Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Tema Energi pada Makhluk Hidup untuk Siswa SMP/MTs Kelas

Authors

  • Ni Nyoman Anik Rahayu Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Pujani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Prima Juniartina Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i2.53289

Keywords:

Modul, Inkuiri Terbimbing, IPA Terpadu, Energi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis karakteristik, kevalidan, kepraktisan, dan  keterbacaan modul IPA Terpadu berbasis inkuiri terbimbing dengan tema energi pada makhluk hidup. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan modul pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate) , namun penelitian ini dibatasi pelaksanaannya sampai tahap develop. Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli Pendidikan IPA, 5 orang guru IPA, dan 15 orang siswa kelas VII. Hasil data kualitatif yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Kevalidan modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori validitas sangat tinggi, dilihat dari skor angket penilaian oleh 2 orang ahli Pendidikan IPA sebesar 0,98. Kepraktisan modul IPA Terpadu yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat praktis, dilihat dari skor rata-rata angket penilaian oleh 5 orang guru IPA sebesar 4,4. Keterbacaan modul IPA Terpadu yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat terbaca, dilihat dari skor rata-rata angket penilaian oleh 15 orang siswa kelas VII sebesar 4,53. Berdasarkan data hasil penelitian, modul IPA Terpadu berbasis inkuiri terbimbing dengan tema energi pada makhluk hidup sudah layak ke tahap selanjtnya yaitu uji keefektifan produk dan penyebaran produk.

References

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, P.O. 2013. Model dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: UNISSULA Press.

Agustini. 2020. Problematika Guru IPA Terpadu Kelas VII SMPN 9 Mataram. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran. 1(1): 54-60.

Amin, Alfauzan. 2018. Model Pembelajaran Agama Islam di Sekolah. Yogyakarta: Samudra Biru.

Ananda, Rusydi & Abdillah. 2018. Pembelajaran IPA Terpadu (Karakteristik, Landasan Fungsi, Prinsip, Dan Model). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Asmuri, Surwanto, & Masykuri, M. 2018. Pengembangan Modul IPA Terpadu SMP/MTs Kelas VIII Berbasis SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema Makanan dan Kesehatan Tubuh. Seminar Nasional Pendidikan Fisika. 3:73-80.

Astuti, Windi, M., Hartini, S., & Mastuang. 2017. Pengembangan Modul IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Suhu dan Kalor Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. 6(2):205-218.

Ataji, Kaunang, M.H., Sutanti, A., & Lepiyanto, A. 2019. Pengembangan Modul Berbasis QR CODE TECHNOLOGY Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Dengan Terintegrasi Kepada AL-QURAN Dan Hadid Sebagai Sumber Belajar Biologi Kelas XI SMAN 1 Pungsut. Bioedusiana. 4(1):17-25.

Budiasa, I.W. 2013. Penerapan Pendekatan Belajar Catur Asrama melalui Taksonomi Tri Kaya Parisudha dalam PKN. Universitas Pendidikan Ganesha

Cahyana, A.M.I, Pujani, M.I., & Devi, L.P.L.N. 2022. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu Bertema Olahraga dengan Model Webbed Untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia. 5(1): 68-78.

Candiasa, I.M. 2010. Pengujian Instrumen Penelitian disertai Aplikasi ITEMAn dan BIGSTEPS. Singaraja:Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.

Depdiknas. 2008. Teknik Penyusunan Modul. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Emda, Amma. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. 5(2): 93-196.

Fajri, Nabila, K. 2019. Proses Pengembangan Kurikulum. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan. 1(2):35-48.

Ghozali, Imam. 2017. Pendekatan Scientific Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan.4(1).

Handayani, Lysa, T., Sugianto, & Susanto, H. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbentuk Pop-Up dan Smash Book Materi Sifat Cahaya Bagi Siswa Penyandang Disabilitas Rungu. Unnes Physics Education Journal. 8(1): 8015.

Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Henrawan, Yudi. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMPN 4 Warunggung. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah. 4(1): 227-233.

Hermawan, Windu. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbantuan Laboratorium Virtual Pada Materi Tata Surya. Universitas Pendidikan Ganesha. S1 Pendidikan IPA.

Indraningrum, A., Sunarno, W., & Aminah, S.N. 2017. Pengembangan Modul IPA Terpadu Tipe CONNECTED Berbasis IQRA Tema Lingkungan Pantai Untuk Memberdayakan Karakter Religius Siswa SMP/MTS Kelas VII Semester II. Jurnal Inkuiri. 6(3):113-126.

