Pengaruh Media Interaktif Quizizz terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas VIII SMPN 19 Surabaya

Authors

  • Nur Laily Sa'adatus Abadiyah Al-Khotim Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Alfiatur Rohmah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Febrianti Galuh Kirana Putri Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Aisyatul Auliyah Febriyanti Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Tatik Indayanti Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Muhammad Rifa SMP Negeri 19 Surabaya

Keywords:

Media Interaktif, Quizizz, Hasil Belajar , Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media interaktif quizizz terhadap hasil belajar peserta didik pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas VIII di SMPN 19 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain penelitian posttest only control group design . Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 19 Surabaya. Jumlah populasi kelas VIII di SMP Negeri 19 Surabaya terdiri dari sembilan rombongan belajar dari kelas VIII A hingga kelas VIII I dengan total 302 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII D dengan jumlah 33 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G yang berjumlah 34 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil hasil belajar peserta didik berupa soal tes tulis yang berjumlah 15 butir soal terdiri dari 10 butir tes pilihan ganda dan 5 butir tes uraian. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan uji independent t-test. Hasilnya pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai thitung (2,344) lebih besar dari nilai ttabel (2,000) sehingga hipotesis alternatif (H1) diterima. Kesimpulannya adalah terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen yang menggunakan media interaktif quizizz dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media interaktif quizizz. Dalam kata lain ada pengaruh signifikan penggunaan media interaktif quiziz terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII khususnya materi struktur dan fungsi Jaringan Tumbuhan SMPN 19 Surabaya.

References

Adam, S. 2015. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi siswa kelas X SMA Ananda Batam. Computer Based Information System Journal, 3(2).

Annisa, R., & Erwin, E. 2021. Pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3660-3667. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1376

Azwar, S. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Basuki, Y., & Hidayati, Y. 2019. Kahoot! or Quizizz: the Students’ Perspectives. STKIP PGRI Trenggalek. https://doi.org/10.4108/eai.27-4-2019.2285331.

Hazmiwati, H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. 2020. Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip

Kurniasih, Imas, Berlian Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena.

Lestari, T. 2019. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Berorientasi Peraturan Dirjen Dikdasmen Kemendikbud No. 07/D.D5/KK/2018. Seminar Nasional Keindonesiaan Universitas PGRI Semarang

Mulyati, S., & Evendi, H. 2020. Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64-73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Panggabean, F., Simanjuntak, M. P., Florenza, M., Sinaga, L., & Rahmadani, S. 2021. Analisis Peran Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP. JPPIPAI: Jurnal Pendidikan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Indonesia, 1(2).

Prihatiningsih, E., & Setyanigtyas, E. W. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Dan Model Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 1. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.1441

Puspitasari, Y., Reza, S. P. K., Bachtiar, Y., & Prayitno, B. A. 2019. Identifikasi Miskonsepsi Materi Jaringan Tumbuhan pada Mahasiswa Pendidikan Biologi di Salah Satu Universitas di Surakarta. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 10(2), 171-178.

Rahmayani, D., & Subekti, H. 2022. Efek Aplikasi Quizizz terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 10(1), 117-121.

Rizqiyah, H. 2011. Pengembangan Media Kuis Interaktif Berbasis Wondershare Quiz Creator Untuk Kemahiran Qira'ah dan Kitabah Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah. Skripsi. Jurusan Sastra Arab-Fakultas Sastra UM.

Sawab, B. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di MI Mathla’ul Anwar Sindang Sari Lampung Selatan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Siagian, G. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yuniati, S. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika Melalui pendekatan Kontekstual. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v5i2.269

Downloads

Published

2023-04-30