Analisis Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 Gianyar

Authors

  • I Putu Oscar Perdana Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Pujani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Mitha Priyanka Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Minat belajar, Pembelajaran IPA, daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis profil minat belajar IPA siswa dan faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar IPA siswa SMP Negeri 2 Gianyar pada pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif. Data diperoleh melalui kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini siswa di SMP Negeri 2 Gianyar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, VIII, dan IX SMP Negeri 2 Gianyar berjumlah 1290 orang dengan jumlah sampel sebanyak 364 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling. Data mengenai profil minat belajar siswa diperoleh dengan penyebaran kuesioner tertutup dan wawancara. Hasil pengolahan data dari kuesioner terhadap empat aspek minat diperoleh data bahwa sebanyak 55,08% siswa memiliki minat sedang, sedangkan berdasarkan tingkat kelas sebesar 64,21% memiliki minat sedang. Data tersebut diperkuat melalui triangulasi teknik, triangulasi sumber data, dan member check. Data mengenai faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar siswa, dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi diperoleh hasil sebagai berikut. Faktor internal yang mempengaruhi minat adalah motivasi sebanyak 65%, bakat 55%,dan cita-cita 60%, sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi minat belajar IPA, yaitu faktor keluarga sebanyak 40%, teman 50%, guru, 65% dan fasilitas sekolah sebanyak 55%.  Jadi dapat dinyatakan bahwa minat belajar di SMP Negeri 2 Gianyar tergolong sedang. Faktor-faktor internal yang mempengaruhi minat belajar adalah faktor motivasi dan cita-cita, sedangkan faktor eksternal yang berpengaruh adalah faktor teman, guru, dan fasilitas sekolah.

References

Aly, Abdullah & Rahma E. 2008. Ilmu alamiah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmadi, Abu, & Nur. 1992. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Asih, S. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara, 23.

Berutu, M. H. A, & Tambunan. 2018. Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), p. 109.

Dalyono, M. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fadillah, A. 2016. Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa, M A T H L I N E : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), pp. 113–122.

H. Martinis, Yamin. 2009. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta : Gaung Persada

Hamidah, S. 2019. Analisis Minat Belajar Siswa SMA Kelas XI Pada Materi Matriks, Journal On Education, 01(02), 457-463.

Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hewi, L, & Saleh. 2020. Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Study Assessment). Jurnal Golden Age, 4(1): 30-41.

Kalemben, Simon, Basa T R, & Johnson's. (2018) Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Fotosintesis Kelas VIII SMP Negeri 9 Jayapura. Jurnal ilmu pendidikan Indonesia, 6, (3).

Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: BSNP.

Kemendikbud. 2020. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 719/P/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus. Tersedia pada httpps://www.kemendikbud.go.id//. (diakses tanggal 2 Januari 2022).

Krapp, A. 2002. Structural and Dynamic Aspects of Interest Development: Theoretical Considerations From an Ontogenetic Perspective. Learning and Instruction , 12, 383-409.

Nizam. 2016. Ringkasan Hasil-hasil Asesmen Belajar dari Hasil UN, PISA, TIMSS. INAP: Puspendik.

Putri, I. D. C. K, & Widodo. 2017. Hubungan Antara Minat Belajar Matematika, Keaktifan Belajar Siswa, dan Persepsi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 6(3), pp. 721–724.

Priska Ayu Andira. 2022. Analisis Minat Siswa Terhada[ Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Uno, Hamzah 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukardi, D. K. 2004. Psikologi Pemilihan Karier: Suatu Uraian Teoritis Tentang Tipe Kepribadian dan Model Lingkungan. Jakarta: PT Rineka Cipta. Cet. I,h. 9

Safari. 2003. Indikator Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Samatowa, U. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep,Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Bumi Aksara.

Wahyudi, T. 2006. Minat dan Motivasi siswa kelas 1 SMA Muhammadiyah 2 Cepu Kabupaten Blora Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Bola Voli Tahun 2006 (Skripsi). Semarang : PJKR. FIK. UNNES

Wahyu H. P. 2018. Analisis Profil Minat Belajar Dan Kemampuan Pemahaman Konsep Dasar Matematika Sd Pada Mahasiswa S1 Pgsd Stkip Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal LEMMA, 4(2), pp. 62–74.

Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum.Yogyakarta: Andi Offset

.

Yunita, R, Lestari R, Brahmana & E.M. 2015. Minat Belajar Siswa Kelas VIII Terhadap Mata Pelajaran IPA di MTs PP Hasanatul Barokah Tambusai Timur Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi Biologi, 1(1).

Yunitasari, Hanifah. 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3): 232-243.

Zaharah. 2020. Impact of CoronaVirus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities In Indonesia. Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i, 7(3): 269-82.

Downloads

Published

2023-04-30