Evaluasi Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran IPA (Aplikasi Scratch)

Authors

  • I Wayan Suantara ITP Markandeya Bali
  • Ni Wayan Sri Darmayanti ITP Markandeya Bali
  • I Putu Andika Subagya Putra ITP Markandeya Bali
  • Kadek Yuni Wulandari ITP Markandeya Bali
  • Ni Ketut Sri Partini ITP Markandeya Bali
  • Ni Komang Ayu Ulan Dari ITP Markandeya Bali
  • Kadek Jayanti Riva Pratihiwi UHN Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Keywords:

Aplikasi Scratch, Ilmu Pengetahuan Alam, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan guru kemampuan dalam penggunaan Aplikasi Scratch pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis pendekatan deskriptif kuantitatif. Peneliti menggunakan seluruh  guru yang yang mengajar di SD N 7 Manukaya sebagai subjek penelitian dan evaluasi peningkatan guru dalam menggunakan aplikasi scratch pada pembelajaran IPA sebagai objek penelitian. Instrumen yang digunakan adalah angket. Peneliti menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dengan bantuan skala Gain Skor untuk melihat peningkatan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dari Evaluasi peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan Aplikasi Scratch dari 10 orang guru, 8 guru memperoleh hasil efektif dan 2 guru kurang efektif dalam peningkatannya. Secara keseluruhan rata-rata peningkatan N-Gain diperoleh hasil 0,8 dengan persentase tafsiran 77% dengan kategori efektif dan kriteria skor gain tinggi.

References

Agustian, N., & Salsabila, U. H. 2021. Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047

Anggraeni, M. D., Mucharromah, R., Taqiyya, B. Z., Fadilah, R. E., Mahardika, I. K., & Yusmar, F. 2023. Perkembangan Teknologi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. FKIP E-PROCEEDING, 1–5.

Aulia, S., Zetriuslita, Z., Amelia, S., & Qudsi, R. 2021. Analisis Minat Belajar Matematika Siswa dalam Menggunakan Aplikasi Scratch pada Materi Trigonometri. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(3), 205. https://doi.org/10.24014/juring.v4i3.13128

Autis, A., Di, R., Luar, S., Slb, B., Bunda, A., Efriyanti, L., Okra, R., & Musril, H. A. 2022. IRJE : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. 2(3), 1048–1058.

Chasannudin, A., Nuraini, L., & Luthfiya, N. A. 2022. Pelatihan Aplikasi Scratch untuk Meningkatkan Kemampuan Computational Thinking Pada Guru. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 153–168. https://doi.org/10.35878/kifah.v1i2.502

Fatimah, H., & Bramastia, B. 2021. Literatur Review Pengembangan Media Pembelajaran Sains. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 125. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57255

Harahap, H., & Syafitri, S. E. 2023. Pelatihan Penggunaan Platform Digital Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru PAUD IT Bismillah. Jurnal Pengabdian, 4(1), 67–78. https://e-jurnal.dharmawacana.ac.id/index.php/jp/article/view/404%0Ahttps://e-jurnal.dharmawacana.ac.id/index.php/jp/article/viewFile/404/247

Isnaini, M., Fujiaturahman, S., Utami, L. S., Zulkarnain, Z., Anwar, K., Islahudin, I., & Sabaryati, J. 2021. Pemanfaatan Aplikasi Scratch Sebagai Alternatif Media Belajar Siswa “Z Generation” Untuk Guru-Guru Sdn 1 Labuapi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 871. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6554

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. 2020. Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (LMS) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180

Maharuli, F. M., & Zulherman, Z. 2021. Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Muatan Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 265–271. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.966

Mawardi, M. 2019. Rambu-rambu Penyusunan Skala Sikap Model Likert untuk Mengukur Sikap Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 292–304. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p292-304

Muhammad Sholeh, E. K. N. 2023. Pelatihan Pengembangan Aplikasi Game Dengan Scratch Di Smk Negeri Tembarak Temanggung. Masyarakat, Jurnal PkM Pemberdayaan, 4(2), 41–52.

Munthe, E. 2019. Pentingnya Penguasaan Iptek Bagi Guru Di Era Revolusi 4.0. Seminar Nasinal Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 443–448.

Nurfadillah, S., Rofiqoh Azhar, C., Aini, D. N., Apriansyah, F., Setiani, R., & Tangerang, U. M. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd Negeri Pinang 1. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 153–163. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani, M. 2019. Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 133. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/367

Rozandy, M. P. ., & Koten, Y. P. 2021. Susunan Staf Redaksi. Jurnal IN CREATE, 8, 11–17.

Sari, I. P., Sari, M. N., & Miftah, Z. 2019. Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 119. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i02.3049

Sefriani, R., Sepriana, R., Wijaya, I., & Menrisal, M. 2021. Efektivitas Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4731–4737. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1430

Setiawan, D., Informasi, F. T., Maranatha, U. K., Informasi, F. T., & Maranatha, U. K. 2022. PELATIHAN PEMBUATAN GAME UNTUK SISWA SMA SANTA MARIA 1 Abstrak. 5, 129–135.

Suryanto, A. A., Arifia, A., Nurlifa, A., Muqtadir, A., Amaluddin, F., Haryoko, A., & Wijayanti, A. 2022. PELATIHAN PENGENALAN CODING BAGI GURU SD MENGGUNAKAN SCRATCH Jr. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat METHABDI, 2(2), 117–119. https://doi.org/10.46880/methabdi.vol2no2.pp117-119

Sutisna, E., Novita, L., & Iskandar, M. I. 2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 04(01), 01–06.

Yulianisa, A., & Sudihartinih, E. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Aljabar Berbasis Aplikasi Scratch. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 10(2), 142–156. https://doi.org/10.23960/mtk/v10i2.pp142-156

Yuliati, Y., & Lestari, I. 2019. Penerapan Model Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 32–39. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1200

Yuristia, F., Hidayati, A., & Ratih, M. 2022. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2400–2409. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.23

Downloads

Published

2023-11-07