Studi Deskripsi Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik kelas VIII SMPN se-Kota Makassar

Authors

  • St. Aida Sufinasa Universitas Negeri Makassar
  • Hasanuddin Universitas Negeri Makassar
  • Sitti Saenab Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Deskripsi, kemampuan literasi sains, sistem pernapasan manusia

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar kemampuan literasi sains peserta didik kelas VIII SMPN se-Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi dengan jumlah populasi sebanyak 4150 peserta didik menggunakan teknik Stratified Random Sampling atau sampel acak terstratifikasi. Penentuan ukuran sampel ditentukan secara proporsional berjumlah 364 peserta didik kelas VIII SMPN se-Kota Makassar dengan sampling error 5% menggunakan rumus Yamane. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan literasi sains pada materi sistem pernapasan manusia dalam bentuk pilihan ganda. Menganalisis kevalidan soal kemampuan literasi sains dilakukan dengan uji validasi isi dengan kategori “sangat tinggi” dan uji validitas item didapatkan 17 dari 20 soal yang valid, sehingga saat mengumpulkan data penelitian keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII SMPN se-Kota Makassar hanya menggunakan 17 butir soal. Teknik pengumpulan data yaitu pemberian tes kepada peserta didik melalui google form pada materi kelas VIII semester genap. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif untuk mengetahui seberapa besar kemampuan literasi sains peserta didik kelas VIII SMPN se-Kota Makassar. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan literasi sains peserta didik pada aspek konteks, aspek pengetahuan dan aspek kompetensi literasi sains peserta didik kelas VIII SMPN se-Kota Makassar berada dalam kategori rendah.

References

Armas, A. R., Ramlawati, & Muhammad, S. 2019. Hubungan antara Literasi Sains dengan Prestasi Belajar Peserta didik pada Pembelajaran Kimia Kelas XI MIPA SMA Negeri se-Kota Makassar. Chemistry Education Review (CER), Vol 2, No 2. Hal 67-75.

Fakhriyah, F., Masfuah, S., Roysa, M., Rusilowati, A., & Rahayu, E. S. 2017. Students Science Literacy in the Aspect of Content Science? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol 6, No 1. Hal 81-87.

Handayani, G., Adisyahputra, & Reni, I. 2018. Hubungan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi dan Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Literasi Sains pada Mahasiswa Calon Guru Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol 11, No 1. Hal 21-31.

Januaresty, W. W., Windyariani, S., & Ratnasari, J. 2021. Profile of Science Literacy of Grade 10 Students Using Computer Supported Collaborative Learning (CSCL) Model. BIOEDUKASI: JPB, Vol 14, No 2. Hal 144-156.

Jufrida, J., Basuki, R. F., Kurniawan, W., Pangestu, D. M., & Fitaloka, O. 2019. Scientific Literacy and Science Learning Achievement at Junior High School. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), Vol 8, No 4. Hal 630-636.

Kemendikbud. 2017. Materi Pendukung Literasi Sains. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kusumastuti, F. A., Rombot, O., & Ariesta, F. W. 2019. Pengaruh Integrasi Batang terhadap Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Internasional Riset Ilmiah dan Teknologi, Vol 8, No 12. Hal 1551-1553.

Lamada, M., Rahman, E. S., & Herawati. 2019. Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol 6, No 1. Hal 35-42.

Laugksch, R. C. 2000. Scientific Literacy: A Conceptual Overviewtual Overview. ScienceEeducation, Vol 84, No 1. Hal 71-94.

Mijaya, P. A., Sudiatmika, R. A., & Selamet, K. 2019. Profil Literasi Sains Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Levels of Inquiry. JPPSI: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, Vol 2, No 2. Hal 161-171.

Nofiana, M., & Julianto, T. 2017. Profil Kemampuan Literasi sains Siswa SMP di Kota Purwokerto Ditinjau dari Aspek Konten, Proses, dan Konteks Sains. Jurnal Sains Sosial dan Humaniora, Vol 1, No 2. hal 77-84.

OECD. 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris-France: OECD Publishing.

OECD. 2016. PISA 2015 Results in Focus. Paris-France: OECD Publishing.

OECD. 2019. ISA 2018 Results Combined Executive Summaries Volume I, II & III. Paris-France: OECD Publishing.

OECD. 2019. PISA 2018 Results Combined Executive Summaries Volume I, II & III. Paris: OECD Publishing.

Pahrudin, A., Irwandani, Triyana, E., Oktarisa, Y., & Anwar, C. 2019. The Analysis of Pre-Service Physics Teachers in Scientific Literacy: Focus on the Competence and Knowledge Aspects. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol 8, No 1. Hal 52-62.

Rianti, A., Jalmo, T., & Yolida, B. 2016. Profil Kompetensi Literasi Sains Siswa SMP Se-Kecamatan Pagelaran. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, Vol 4, No 3.

Rohma, L. I., & Hidayati, N. S. 2021. Analisis Literasi Sains Peserta Didik SMPN 1 Gresik. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, Vol 9, No 3. Hal 363-369.

Saraswati, Y., Indana, S., & Sudibyo, E. 2021. Science Literacy Profile of Junior High School Students Based on Knowledge, Competence, Cognitive, and Context Aspects. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, Vol 2, No 3. 329-341.

Subaidah, T., Muharrami, K. L., Rosidi, I., & Ahied, M. 2019. Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Aspek Konteks dan Knowledge Menggunakan Cooperative Proplem Solving (CPS) dengan Strategi Heuristik. Natural Science Education Reseach, Vol 2, No 2. Hal 113-123.

Sutrisna, N. 2021. Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol 1, No 12. Hal 2683-2694.

Sutrisna, N. 2021. Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol 1, No 12. Hal 2683-2694.

Utami, B., Saputro, S., Ashadi, & Masykuri, M. 2016. Scientific Literacy in Science Lesson. Prosiding ICTTE FKIP UNS, Vol 1, No 1. Hal 125-133.

Zakaria, R. M., & Rosdiana, L. 2018. Profil Literasi Sains Peserta Didik Kelas VII pada Topik Pemanasan Global. Pensa E-jurnal, Vol 6, No 2. Hal 170-174.

Downloads

Published

2023-04-30