Efektivitas Penerapan Pendekatan TPACK Berbasis Inquiry dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII

Authors

  • Hasanuddin Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
  • Pesti Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
  • Muh. Tawil Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) rata-rata peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII di SMPN  2 Pangkajene setelah diterapkan pendekatan TPACK berbasis inquiry, (2) besar effect size pendekatan TPACK berbasis inquiry untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas A dan kelas B, (3) ada tidaknya peningkatan skor rata-rata N-Gain yang signifikan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah penerapan pendekatan TPACK berbasis inquiry dan (4) ada tidaknya perbedaan skor rata-rata N-Gain keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas kelas A dan kelas B. Jenis penelitian Pre eksperimen dan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Instrumen penelitian berupa 6 butir soal keterampilan berpikir kritis. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 2 Pangkajene tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah keseluruhan 295 peserta didik. Pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling sehingga diambil 2 kelas dengan jumlah keseluruhan 31 peserta didik. Hasil analisis menunjukkan: (1) rata-rata peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik skor kelas A dan kelas B berada pada kategori sedang; (2) nilai Effect Size Penerapan Pendekatan TPACK Berbasis Inquiry berada pada kategori strong effect; (3) terdapat peningkatan skor rata-rata N-Gain yang signifikan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah penerapan pendekatan TPACK berbasis inquiry; (4) tidak terdapat perbedaan skor rata-rata N-Gain keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas kelas A dan kelas B.

References

Al-Zoubi, A., & Laiali, M. 2020. Flipped Classroom Strategy Based on Critical Thinking Skills: Helping Fresh Female Students Acquiring Derivative Concept. International Journal of Instruction, 14(2), 791-810.

Arisoy, B., & Birsel, A. 2021. The Effects of Subject-Based Critical Thinking Education in Mathematics on Students’ Critical Thinking Skills and Virtues. Eurasian Journal of Educational Research, 92, 99-120.

Astuti, N., & Iku, P.F. 2020. Pembelajaran Multiliterasi sebagai Wahana Peningkatan Keterampilan Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 12-18.

Berie, Z., Destaw, D., & Yenus, N.B. 2022. Inquiry-Based Learning in Science Education: A Content Analysis of Research Papers in Ethiopia (2010–2021). Education Research International, 10.

Chusni, M. M., Sulistyo, S., Suranto. 2022. Enhancing Critical Thinking Skills of Junior High School Students through Discovery-Based Multiple Representations Learning Model. International Journal of Instruction, 15(1), 927-944.

Dakhi, O. 2020. Blended Learning: A 21st Century Learning Model at Collage. International Journal of Multi Science, 1(7), 2722-2985.

Demeshkant, N., Slawomir, T., & Katarzyna, P. 2022. Interrelationship between levels of digital competences and Technological, Pedagogical and Content Knowledge (TPACK): a preliminary study with Polish academic teachers. Journal Technology, Pedagogy and Education.

Djumanova, B. 2021. Enhancing Critical Thinking of Students in Curriculum. Scientific Journal Impact Factor (SJIF), 2(1), 2181-1385.

Facione, P. 2020. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts.

Gunawan, D., Sutrisno., & Muslim. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan Tpack Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 249-261.

Hake, R.R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. AERA-D

Hacioglu, Y., & Gulhan, F. 2021. The effects of STEM education on the students’ critical thinking skills and STEM perceptions. Journal of Education in Science, Environment and Health (JESEH), 7(2), 139-155.

Joldanova, D., Tleuzhanova,G., Kitibayeva, A. 2020. Formation og TPACK Acmeological Competency of Future Teachers in Foreign Language Education. International Journal of Education Mathematics, Science and Technology, 10(4), 935-954.

Kemendikbud. 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta.

Liyanage, I., Walker, T., & Shokouhi, H. 2021. Are We Thinking Critically About Critical Thinking? Uncovering Uncertainties in Internationalised Higher Education. Thinking Skills and Creativity, 39, 100762.

Miguel, N. V. 2021. Effect of 7E Model Inquiry-Based Approach on Student Achievement. International Journal of Research Publications (IJRP.ORG), 89(1), 46-61.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. 2018. Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 155-158.

Nusantari, E., Aryati, A., Insar, D. 2021. Combination of Discovery Learning and Metacognitive Knowledge Strategy to Enhance Students’ Critical Thinking Skills. European Journal of Educational Research, 10(4), 1781 – 1791.

Sari, R. M. 2021. Increasing Students Critical Thinking Skills and Learning Motivation Using Inquiry Mind Map. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(03).

Sinuraya, J., Motlan., & Satria, M. 2021. Need Analysis of TPACK Oriented of ICARE Based Student Worksheet for Improving Students' Ability to Complete HOTS Questions. Prosiding 3rd International Conference on Inovation in Education, Science and Culture, ICIES. Universitas Negeri Medan, Medan.

Sujanem, R. 2020. Pengembangan Modul Fisika Konstektual Interaktif Berbasis Web untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 103-117.

Tawil, M., & Dahlan, A. 2021. Aplication of interactive AudioVisual Media to Improve Students' Creative Thinking Skill. Journal of Physics: Conference Series.

Twiningsih, A., & Evi, E. 2021. Development of STEAM Media to Improve Critical Thinking Skills and Science Literacy: A Research and Development Study in SD Negeri Laweyan Surakarta, Indonesia. International Journal of Emerging Issues in Early Childhood Education (IJEIECE), 3(1), 25-34.

Widowati, A. 2007. Penerapan Pendekatan Inquiry dalam Pembelajaran SAINS Sebagai Upaya Pengembangan Cara Berpikir Divergen. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 1(3), 14-26.

Waluyo, E., Supiyati, S., & Halqi, M. 2021. Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Kalkulus Integral Berbasis Model Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Elemen, 6(2), 357-366.

Wulyono, E., & Nuraini. 2021. Pengembangan Desain Instruksional Model Inquiry Learning Terintegrasi TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematikaf, 3(1).

Zakiah, L., & Lestari, I. 2019. Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajar. Bogor: Erzatama Karya Abadi.

Downloads

Published

2023-11-07