Analisis Pengelolaan E-Learning pada Pembelajaran IPA Di MTsN Karangasem Tahun Ajaran 2020/2021

Authors

  • Iqlima Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kompyang Selamet Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Suardana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i1.45677

Keywords:

Faktor Pendukung dan Penghambat Pengelolaan E-learning, Hasil Belajar, Pengelolaan E-learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan e-learning, hasil belajar siswa setelah diterapkannya e-learning serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pengelolaan e-learning pada pembelajaran IPA di MTsN Karangasem tahun ajaran 2020/2021. Pendekatan penelitian ini adalah mix methods. Strategi penelitian adalah sequential explanatory. Sumber data dalam penelitian ini adalah 2 guru  IPA kelas VIII dan 166 siswa kelas VIII. Objek dalam penelitian ini adalah pengelolaan e-learning, hasil belajar, serta faktor pendukung dan penghambat pengelolaan e-learning pada pembelajaran IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, kuesioner dan wawancara. Metode analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengelolaan e-learning pada pembelajaran IPA diperoleh sesuai dengan standar pengelolaan pembelajaran yang terdiri dari tiga aspek yaitu; perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran, (2) Hasil yang diperoleh dari hasil belajar siswa setelah diterapkannya e-learning pada pembelajaran IPA untuk materi cahaya dan alat optik menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas 81,3 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 86,7% dengan kriteria tuntas. Berdasarkan nilai rata-rata kelas dan ketuntatasan klasikal tersebut maka, dapat disimpulkan hasil belajar setelah diterapkannya e-learning    pada pembelajaran IPA dikategorikan sangat baik. (3) Hasil yang diperoleh dari faktor pendukung dan penghambat pengelolaan e-learning    pada pembelajaran IPA yaitu: (a) faktor pendukung terdiri dari sarana dan prasarana, pengetahuan guru dan siswa terhadap IT, media pembelajaran; (b) faktor penghambat terdiri dari biaya, kesulitan materi, sinyal internet, terjadinya miskonsepsi dan miskomunikasi, kurangnya motivasi dan minat belajar siswa.

References

Andriani, T. 2015. Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi dan Informasi. Jurnal Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu-ilmu Sosial dan Budaya, 12(1) : 127-150.

A'yun, Q., Sujiwo, D. A. C., & Hidayatullah, A. W. (2019). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Mahasiswa Teknik Informatika. JUSTINDO (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia), 4(1), 27-35.

Anderson, T.; Elloumi, F. 2008. The Theory And Practice Of Online Learning. Athabasca University Press, ISBN 1897425082.

Bisri, K., Samsudi, S., & Supraptono, S. (2009). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Elearning Berbasis Browser Based Training Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Kompetensi Pemeliharaan/Servis Transmisi Manual Dan Komponen. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unnes, 9(1), 129527

Dewi, R. H & Yusro, A. C. 2016. Analisis Kesulitan Belajar IPA Materi Gerak Pada Siswa Kelas VII MTs Sunan Ampel. Makalah Dipresentasikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Fisika II 2016, Madiun.

Fauzi, A., Baharun, H., Mundiri, A., Manshur, U. 2018. E-Learning In Pesantren: Learning Transformation Based On The Value Of Pesantren. Journal of Physics: Conference Series, Series 1114, N. 012062, P. 1-6, DOI: 10.1088/1742- 6596/1114/1/012062,

Fitriyani, N., Desy, K., Agus, K. 2018. Konsep E-learning untuk Mewujudkan Sekolah Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di MA Darun Najah Duman. Prosiding PKM-CSR. Vol. 2. 933-941.

Majid, Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standart Kompetensi Guru). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ristekdikti. 2018. Revolusi Indutri 4.0, tersedia pada http://ristekdikti/go.id (diakses pada 25 Agustus 2021).

Sudjana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-04-25