Analisis Kesiapan Belajar IPA Siswa Kelas VIII Pasca Pandemi

Authors

  • Ni Putu Winni Widiastuti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kompyang Selamet Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Prima Juniartina Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Kesiapan Belajar IPA, Faktor Kesiapan Belajar, Pasca Pandemi

Abstract

: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesiapan belajar IPA dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan belajar IPA siswa kelas VIII pasca pandemi di SMP Negeri 1 Amlapura. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif menggunakan metode studi kasus. Subjek pada penelitian ini seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah siswa sebanyak 166 dan dua guru IPA sebagai sumber data. Teknik yang digunakan dalam mencari sampel yakni purposive sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini melalui metode penyebaran instrumen kuesioner, metode wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu selama di lapangan  terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan kemudian teknik setelah dilapangan menggunakan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Amlapura  yang pernah menjalani masa pembelajaran di pandemi, ketika kembali belajar tatap muka memiliki tingkat kesiapan belajar IPA pasca pandemi secara umum rata-rata dari keseluruhan indikator berada pada kriteria tinggi dengan persentase rata-ratanya 87,52%. (2) hasil wawancara menunjukan bahwa faktor yang mendukung kesiapan belajar siswa yakni (faktor internal) berupa suasana hati siswa dan adanya dukungan dari kondisi fisik, dan prestasi, sedangkan (faktor eksternal) berupa, dukungan,perhatian, dan fasilitas yang diberikan oleh orang tua. Faktor penghambat seperti keterbatasan kemampuan guru baik dari metode mengajar dan penggunaan fasilitas sekolah, masalah broken home, kondisi ekonomi keluarga serta kondisi sekolah berupa kenyamanan dan kelengkapan fasilitas sekolah. 

References

Baharuddin, & Wahyuni. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Riz Media.

Cerelia, J., dkk. 2021. Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Seminar Nasional Statistika X.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Cet.IV. Jakarta: Rineka Cipta.

Novita, Lydia., & Tindangen, Makrina. 2022. Identifikasi Kesiapan Belajar Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum. Artikel: Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Tahun 2022.e-ISSN: 2829-3541.

Nursyaidah, N. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar Peserta Didik. In Forum Pedagogik. Jurnal: IAIN Padangsidimpuan. 2.(2).

Salsabila, A., & Puspitasari, P. 2020. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pandawa Jurnal. 2. (2).

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Verina, Fira. 2019. Analisis Kesiapan Belajar Siswa Dalam Mengikuti Proses Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas VIII di MTsN 1 Tanah Datar. Skripsi. Batusangkar: IAIN Batusangkar 2019.

Wahyuni, Dwi. 2005. Pengaruh Kesiapan Belajar, Motivasi Belajar dan Pengulangan Materi Pelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas II MA Al Asror Gunung Pati Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi. Semarang: UNNES 2005.

Downloads

Published

2023-11-07