Analisis Motivasi Belajar IPA pada Kurikulum Merdeka di Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja

Authors

  • I Nyoman Wahyu Supartama Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Pujani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Mitha Priyanka Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Motivasi Belajar, Faktor Motivasi Belajar, Pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar siswa dan menganalisis faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran IPA dengan kurikulum merdeka di kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMP Negeri 2 Singaraja. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja dengan penentuan subjek penelitian yang dilakukan dengan teknik purposive sampling, yang didasarkan oleh pertimbangan data yang telah diperoleh peneliti saat melaksanakan kegiatan PLP II. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 68 siswa dari kelas VII 3 dan VII 5 serta 1 orang guru IPA SMP Negeri 2 Singaraja. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan yaitu menggunakan teknik analisis data Model Miles and Huberman dengan tahap analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja dalam pembelajaran IPA dengan persentase rata-rata yaitu 71,00% yang termasuk ke dalam kategori tinggi. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja yaitu faktor internal yang terdiri dari cita-cita atau aspirasi, kemampuan belajar, kondisi siswa, dan unsur-unsur dinamis dalam belajar, faktor eksternal yaitu kondisi lingkungan dan upaya guru membelajarkan siswa, sudah cukup berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.

References

Akdon, Riduwan. (2007). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta

Amelia, N. C., Zulhelmi, Z., Syaflita, D., & Siswanti, Y. (2021). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran POE Berbantuan Game Edukasi Berbasis Aplikasi Educandy di SMPN 25 Pekanbaru. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(2), 56-61.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Cahyani, A., Listianan, D. I., & Larasati, D. P. S. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1). 123-140.

Dimyati, & Mudjiono (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamaluddin, Ahdar. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center.

Djarwo, C.F. (2020). Analisis Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Motivasi Belajar Kimia Siswa SMA Kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1). 1-7.

Iskandar. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.

Juraid, H. (2020). LMS Filsafat Pendidikan mengenai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pendidikan Global Pembelajaran 7.2. Learning Management System Universitas Tadulako. Tersedia di: https://lms.untad.ac.id/mod/page/view.php?id=11649&forceview=1. Diakses pada 25 Desember 2022.

Kartini, I. I., Rohaeti, E. E., & Fatimah, S. (2020). Gambaran Motivasi Belajar Peserta Didik Saat Pandemi Covid 19 (Studi Kasusu pada Peserta Didik Kelas VII SMP N 1 Arjasari yang sedang Belajar dari Rumah karena Pandemi Covid 19). Fokus, 3(4).

Kumala, D. E. (2019). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi Melalui Model Student Teams-achievment Divisions (STAD) pada Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Salatiga.

Labret, A., Wicaksono, L., & Yuline, Y. Motivasi Belajar Pada Peserta Didik Kelas X SMK N 1 Pontianak Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(9).

Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9-16.

Naibaho, S. W., Siregar, E. Y., & Elindra, R. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa MTs Negeri 1 Tapanuli Tengah Disaat Pandemi Covid-19. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 304-312.

Nugroho, G. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di SDN 16/II Sepunggur. Integrated Science Education Journal (ISEJ), 1 (2). 65-69.

Nurmahudina, Siti., Distrik, W.I., & Wahyudi, Ismu. (2019), Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Exclusive pada Pembelajaran Alat Optik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 15 No 02.

Pongkendek, J. J., Marpaung, D. N., & Siregar, L. F. (2019). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament. Musamus Journal of Science Education, 2 (1), 31-38.

Puthree, A. N., Rahayu, D. W., Ibrahim, M., & Djazilan, M. S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 5 (5).

Rahmi, Nurul Aulia., Rahmadhani Fitri., Ganda Hijrah Selaras & Rahmadhan Surnarmin. (2019). Analisis Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMP di Kota Padang. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi. 4(1) 232-238.

Rini, C. P. (2019). Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV MI Daarul Ilmi Kabupaten Tangerang. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(2), 153-159.

Sardiman. (2018). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sari, Y. G., Putra, B. E., Miranti, Y., & Setiawati, M. (2022). Hubungan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kelas X DI SMA 1 IX Koto Sungai Lasi. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(4), 131-138.

Sariyem. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Mapel IPA Melalui Metode Eksperimen. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual. 2 (3) 294-299.

Sardiman A, M. (2011). Evaluasi Belajar dan Mengajar. Persada.

Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syaiful, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Syam, A., & Amri, A. (2017). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis kaderisasi IMM terhadap prestasi belajar mahasiswa (studi kasus di program studi pendidikan biologi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah parepare). Jurnal Biotek. 5(1), 87–102.

Suhardi. (2013). The Science of Motivation (Kitab Motivasi). Jakarta: PT Gramedia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Suralaga, F. (2021). Psikologi pendidikan implikasi dalam pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Sutrisna, N., & Gusnidar. (2022). Pengembangan Buku Siswa Berbasis Inkuiri Pada Materi IPA Untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Inovasi Penelitian, 2 (8). 2859-2867.

Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada KTSP. Jakarta: Kencana.

Uno, H., B. (2016). Teori Motivasi & Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyuni, Y. (2021). Analisis motivasi belajar matematika siswa kelas XII IPA SMA Bunda Padang. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), 52-59.

Downloads

Published

2023-11-07