Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Muatan IPA Kelas V SD No. 5 Abiansemal

Authors

  • Ni Putu Riska Ayu Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ayu Agung Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i1.45393

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, ADDIE, IPA.

Abstract

Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan oleh guru membuat proses pembelajaran menjadi monoton. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik dan menganalisis kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Metode yang digunakan dalam proses pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode angket, metode wawancara dan observasi.  Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis data kuantitatif.Hasil penelitian (1) Menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik dengan melalui lima tahap, yakni analisis desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. (2) Media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik yang dinyatakan layak berdasarkan hasil uji ahli dan uji coba produk, yaitu: (a) Uji ahli isi pembelajaran mendapatkan persentase sebesar 87,50% dengan kualifikasi baik, (b) Uji ahli desain pembelajaran mendapatkan persentase sebesar 95,00% dengan kualifikasi sangat baik, (c) Uji ahli media pembelajaran mendapatkan persentase sebesar 95,45% dengan kualifikasi sangat baik, (d) Uji coba perorangan mendapatkan persentase sebesar 95,83% dengan kualifikasi sangat baik, (e) Uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase sebesar 93,60% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan dari uji kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik menunjukkan hasil yang sangat layak digunakan dalam menunjang proses pembelajaran.


Author Biographies

Ni Putu Riska Ayu Pratiwi, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ni Wayan Suniasih, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Gusti Ayu Agung Wulandari, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Anggraini, M. S. A., & Sartono, E. K. E. (2019). Kelayakan Pengembangan Multimedia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 07(01), 57–77.

Astriani, S. A. (2018). Prinsip Dan Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran. Universitas Nurul Jadid, 1–13.

Budiantoh, H., & Ranu, M. E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran Korespondensi Di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 3(1), 1–15. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/10982/10511

Fachri. 2020. "Perencanaan Pengajaran Dalam Pembelajaran", Www.Bdkmakassar. Kemenag.Go.Id, 2020,https://bdkmakassar.kemenag.go.id/berita/perencanaan-pengajaran-dalam-pembelajaran. Diakses 26 Mar 2022.

Fisika,Halimah. 2018. “Kurangnya Minat Guru untuk Memanfaatkan Media Pembelajaran”, https://www.kompasiana.com/halimahmrh/5c1f380112ae94781369b5c2/kurangnya-minat-guru-untuk-memanfaatkan-mediapembelajaran?page=all#section.Accessed 26 Mar 2022.

Hayes, C., Hardian, H., & Sumekar, T. (2017). Pengaruh Brain Training Terhadap Tingkat Inteligensia Pada Kelompok Usia Dewasa Muda. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 6(2), 402–416.

Kosasih, I. (2015). Kata kunci: pembelajaran, multimedia interaktif, games, kualitas pembelajaran. Saintifika, 2(1), 43–52.

Kurniawan, A., & Masjudin. (2017). Pengembangan Buku Ajar Micro Teaching Berbasis Praktik Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Calon Guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia, 2, 28–36. http://www.cell.com/trends/cell-biology/abstract/S0962-8924(12)00067-0%0Apapers3://publication/uuid/AADADE9B-81D3-44E4-A1D1-6BCEE53EE92C

Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php /edisi

Martianingtiyas, E. D. (2019). Research and Development (R&D): Inovasi Produk dalam Pembelajaran. Researchgate, August, 1–8. https://www.researchgate .net/ publication /335227473

Meianti, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual PowToon Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Promosi Produk Kelas X Pemasaran SMK Negeri Mojoagung. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 06, 109–114. https://jurnalmahasiswa.unesa .ac.id/index.php/jptn/article/view/24751

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089–3100.

Riwanto, M. A., & Budiarti, W. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA SD LEARNING MEDIA IN ELEMENTARY SCHOOL INTEGRATED. 6, 71–82.

Sugiyono. (2013). Metode Dan Tehnik Penelitian. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sutarti, T. (2017). Kiat sukses meraih hibah penelitian pengembangan. In CV Budi Utama.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145

Uma, A. (2016). Penggunaan Multimedia Interaktif Guna Menciptakan Pembelajaran Yang Inovatif Di Sekolah. Perspektif, 1(1), 20–27. https://doi.org/10.31289/perspektif.v1i1.78

Downloads

Published

2022-04-25