Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa dalam Mata Kuliah Fisika Dasar Prodi S1 Pendidikan IPA

Authors

  • Putu Prima Juniartina Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nia Erlina

Keywords:

Pemecahan Masalah, Faktor Pemecahan Masalah, Fisika Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis dan mendeskripsikan profil kemampuan pemecahan masalah factor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah mahasiswa semester 2 Prodi S1 Pendidikan IPA terhadap matakuliah fisika dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian mix methods. Subjek dalam penelitian ini adalah 14 mahasiswa yang diambil dengan teknik purposive sampling dari jumlah populasi sebanyak 29 mahasiswa. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah dan faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan pemecahan masalah terhadap mata kuliah fisika dasar. Data mengenai profil kemampuan pemecahan masalah mahasiswa diperoleh menggunakan metode tes kemampuan pemecahan masalah, sedangkan data mengenai faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan pemecahan masalah diperoleh melalui kuesioner terbuka dan wawancara. Analisis data kemampuan pemecahan masalah dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif, sedangkan analisis data faktor yang memengaruhi kemampuan pemecahan masalah dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Profil kemampuan pemecahan masalah mahasiswa S1 Pendidikan IPA terhadap matakuliah Fisika Dasar tergolong sedang dengan persentase 65,8 %, (2) Faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah mahasiswa terhadap matakuliah Fisika Dasar terdiri atas factor internal yaitu intelegensi dan keingintahuan dan faktor eksternal yaitu metode mengajar dosen.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyani, H., & Setyawati, R. 2017. Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, In Prosiding Seminar Nasional Matematika. p.151-160.

Cahyo, A. N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Yogyakarta: Diva Press.

Dwi Prastiwi Mery & Tutut Nurita. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas VII SMP. E-Journal-pensa 6(2). 98-103

Fitria, N. F. N., Hidayani, N., Hendriana, H., & Amelia, R. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat: Problem Solving Skills. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(01), 49-57.

Hanifa, N. I., Akbar, B., Abdullah, S., & Susilo. 2018. Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X IPA pada materi perubahan lingkungan dan faktor yang mempengaruhinya. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi. 2(2): 121–128.

Haris, A. 2013. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Insani, dkk. 2016. “Berpikir Kritis” Dasar Bidan Dalam Manajemen Asuhan Kebidanan. Kebidanan FK-UNAND , 21-28.

Kartono. 2013. Desain Asesmen Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berorientasi pada PISA dengan strategi IDEAL Problem Solver. In Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan. UNNES.

Muhibbin, S. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Nasution, S. 2015. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Permatasari, N.Y. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Model Pembelajaran Treffinger. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1): 31-32.

Posamentier, A. 2015. Teaching Secondary Mathematics Techniques And Enrichment Units. New York: University of New York.

Rosyada, D. 2004. Paradigma pendidikan demokratis. Jakarta: Prenada Media.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Susanto, A. 2013. Teori Belajar Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group

Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-04-30