Jufrida, Basuki, R.F., Pangestu, D.M., & Prasetya, Djati, A.N. et al. 2019. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA Dan Literasi Sains Di SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika. 4(2): 31-38.

Lasmiyati, L., & Harta, I. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika. 9(2): 161-174.

Mahendra, N., & Ngurah, D. 2017. Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Terpadu. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 2(2): 214-223.

Margono, S. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Martana, Y., Prayitno, A.B., & Sumarno, Widha. 2017. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan Tema Alat Pendengaran Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sambungmacan. Jurnal Inkuiri. 6(2):47-56.

Mulyana, V., Asrizal, & Festiyed. 2021. Studi Deskriptif Meta Analisis Pengaruh Bahan Ajar Fisika dan IPA Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. 9(1): 31-34.

Musfiqon, H.M., & Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Novitasari, E., Masykuri, M., & Aminah, Siti, N. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Matahari Sebagai Sumber Energi Alternatif Di Kelas VII SMP/Mts. Jurnal Inkuiri. 5(1):112-121.

Nugraheni, Desi. 2017. Pengaruh Siklus Belajar 5E Terhadap Kemampuan Litetasi Sains Pada Materi Saraf manusia. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi. 2(4):178-188.

Nugraheni, E, N., Sumarno, Widha, & Sarwanto. 2015. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan Tema Barbeque Kelas VII SMP Negeri 1 Tawamangu. Jurna Inkuiri. 4(4): 43-53).

Nurdyansyah & Eni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarja: Nizamia Learning Center.

OECD. 2016. Programme for International Student Assesment (PISA) Results from PISA 2015.

OECD. 2018. Programme for International Student Assesment (PISA) Results from PISA 2018.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Prastowo, Andi. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.

Puspitasari, Diyah, R., Mustaji, & Rusmawati, D.R. 2019. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berpengaruh Terhadap Pemahaman Dan Penemuan Konsep Dalam Pembelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan & Pembelajaran. 3(1): 96-107.

Rahmania, Ramlawati, & Rusli, A.M. 2020. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Keterampilan Proses Sains Materi Cahaya dan Optik. Jurnal IPA Terpadu. 4(1):12-22.

Rahmanto, F.K., Masykuri, M., & Sunarno, W. 2015. Pengembangan Modul IPA Trpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Tema Keju Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Inkuiri. 4(4): 109-120.

Rahmatina, I., Desella, & Wartono, Sutopo. 2018. Identifikasi Kesulitan Sisw SMA pada Materi Usaha Energi. Physics Education Journal. 2(1): 8-14.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafinda.

Safitri, M., & Iryani. 2021. Praktikalitas Modul Asam Basa Berbasis Inkuiri Terbimbing Kelas XI MIPA. Edukimia. 3(3): 155-160.

Saharuddin & Wahab, M. 2019. Analisis Kesulitan Dalam Pembelajaran IPA Di SMP Negeri Limboro. Jurnal IPA Terpadu. 2(2). 75-83.

Saputro, Budiyono. 2017. Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Aswaja Pressindo: Yogyakarta.

Septiana, Nurul., Rohmadi, M., Nasir, M., & Nastiti, Ranggi, L. 2018. Kesulitan Guru IPA SMP/Mts Mengajarkan IPA Terpadu Di Kalimantan Tengah. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika. 6(1):1-11.

Sujana, Cong. 2019. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar. 4(1): 29-39.

Sukma, Komariyah, L., & Syam, M. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Saintifika. 18(1): 59-63.

Sulthon. 2016. Pembelajaran IPA Yang Efektif Dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidayah (MI). ELEMENTARY. 4(1): 38-54.

Suma, Ketut. 2006. Perkembangan Peserta Didik. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja.

Wardani, K., K S., Sadia, I W., & Suastra, I W. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu dengan Setting Inquiry Laboratorium Bermuatan Content Local Genius Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional MIPA. 230-239.

Wulandari, Sri, S., ZA, Prabowo, & Supardi, Imam. 2018. Profil pembelajaran Terpadu Pada Materi Pelajaran IPA Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 5(1): 7-14.

Yanti, D.P.L., Siardana, N.I., & Selamet, K. 2022. Pengembangan Modul Elektronik IPA SMP Kelas VIII Berbasis Inkuiri pada Materi Cahaya dan Alat Optik. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Sains Indonesia. 5(1): 79-88.

Yusuf, Fachrudin, W. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD). Jurnal Pendidikan Agama Islam. 3(2). 263-278.

Downloads

Published

2022-10-30