Pengembangan Komik IPA Terpadu Tema “Menjaga Kesehatan Di Masa Pandemi COVID-19” dengan Model Webbed

Authors

  • Amilenita Islam Nuriza Febyanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Suardana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kompyang Selamet Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Komik, IPA, COVID-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis tingkat kevalidan, (2) tingkat kepraktisan, dan (3) tingkat keterbacaan komik IPA terpadu tema menjaga kesehatan di masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop karena keterbatasan waktu penelitian. Subjek pada penelitian ini yaitu dua ahli Pendidikan IPA untuk uji kevalidan, lima guru IPA SMP untuk uji kepraktisan, dan 15 siswa kelas VIII terdiri atas SMP Negeri 1 Selemadeg, SMP Negeri Selemadeg Timur, dan SMP Negeri 1 Selemadeg Barat untuk uji keterbacaan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat keterbacaan komik IPA terpadu yang diperoleh dengan memberikan angket. Jenis data yang diperoleh yaitu kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian komik IPA terpadu sebagai berikut. (1) produk tergolong kriteria sangat valid dengan skor 0,80, (2) produk tergolong kriteria sangat praktis dengan skor 4,51, (3) produk tergolong kriteria sangat terbaca dengan skor 4,53. Berdasarkan data hasil penelitian, komik IPA terpadu tema menjaga kesehatan di masa pandemi COVID-19 valid, praktis, dan terbaca sehingga dapat diuji coba ke tahap selanjutnya, yaitu uji keefektifan produk.

References

Akbar, T. N., 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Berorientasi Guided Inquiry pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, I(6), pp. 1120-1126. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i6.6456

Amallia, N. & Unaenah, E., 2018. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Attadib Journal Of Elementary Education, III(2), pp. 123-133. DOI: https://doi.org/10.32507/attadib.v2i2.414

Anwar, M. K. & Anistyasari, Y., 2019. Pengembangan Media Komando “Komik Sains Berbasis Android” pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK Negeri 1 Mojokerto. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, III(2), pp. 9-18.

Asyhar, R., 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Budiyanto, 2016. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di Pendidikan Dasar Malang. Malang, Biology Education Conference.

Fitri, N., 2021. Pengembangan Komik Sains Terintegrasi Nilai Keislaman Sebagai Media Pembelajaran IPA di SMP pada Materi Zat Aditif pada Makanan. Skripsi ed. Riau: Jurusan Tadris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau.

George & Marcus, L., 2020. Effective Teaching and Examination Strategies for Undergraduate Learning During COVID-19 School Restrictions. Journal of Educational Technology Systems, XLIX(1), pp. 23-48. DOI: 10.29333/ejecs/388

Hadi, W. S., 2015. Pengembangan Komik Fisika Berbasis Android sebagai Suplemen Pokok Bahasan Radioaktivitas untuk Sekolah Menengah Atas. Skripsi ed. Semarang: Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Hidayah, N. N., Mansur, R. & Mustafida, F., 2021. Penerapan Pembelajaran Tematik di MI Al-Hisab Pakis Malang pada Masa Pandemi COVID-19. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, III(2), pp. 40-44.

Nurhimayati, I. 2019. Implementasi STEAM dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, I(2), pp. 41-50.DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v5i1.2105

Nurvianti, I., Astalini & Syarkowi, A., 2018. Penggunaan Komik pada Pembelajaran Fluida Statis di Kelas XI Ipa SMA Negeri 2 Kota Jambi Tahun 2017. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, IX(1), pp. 59-65. DOI: 10.26877/jp2f.v9i1.2124

Pinatih & Putra, 2021. Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, V(1), pp. 115- 121.

Rasmitadila, Aliyyah, R. & Rachmadtullah, R., 2020. The Perceptions of Primary School Teachers of Online Learning During The Covid-19 Pandemic Period: A Case Study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, VII(2), pp. 90-109. DOI: 10.29333/ejecs/388

Rondiyah, S., 2015. Pengembangan Media Komik untuk Menanamkan Pendidikan Karakter Kolaborasi dan Jejaring pada Pelajaran Dasar Desain Siswa Kelas X Busana Butik SMKN 6 Yogyakarta. Skripsi ed. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Smaldiono, S. E., 2012. Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana.

Sukardi, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Utami, M. Z., Setiawan, I. & Risdianto, E., 2022. Persepsi Peserta Didik terhadap Keterbacaan Media Pembelajaran Komik Digital berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Materi Alat-alat Optik. Amplitudo: Jurnal Ilmu Pembelajaran Fisika, I(2), pp. 90-97. DOI: https://doi.org/10.33369/ajipf.1.2.90-97

Widyawati, A. & Prodjosantoso, A. K., 2015. Pengembangan Komik IPA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Peserta Didik SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, I(1), pp. 24-35. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4529

Yunus, M. M., Salehi, H. & Embi, M. A., 2012. Effect of Using Digital Comics to Improve ESL Writing. Research of Journal of Applied Sciences, Engineering and Technology, IV(18), pp. 3462-3469.

Zain, N. H., 2013. Pengembangan Komik Bahan Ajar Terpadu Kelas VIII SMP Pada Tema Sistem Pencernaan Manusia dan Hubungannya dengan Kesehatan. Unnes Science Education Journal, II(1), pp. 217-222. DOI: 10.15294/usej.v2i1.1826

Zaitun, Winata, W. & Yudhistira, R., 2020. Problematika serta Strategi Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Zuhrowati, M., Abdurrahman & Suyatna, A., 2018. Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran IPA pada Materi Pemanasan Global. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika, VI(2), pp. 144-158. DOI: https://doi.org/10.24127/jpf.v6i2.1305

Downloads

Published

2022-10-30