Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA SMP Model Problem Based Learning Berorientasi Nilai Karakter

Authors

  • Ni Kadek Melya Suryaningsih Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Istri Agung Rai Sudiatmika Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Prima Juniartina Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

LKPD, Problem Based Learning, Nilai Karakter, ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan (1) validitas, (2) tingkat kepraktisan oleh guru, (3) dan tingkat dari keterbacaan Lembar Kerja Peserta Didik IPA SMP Model Problem Based Learning Berorientasi Nilai Karakter. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model ADDIE. Prosedur penelitian ini meliputi (1) tahap analisis (analyze), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (development). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket uji validasi, angket kepraktisan dan angket uji keterbacaan. Subjek penelitian ini meliputi subjek uji validasi yaitu 2 orang ahli Pendidikan IPA, subjek uji kepraktisan yang terdiri atas 5 orang guru IPA dan 10 orang peserta didik sebagai subjek uji keterbacaan. Tingkat validitas LKPD IPA memperoleh rata-rata skor 1,00 termasuk sangat valid. Uji kepraktisan oleh guru memperoleh skor 3,68 termasuk kategori sangat praktis. Hasil keterbacaan memperoleh skor 3,7 dengan kategori sangat terbaca. Berdasarkan hasil penilaian validitas, kepraktisan, dan keterbacaan LKPD IPA model Problem Based Learning berorientasi nilai karakter maka LKPD IPA ini dapat dilanjutkan ke tahap uji keefektifan. 

References

Adnyani, I G. A. A. W., Subagia, I W., & Tika, I N. 2021. Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Mengintegrasikan Pendidikan Karakter Pada Materi IPA Kelas VIII SMP Semester 2. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajaran, 15 (2). doi: https://doi.org/10.23887/wms. v15i2.37690.

Ali, S. S. 2019. Problem Based Learning: A Student-Centered Approach. English language teaching, 12(5), 68-75.

Anisia, I. W., Johari, A., & Hariyadi, B. 2020. Pengembangan LKPD Berkarakter Berbasis Quantum Teaching dan Implikasinya dalam Pembelajaran Biologi Kelas VII SMP. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 9(2), 15-21.

Arends, R.I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & dan Zamroni. 2018. Buku Pegangan Pengembangan Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bujuri, D. A. 2018. Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Literasi, 9(1). doi: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50.

Fahdiah, D., Abudarin, & Fatah, A. H. 2021. Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning pada Konsep Reaksi Reduksi Oksidasi di Kelas X SMAN 1 Marikit. Journal of Environtment and Management, 3(2), 135-145. doi: https://doi.org/10.37304/jem.v3i2.5505.

Fauziah, M., & Qomariyah, N. 2020. Kelayakan LKPD Materi Sistem Pernapasan untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains dan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(3), 489-497. doi: https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n3.p489-497.

Gonibala, A. M., Pikolo, & Kilo, A. L. 2019. Validitas Perangkat Pembelajaran Materi Ikatan Kimia Berbasis Model Pembelajaran Pemaknaan untuk Melatihkan Sensitivitas Moral Siswa SMA. Jambura Journal of Education Chemistry, 1(1). doi: 10.34312/jjec/v1i1.2067.

Gregory, R. J. 2000. Psychological Testing: History, Principles, and Applications. Boston: Allyn and Bacon.

Harahap, A. V., Simatupang, & Susanti, E. 2017. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada Materi Pokok Eubacteria Berbasis Pendekatan Ilmiah.Jurnal Pelita Pendidikan, 5(3), 330-338. doi: https://doi.org/10.24114/jpp/ v5i3.8867.

Hulu, G., & Dwiningsih, K. 2021. Validitas LKPD Berbasis Blended Learning Berbantuan Multimedia Interaktif untuk Melatihkan Visual Spasial Materi Ikatan Kovalen. Journal of Chemical Education, 10(5), 56-65. doi: https://doi.org/10.267 40/ujced.v10n1.p56-65.

Kemendikbud. 2018. Grafik Capaian Rata-Rata Nilai Ujian Nasional. Tersedia pada https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id (diakses tanggal 26 Maret 2022).

Khotimah, R. P., & Sari, M. C. P. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Menggunakan Konteks Lingkungan. Jurnal Program Studi Pendidikan IPA, 9(3), 761-775. doi: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2909.

Lockhart, A & Doux, J. L. 2005. A Partnership for Problem Based Learning: Challenging Students to Consider Open-Ended Problems Involving Gene Therapy. The science teacher, 72(9).

Makhrus, M., Haryono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari, M. 2019. Identifikasi Kesiapan LKPD Guru Terhadap Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(2). doi: https://doi.org/10.29303/jipp.v3i2.20.

Mauliya, A. 2019. Perkembangan Kognitif pada Peserta Didik SMP (Sekolah Menengah Pertama) Menurut Jean Piaget. ScienceEdu, 2(2). doi: https://doi.org/10.19184/se.v2i2.15059.

Rahmi, L., Razak. A., Violita, & Sumarmin, R. 2018. Development of Student’s Worksheet with Inquiry Learning Model on Ecological and Environmental Changes for Class X Senior High School. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT). 6 (2), 448-453. doi: 10.52155.

Rosmita, I. 2021. Pengembangan Video Pembelajaran Pada Materi Koloid Bermuatan Budaya Lokal Bali. Disertasi (tidak dipublikasikan). Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sadra, I W. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berwawasan Lingkungan dalam Pelatihan Guru Kelas Satu Sekolah Dasar. Disertasi (tidak dipublikasikan). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Saragih, M. 2020. Analisis Lembar Kerja Siswa (LKS) Biologi di Kota Binjai yang Digunakan Siswa Kelas VII Semester Gasal 2018/2019. Jurnal Ilmiah Simantek, 4(2), 69-77.

Trimunarti, E., Adnan, & Hartati. 2019. Uji Validitas Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk SMAN pada Konsep Sistem Ekskresi. In Prosiding Seminar Nasional Biologi VI, 267-273.

Downloads

Published

2023-11-07