Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android “APeTriDin” pada Materi Listrik Dinamis

Authors

  • Iqwa Khilmatul Hidayah IAIN Kudus
  • Chofifatun Rohmaniyah IAIN Kudus
  • Achmad Ali Fikri IAIN Kudus

Keywords:

Pengembangan, Aplikasi Pembelajaran, ApeTriDin, Listrik Dinamis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan aplikasi pembelajaran berbasis android “ApeTriDin”. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan tahapan Define, Design and Development. Tahap Define, dilakukan studi lapangan dan wawancara dengan guru mapel IPA di MTs Miftahut Tholibin Mejobo Kudus. Kemudian dilanjutkan analisis data serta mendesain aplikasi untuk dinilaikan kepada teman sejawat. Tahap akhir yakni Development dengan bantuan SAC (Smart Art Creator), selanjutnya dilakukan uji validasi oleh dosen ahli media dan materi untuk meninjau kelayakan aplikasi. Uji coba terbatas dilakukan pada siswa kelas IX. Hasil dari penelitian pengembangan aplikasi pembelajaran dengan tahapan Define, Design dan Development melalui proses studi lapangan, wawancara dan angket yang dipaparkan secara deskriptif menyatakan bahwa aplikasi pembelajaran berbasis android “ApeTriDin” sangat layak untuk digunakan sebagai multimedia interaktif dalam pembelajaran Listrik Dinamis. Efek dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif media pembelajaran IPA sehingga menunjang keberhasilan proses pembelajaran.

References

Alfian, M.A., 2015. Pengembangan Software Fisika Berbasis Android Sebagai Media Belajar Listrik Dinamis. Inovasi Pendidikan Fisika 4.

Danurofi, I., Gunadhi, E., Supriatna, A.D., 2020. Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Listrik Dinamis Untuk SMA/MA Kelas 10 berbasis Android. Jurnal Algoritma 17, 109–113.

Firmansyah, D., 2022. Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH) 1, 85–114.

Fitri, A., 2022. Laboratorium Virtual dengan Aplikasi PhET untuk Memperkuat Penguasaan Konsep Listrik Dinamis Siswa pada Pembelajaran Online. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP) 6, 52–60.

Gunter, B., 2019. Emergence of Mobile Phoning. Children and Mobile Phones: Adoption, Use, Impact, and Control 13–24.

Mulyatiningsih, E., 2016. Pengembangan model pembelajaran. Diakses dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September.

Nuraliyah, E., Fadilah, A., Handayaningsih, E., Ernawati, E., Oktadriani, S.L., 2022. Penggunaan Handphone dan Dampaknya bagi Aktivitas Belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya 8, 1585–1592.

Saputra, G.Y., Harjanto, A., Ningsih, Y.A., 2020. Pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk mata pelajaran fisika materi pokok energi di kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 muara badak tahun ajaran 2019/2020. Journal of Advances in Information and Industrial Technology 2, 10–24.

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. PT Bumi Aksara: Jakarta.

Downloads

Published

2023-04-30