Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Problem Based Learning dengan Tema Jajanan

Authors

  • Ni Komang Milla Yanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Pujani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Prima Juniartina Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Modul IPA Terpadu, Problem Based Learning, Jajanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, kevalidan, kepraktisan, dan keterbacaan modul IPA terpadu berbasis Problem Based Learning dengan tema jajanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Penelitian pengembangan ini hanya dilakukan sampai tahap develop. Tahap develop yang dilakukan terdiri dari tiga uji produk yaitu uji kevalidan oleh ahli, uji kepraktisan oleh guru, dan uji keterbacaan oleh siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, angket analisis kebutuhan guru, angket kevalidan, angket kepraktisan dan angket keterbacaan. Subjek penelitian melibatkan 2 orang ahli Pendidikan IPA untuk uji kevalidan, lima orang guru IPA untuk uji kepraktisan, dan 10 orang siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Gianyar untuk uji keterbacaan. Jenis data penelitian yang diperoleh yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Karakteristik modul IPA terpadu yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, keterpaduan connected, disajikan dalam bentuk cetak dan pdf. Hasil pengembangan modul diperoleh hasil uji kevalidan dengan skor sebesar 0,95 (validitas sangat tinggi). Hasil uji kepraktisan memperoleh rata-rata skor sebesar 4,48 (sangat praktis). Hasil uji keterbacaan memperoleh rata-rata sebesar 4,25 (sangat terbaca). Berdasarkan temuan hasil penelitian, modul IPA terpadu berbasis problem based learning dengan tema jajanan dapat diuji ke tahap selanjutnya yaitu uji keefektifan produk. 

References

Ameliawati, D., Jalmo, T., & Yolida, B. 2017. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Leaflet Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan. 7(3):1-12, http://jurnal.fkip.unila.ac.id.

Ananda, R. & Abdillah. 2018. Pembelajaran Terpadu (Karakteristik, Landasan, Fungsi, Prinsip dan Model). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Anwar, I. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktori UPI. Bandung.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, M. W., Hartini, S., & Mastuang, M. 2018. Pengembangan Modul IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2):205-209.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2014. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran 2014.

Budiarta, I. W. 2013. Penerapan Pendekatan Belajar Catur Asrama melalui Taksonomi Tri Kaya Parisudha Dalam PKN. Skripsi. Universitas Pendidikan Ganesha.

Candiasa, I. M. 2010. Pengujian Instrumen Penelitian disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singajara: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.

Kalemben, S., Rumahorbo, B.T. & Siallagan, J. 2018. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Minat, dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Fotosintesis di Kelas VIII SMP Negeri 9 Jayapura. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 6(3):62-70.

Kelana, J., & Duhita, S. W. 2021. Model Pembelajaran IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.

Kembuan, G., Tumbel, F., & Paat, M. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Poigar. Dunia Edukasi Pendidikan IPA, 1(1):24-32.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII Semester 1. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemdikbud, Balitbang.

Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. 2019. Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Teknologi Pendidikan, 07(02), 91–103.

Kuswanto, J. 2019. Pengembangan Modul Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII. Jurnal Media Infotama, 15(2):51-56.

Lestari, S. 2018. Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2):94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Malinda, Y., Sumadi, & Lusi, N. 2017. Pengaruh Aktivitas Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Geografi, 1-12.

Marisa, U., Yulianti., & Hakim., A. R. 2020. Pengembangan E-Modul Berbasis Karakter Lingkungan di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional UNIKAMA, 4(1):323-330.

Marwahi, M. I., & Eliza, F. 2020. Pengembangan Modul Pembelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Berbasis Problem Based Learning di SMK. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 6(2):302–306. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/article/view/109315.

Nurdyansyah & Fahyuni, E. F. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Oktaviana, D., Hartini, S., & Misbah, M. 2017. Pengembangan Modul Fisika Berintegerasi Kearifan Lokal Membuat Minyak Lala untuk Melatih Karakter Sanggam. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3):272–285.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Kompetensi Guru. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Prihantomo, Sarwanto, & Puguh. 2018. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Problem Based Learning dengan Tema Yoghurt untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Kelas VII. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2018, 3, 162–166.

Rahayu, L. D., & Kusuma, A. B. 2019. Peran Pendidikan Matematika di Era Globalisasi. Prosiding Sendika, 5(1): 534–541. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/801.

Rokhim, A. R., Suparmi, & Prayitno, B. A. 2018. Pengembangan Modul IPA Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Inkuiri, 7(1), 143–150. http://jurnal.uns.ac.id/inkuiri.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme. Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sani, A. R. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Selamet, K., & Sarini, P. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu SMP Berpendekatan Saintifik dengan Tema Kuliner. Wahana Matematika dan Sains : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 12(2):26–40.

Sudarman. 2005. Problem Based Learning Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Memecahkan Masalah. Jakarta : Graha Ilmu

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyitno. 2018. Metode Penelitian Kualitatif: Konsep, Prinsip dan Operasionalnya. Tulungangung: Akademia Pustaka.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. [Online]. Tersedia di Kelembagaan.ristekdikti.go.id. Diakses pada 5 Desember 2021.

Usmeldi, Amini, Risda & Asrizal. 2021. Pendampingan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Abidimas Galuh: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2). E-ISSN: 2716-0211.

Wahyuningsih, E. S. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning: Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Widoyoko, E. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widoyoko, E. 2014. Panduan Praktisi Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Winkel, W.S. 2009. Psikologi Pengajaran. Cet. Ke-4.Jakarta: Grasindo.

Yuberti. 2014. Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Yusuf, W. F. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD). Jurnal Pendidikan Agama Islam, NA 3(2).

Downloads

Published

2023-04-30