Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP pada Materi Getaran dan Gelombang
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i2.51772Keywords:
Pengembangan Soal, Berpikir Kritis, Getaran dan GelombangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis, menghasilkan instrumen penilaian yang memenuhi validitas dan reliabilitas, mengetahui hasil pengujian daya beda, tingkat kesukaran, dan hasil pengujian dengan Graded Response Model (GRM). Subjek uji coba sebanyak 90 siswa kelas VIII SMPN 1 Tegallalang. Penelitian ini termasuk dalam R&D dengan desain 4D. Prosedur uji coba pengembangan meliputi uji validitas isi menggunakan indeks Content Validity Ratio (CVR), konsistensi internal butir menggunakan product moment, reliabilitas menggunakan alpha cronbach, uji daya beda menggunakan formula Ferguson, uji taraf kesukaran, dan analisis butir dengan GRM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rancang bangun instrumen penilaian dikembangkan berdasarkan desain 4D (define, design, develop, dan disseminate). Tes disusun menjadi 12 soal essay berdasarkan indikator yang mengacu pada taksonomi Bloom revisi pada dimensi proses kognitif C3 (aplikasi), C4 (analisis), dan C5 (evaluasi). (2) Validitas isi diperoleh nilai CVR = 1 yang berarti butir tes memiliki relevansi yang tinggi baik dari segi materi, konstruksi, dan bahasa. Koefisien reliabilitas = 0,941 termasuk kategori sangat tinggi. (3) Seluruh butir soal memiliki daya beda yang berkriteria sangat baik dan tingkat kesukaran pada kriteria sedang dan sukar. (4) Hasil probabilitas siswa menjawab benar menggunakan GRM meningkat dari kemampuan paling rendah sampai paling tinggi pada setiap kategori butir soal.
References
Adi, W. C., Suwono, H., & Suarsini, E. (2016). Developing Critical Thinking Skills Test for Undergraduate Biology Student. 956–966.
Alexandra, G., & Ratu, N. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis SIswa SMP dengan GRaded R Esponse M Odels. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 103–112.
Ardianti, S., & Ishafit, D. (2018). Pengembangan instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran fisika SMA. Seminar Nasional Quantum, 25, 575.
Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Costa, A. L. (1985). Glossary of Thinking Skills, in A.L, Costa (Ed), Developing Minds: A Resourse Book for Teaching Thinking.
Candiasa, I. M. (2011). Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assessment. Theory Into Practice, 32(3), 179–186. https://doi.org/10.1080/00405849309543594
Ennis, R. H. (2015). The nature of critical thinking: outlines of general critical thinking disposition and abilities. Sixth International Conference on Thinking at MIT, 2013, 1–8. http://criticalthinking.net/wp-content/uploads/2018/01/The-Nature-of-Critical-Thinking.pdf
Fajrianthi, Hendriani, Wiwin, Septarini, B. G. (2016). Pengembangan Tes Berpikir Kritis dengan Pendekatan Item Response Theory 1. 20(1), 45–55.
Florea, N. M., & Hurjui, E. (2015). Critical Thinking in Elementary School Children. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 180 (November 2014), 565–572. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.161
Friyatmi. (2018). Estimasi Parameter Tes dengan Penskoran Politomus Menggunakan Graded Response Model pada Sampel Kecil. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 8(1), 22–31.
Hasan, S. W., Auliah, A., Herawati, N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Chemistry Education Review, 3(2), 185-193.https://doi.org/10.26858/cer.v3i2.13315
Lawshe, C. H. (1975). A Quantitative Approach to Content Validity. Purdue University: Personnel Psychology.
Mabruroh, F, Suhandi, A. (2017). Construction Of Critical Thinking Skills Test Instrument Related The Concept On Sound Wave Construction Of Critical Thinking Skills Test Instrument Related The Concept On Sound Wave. https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001
Nurkholifah, Mayasari, T., & Handhika, J. (2018). Pengembangan Instrumen Berpikir Kritis Berbasis Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Fisika SMP. 141–148.
Redhana, I W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), hlm. 2239 – 2253.
Samejima, F. (1970). Estimation of latent ability using a response pattern of graded scores. Psychometrika, 35(1), 139. https://doi.org/10.1007/BF02290599
Slameto. (2015). Developing Critical Thinking Skills through School Teacher Training ’ Training and Development Personnel ’ Model and Their Determinants of Success. April 2014. https://doi.org/10.7763/IJIET
Sutama, I. N., Arnyana, I. B. P., & Swasta, I. B. J. (2014). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis dan kinerja ilmiah pada pelajaran biologi kelas XI IPA SMA Negeri 2 Amlapura. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4, 1–14. https://media.neliti.com/media/publications/122426-ID-pengaruh-model-pembelajaran-inkuiri-terh.pdf
Tama, A. M., Rinaldi, A., & Andriani, S. (2018). Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan Menggunakan Graded Response Models (GRM). Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 91.https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.2041
Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. (1974). Instructional development for training teacher of exceptional children. Bloomington Indiana: Indiana University.
Wiyoko, T. (2019). Analisis Profil Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD Dengan Graded Response Models Pada Pembelajaran IPA Analysis Of Capability Profile Of Critical Thinking Of PGSD Students With Graded Response On Science Learning. Ijis Edu, 1(1), 25–32.
Zubaidah, S., & Corebima, A. D. (2015). Asesmen Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay. Symbion: Symposium on Biology Education, January, 200–213.