Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Discovery Learning Berbantuan Virtual Chemistry Laboratory
Keywords:
keterampilan berpikir kritis, discovery Learning , virtual laboratoryAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 4 Yogyakarta melalui model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Virtual Chemistry Laboratory untuk materi Titrasi Asam Basa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Yogyakarta di tahun 2021 dengan permasalahan keterampilan berpikir kritis siswa rendah. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi kegiatan pembelajaran dan tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pada siklus I diperoleh persentase siswa yang mempunyai keterampilan berpikir kritis dengan kategori tinggi sebanyak 83,33%, kategori sedang 13,86%, dan kategori rendah 2,78%, (2) Pada siklus II diperoleh persentase siswa yang mempunyai keterampilan berpikir kritis dengan kategori tinggi sebanyak 94,44%, kategori sedang 5,56%, dan kategori rendah 0%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 4 Yogyakarta pada materi Titrasi Asam Basa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Virtual Chemistry Laboratory.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, R.T. 2018. Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Pada Materi Titrasi Asam Basa Siswa SMA dalam Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia. Vol.1(1): 22-27. DOI: https://doi.org/10.19109/ojpk.v1i1.1862
Azwar, S. 2012. Tes Prestasi Fungsi Pengembangan dan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Byrne, M., & Johnstone, A. 2006. Critical Thingking and Sciense Education. Studies in Higher Education, 37-41
Depdiknas. 2013. Kurikulum 2013: Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Depdiknas.
Dewa, E., Maria Ursula Jawa Mukin, & Oktavina Pandango. 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Fisika. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 351–359. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.288.
Ennis, R.H. 2013. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. http://criticalthinking.net/long definition.html. Last revised, 2013. Original version presented at the Sixth International Conference on Thinking, Cambridge, MA, July, 1994. Most recently published version: (2011). Inquiry: Critical Thinking across the Disciplines, 26 (1), 4-18.
Hartati, D., Supriyoko, S. & Prihatni, Y. 2020. Kontribusi Berpikir Kritis, Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA dalam Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. ISSN 2338-3372(print), ISSN 2655-9269(online): Vol.8(1): 75-84. DOI: https://doi.org/10.30738/wd.v8i1.7982
Lai, E.R. 2011 Critical Thinking: A Literature Review. Research Report. Always Learning. Pearson.
Minarni, Afrida, Epinur & Putri, R. 2021. Improving the Process and Student Learning Outcomes of The Reaction Rate Material with Discovery Learning Model Assisted by Virtual Laboratory dalam Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. p-ISSN: 2087-9040 e-ISSN: 2613-9537. Vol.6(1): 30-37. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v6i
Nanang, Hanafiah, dan Suhada, C. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Nugrahaeni, A., Redhana I. W., & Kartawan, I. M. A. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, I(1), 23-29, https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808
Oemar Hamalik. 2006. Pendidikan Guru: Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara
Redecker, C., et al. The Future of Learning: Preparing for Change. Luxembourg: Publications Office of the European Union, 2011.
Richmond, J.E.D., 2007, Bringing Critical Thinking to the Education of Developing Country Professionals, Journal International Education, Vol 8, No 1, Hal: 1-29.
Rusdi, M.A., Herliani & Rijai, L. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Lab untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Materi Titrasi Asam-Basa pada Siswa SMA Tahun Pembelajaran 2020/2021 dalam Jurnal Zarah. Vol.9(2): 125-130. p-ISSN: 2354-7162 | e-ISSN: 2549-2217. DOI: https://doi.org/10.31629/zarah.v9i2.3350
Safrida, L.N., Ambarwati, R., Adawiyah, R., dkk. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Matematika dalam EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.6(1): 10-16. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5095
Sari, H.K., Harjono, H., Sumarni, W., dkk.dkk. 2019. Kontribusi Virtual Laboratory pada Pembelajaran Titrasi Asam Basa dengan Predict-Observe-Explain Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis. Junal Pendidikan MIPA: Phenomeon, Vol. 9, No. 2. DOI: 10.21580/phen.2019.9.2.3994
Sheppard, K. 2006. High school students’ understanding of titrations and related acid-base phenomena dalam Jurnal: Royal Society of Chemistry. Vol.7: 32-45. DOI: https://doi.org/10.1039/B5RP90014J
Silberberg, M. S. 2010. Principle of General Chemistry. Second Edition. New York: McGraw-Hill
Sutoyo, S. & Priantari, I. 2019. Discovery Learning Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi: BIOMA. Vol. 4, No. 1. p-ISSN: 2527-7111 DOI: https://doi.org/10.32528/bioma.v4i1.2649
Utomo, M.P. 2011. Adaptasi Pelaksanaan Praktikum Kimia Negara OECD. Makalah Pengabdian pada Masyarakat di FMIPA UNY. Hal: 4-5.
Woolf, B. P., Murray, T., Marshall, D., Dragon, T., Kohler, K., Mattingly, M., Bruno, M., Murray, D, dan Sammons, J., 2005, Critical Thinking Environments for Science Education, Prosiding International Conference