Flipped Classroom: Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Termokimia Siswa

Authors

  • Teguh Wibowo Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Sidiq Subagiyo Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lasem

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i2.52786

Keywords:

flipped classroom, termokimia, pemahaman konsep

Abstract

Penelitian ini memfokuskan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan pemahaman konsep termokimia pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimental dengan model nonequivalent control group design. Subyek pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Lasem. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dengan instrumen soal uraian pretest dan posttest. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakkan analisis uji t-test related pada pretest dan posttest setiap kelas dan N-Gain. Hasil dan analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran flipped classroom efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep termokimia siswa, hal ini ditunjukkan pengujian ttest didapatkan hasil yaitu thitung = -3,542 dan ttabel = -2,126 (α = 5%) sehingga thitung < ttabel, maka H0 ditolak dan nilai N-Gain sebesar 0,43 (kategori sedang).

References

Arsani, I. A. A. 2018. Peran Teknologi Multimedia dalam Menyajikan Konsep-Konsep Kimia pada Tingkat Makroskopis, Mikroskopis, dan Simbolis. Jurnal Teknodik, 13(1), 89–94.

Assenso, K. & Mekonnen, D. A. 2012. The Importance of ICTs in the Provision of Information for Improving Agricultural Productivity and Rural Incomes in Africa. UNDP Africa Policy Notes 2012-015, United Nations Development Programme, Regional Bureau for Africa.

Bergmann, J. & Sams, A. 2012. Flip Your Classroom: Reach Every Students in Every Class Every Day. Washington DC: International Society for Technology in Education.

Chang, S. C., & Hwang, G. J. (2018). Impacts of an Augmented Reality-Based Flipped Learning Guiding Approach on Students’ Scientific Project Performance and Perceptions. Computers & Education, 125, 226-239.

Creswell, J.. 2009. Research Design; Qualitative, Quantitative, and Mix Methods Approaches. California: SAGA.

Damayanti, H. N.. & Sutama. 2016. Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Sikap dan Ketrampilan Belajar Matematika di SMK. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 1-7.

Dean DL, D. R., & Ball N. (2013). Flipping the Classroom and Instructional Technology Integration in a College-Level Information Systems Spreadsheet Course. Educ Technol Res Dev, 61(4), 563–580

Gawise. 2021. Efektifitas Pembelajaran Model Flipped Classroom masa Pandemi Covid-19 terhadap Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 246-254.

Kim, M. K., Kim, S. M., Khera, O., & Getman, J. 2014. The Experience of Three Flipped Classrooms in an Urban University: An Exploration of Design Principles. The Internet and Higher Education, 22, 37–50

Latip, A., & Sutantri, N. 2021. Implementation of Flipped Classroom Model on Distance Learning on Volta Cell Application Topics. Journal of Educational Chemistry (JEC), 3(2), 103-110.

Laudzaunna, S. R. & Utami, L. 2021. Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia. JEDCHEM (Journal Education and Chemistry), 3(2), 79-85.

Lestari, S. 2018. Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia, 2(2), 94-100.

Middlecamp, C, & Kean, E. 1985. Panduan Belajar Kimia Dasar. Jakarta: PT. Gramedia

Muhali. 2019. Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 3(2), 25-50.

Nouri, J. 2016. The Flipped Classroom: for Active, Effective and Increased Learning–Especially for Low Achievers. Int J Educ Technol High Educ, 13, 33.

Redhana, I. W. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239-2253.

Shih, W. L. & Tsai, C. Y. 2017. Students’ Perception of a Flipped Classroom Approach to Facilitating Online Project-Based Learning in Marketing Research Courses. Australasian Journal of Educational Technology, 33(5), 32-49

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., Russell, J. D., & Mims, C. 2008. Instructional Technology and Media for Learning. Columbus, Ohio: Pearson Education.

Soepriyanto, Y. 2019. Peran Screencast dalam Memfasilitasi Pembelajaran. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 67-73.

Surjono, H.. 2013. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dalam Peningkatan Proses Pembelajaran yang Inovatif. Seminar Nasional Pendidikan & Saintec 2013, UMS, 18 Mei 2013.

Sutarni, N., Ramdhany, M. A., Hufad, A., & Kurniawan, E. 2021. Self-Regulated Learning and Digital Learning Environment: Its’ Effect on Academic Achievement During the Pandemic. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(2), 374-388.

Sutirman. 2013. Media & Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wulansari, M. P. . 2021. Impresi Teknis Penugasan Terhadap Beban Tugas Siswa dalam Pembelajaran Daring di Madarasah Aliyah Negeri 1 Nganjuk. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 149-162.

Zainuddin, Z. & Keumala, C. M. 2018. Blended Learning Method Within Indonesian Higher Education Institutions. Jurnal Pendidikan Humaniora, 6(2), 69–77.

Zainuddin, Z. & Perera, C. J. 2019. Exploring Students’ Competence, Autonomy and Relatedness in the Flipped Classroom Pedagogical Model. Journal of Further and Higher Education, 43(1),115-126.

Zheng, L., Bhagat, K. K., Zhen, Y. & Zhang, X. Z. 2020.The Effectiveness of the Flipped Classroom on Students' Learning Achievement and Learning Motivation: A Meta-Analysis. Educational Technology & Society, 23(1), 1-15.

Zidny, R., Sopandi, W. & Kusrijadi, A. 2013. Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMA Kelas X pada Materi Persamaan Kimia dan Stoikiometri Melalui Penggunaan Diagram Submikroskopik serta Hubungannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 1(1), 27-36.

Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. 2011. Handbook of Self-Regulation of Learning and Performance. New York: Routledge.

Downloads

Published

2022-10-30