Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VI di SD N 1 Cempaga
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i2.52638Abstract
Penelitian ini ditujukkan untuk mengetahui tingkat keterampilan proses sains siswa di kelas SDN 1 Cempaga. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 31 orang siswa kelas VI. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni menggunakan skala likert. Lalu didapatkan hasil bahwa tingkat keterampilan proses sains siswa di kelas VI SDN 1 Cempaga berdasarkan angket dengan persentase tertinggi 45,16% termasuk pada kriteria Sangat Baik (SB), persentase sebesar 41,93 % termasuk ke dalam kriteria Baik (B), persentase sebesar 9,67% termasuk dalam kriteria Cukup (C), persentase sebesar 9,67%termasuk dalam kriteria Cukup (C), dan pada kriteria Sangat Tidak Baik (STB) dengan persentase 0%. Sedangkan berdasarkan analisis wawancara dengan guru kelas, keterampilan proses sains siswa dikatakan sudah baik, namun masih diperlukan adanya perbaikan-perbaikan yang dapat menghasilkan peningkatan. Selain itu, riset ini dapat dijadikan sebagai dasar dan sumber bagi peneliti lain yang meneliti kemampuan proses sains siswa tingkat Sekolah Dasar.
References
Budiyono, A., & Hartini, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Wacana Didaktika, 4(2), 141–149. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.141-149
Dewi, P. S., & Dewi, P. S. (2016). Kemampuan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Ipa Terpadu Pada Tema Global Warming. Edusains, 8(1), 18–26. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1564
Eliyana, E. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Belajar Ipa Materi Tumbuhan Hijau Pada Siswa Kelas V Sdn 3 Panjerejo Di Masa Pandemi Covid-19. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(2), 87. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i2.1628
Farida, S. N., Sudarti, & Anggraeni, F. K. A. (2022). O n d a t i a (Vol. 6).
Masus, S. B., & Fadhilaturrahmi, F. (2020). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Ipa Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 161–167. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.1129
Mawardi, M. (2019). Rambu-rambu Penyusunan Skala Sikap Model Likert untuk Mengukur Sikap Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 292–304. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p292-304
Rahayu, A. H., & Angg. (2017). Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 5(2), 22–33. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14753
Santiawati, S., Yasir, M., Hidayati, Y., & Hadi, W. P. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri 2 Burneh. Natural Science Education Research, 4(3), 222–230. https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8435
Sari Sofiyana, M., Sukhoiri Aswan, N., Munthe, B., Ajeng W, L., Jannah, R., Juhara, S., SK, T., Laga, E. A., Sinaga, J. A. B., Suparman, A. R., Suaidah, I., Fitrisari, N., & Herman. (n.d.). Metodologi Penelitian Pendidikan Pt. Global Eksekutif Teknologi. www.globaleksekutifteknologi.co.id
Setyawan, R. A., & Atapukan, W. F. (2018). Pengukuran Usability Website E-Commerce Sambal Nyoss Menggunakan Metode Skala Likert. Compiler, 7(1), 54–61. https://doi.org/10.28989/compiler.v7i1.254
Susanto, R., & Kurni, D. K. (2018). Pengaruh Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Kelas Tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 39–45. http://www.universitas-trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/232/160
Trisnawati, O. R. (2019). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V SDN 2 KALENG TAHUN AJARAN 2017/2018 (Vol. 3, Issue 2).
Turnip, A. R., & Setiawan, I. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains pada Materi Suhu dan Kalor di SMA Selama Pembelajaran Online. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 466. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.4058
Wahyuningsih, P., & Fatonah, S. (2021). Analisis Berkomunikasi Dalam Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Di Sdn 2 Negerikaton Pesawaran Lampung. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, 8(1), 1–22.
Warsito. (2021). Menggunakan Metode Pembelajaran Timbal Balik ( Reciprocal Teaching ) Pada Siswa Kelas Xi Ips 5 Sma Negeri 1 Sulang Semester 1 Tahun Pelajaran 2019 / 2020 (Vol. 7, Issue 1).
Yuliati, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.335
Yusuf, M. (2013). Pendidikan holistik menurut para ahli. In Encephale (Vol. 53, Issue 1, pp. 59–65). http://dx.doi.org/10.1016/j.encep.2012.03.001