang masih kurang terutama bagi tendik. Sosialisasi mengenai kurikulum MBKM perlu ditingkatkan agar pemahaman semua pihak terkait lebih baik sehingga mampu melaksanakan kurikulum MBKM sesuai dengan tujuan yang diinginkan.


References

Dewan Perwakilan Rakyat – Republik Indonesia. 2002. Undang - Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bab I Pasal 1 ayat 19. Jakarta : DPR-RI

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020 . Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta : DIRJENDIKTI-KEMENDIKBUD.

Hamalik, O. 2013. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Iskandar. 2013. Metodologi Peneltian Pendidikan dan Sosial. Jakarta : Referensi.

Kemendikbud. 2020. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta : Kemendikbud.

Nanggala, A., & Suryadi, K. 2020. Analisis Konsep Kampus Merdeka dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 10-23.

Rodiyah, R. 2021. Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Era Digital dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum yang Berkarakter dan Profesional. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(2), 425-434.https://doi.org/10.15294/snhunnes.v7i2.737

Sopiansyah, D., dan Masruroh, S. (2021). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41.

Universitas Nusa Bangsa. 2021. Panduan MB-KM Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Nusa Bangsa. Bogor : Universitas Nusa Bangsa.

Wulandari, D. et al. 2021. Panduan Program Bantuan Kerjasama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Diakses dari https://dikti.kemdikbud.go. id/wpcontent/uploads/2021/02/Panduan-Kerjasama-Kurikulum-danImplementasi-MBKM-Tahun-2021-Final.pdf.

Downloads

Published

2022-04-25