Analisis Bibliometrik tentang Tren dan Peluang Penelitian Pendidikan STEM dalam Pembelajaran IPA

Authors

  • Vivi Mardian Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hanifah Ahmad Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v7i1.70746

Keywords:

STEM education, VOS Viewer, Bibliometric Analysis

Abstract

Pendidikan di era 5.0 melibatkan peran teknologi dalam pembelajaran. Pendidikan STEM banyak diterapkan oleh berbagai negara untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Pendidikan STEM memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian pendidikan STEM terus ditinjau selama 10 tahun terakhir. Mengingat banyaknya manfaat STEM dalam pembelajaran, maka perlu dilakukan analisis terhadap penelitian sebelumnya untuk melihat tren dan hasil riset pendidikan STEM sebelumnya. Selain itu, penelitian ini menunjukkan peluang penelitian STEM kedepannya terutama di bidang pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan data yang disajikan dalam bentuk analisis bibliometrik. Kata kunci yang digunakan untuk mengumpulkan artikel adalah “STEM Education Research” dengan menggunakan aplikasi Publish or Perish. Hasilnya ditemukan 1000 penelitian yang diterbitkan dari tahun 2020-2022. Hasil analisis komponen STEM pada judul dan abstrak dengan menggunakan bibliometrics. Peluang penelitian STEM kedepannya yakni sikap, inovasi, peluang, dan perempuan.

References

Di, C., Zhou, Q., Shen, J., Li, L., Zhou, R., & Lin, J. 2021. Innovation event model for STEM education: A constructivism perspective. STEM Education, 1(1). https://doi.org/10.3934/steme.2021005

Herdianto, R., Windyaningrum, N., Masruroh, B., & Setiawan, M. A. 2021. Filsafat pendidikan dan perkembangannya: Kajian bibliometrik berdasarkan database scopus. Belantika Pendidikan, 4(2), 44-56. https://doi.org/10.47213/bp.v4i2.101

Hussénius, A. 2020. Trouble the gap: gendered inequities in STEM education. In Gender and Education (Vol. 32, Issue 5). https://doi.org/10.1080/09540253.2020.1775168

Jannah, M., Prasojo, L. D., & Jerusalem, M. A. 2020. Elementary School Teachers’ Perceptions of Digital Technology Based Learning in the 21st Century: Promoting Digital Technology as the Proponent Learning Tools. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i1.6088

Komalasari, K., Arafat, Y., & Mulyadi, M. 2020. Principal’s Management Competencies in Improving the Quality of Education. Journal of Social Work and Science Education, 1(2). https://doi.org/10.52690/jswse.v1i2.47

Maheshwari, I., & Maheshwari, P. 2020. Effectiveness of Immersive VR in STEM Education. 2020 7th International Conference on Information Technology Trends, ITT 2020. https://doi.org/10.1109/ITT51279.2020.9320779

Mardian, V., & Chandra, D. T. 2023. STEM Integration Barriers and Pedagogy's Relationship with STEM: Literature Review. In SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika).

Prasetyo, I., Suryono, Y., & Gupta, S. 2021. The 21st Century Life Skills-Based Education Implementation at the Non-Formal Education Institution. Journal of Nonformal Education, 7(1). https://doi.org/10.15294/jne.v7i1.26385

Putri, I. R., & Muttaqiin, A. 2023. Development of Science Experimental Video With Stem-Critical Thinking Aspect: Making Thermometer for Measuring The Greenhouse Effect on Global Warming Topic. Jurnal Pembelajaran Sains, 6(1), 31-40.

Sandrone, S., Scott, G., Anderson, W. J., & Musunuru, K. 2021. Active learning-based STEM education for in-person and online learning. Cell, 184(6). https://doi.org/10.1016/j.cell.2021.01.045

Suoranta, J., Hjelt, N., Tomperi, T., & Grant, A. 2022. Reinventing Paulo Freire’s pedagogy in Finnish non-formal education: The case of Life Skills for All model. Educational Philosophy and Theory, 54(13). https://doi.org/10.1080/00131857.2021.1974839

Wan Husin, W. N. F., Mohamad Arsad, N., Othman, O., Halim, L., Rasul, M. S., Osman, K., & Iksan, Z. 2016. Fostering students’ 21st century skills through project oriented problem based learning (Popbl) in integrated stem education program. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 17(1).

Widya, Rifandi, R., & Laila Rahmi, Y. 2019. STEM education to fulfil the 21st century demand: A literature review. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012208

Yafie, E., Nirmala, B., Kurniawaty, L., Bakri, T. S. M., Hani, A. B., & Setyaningsih, D. 2020. Supporting cognitive development through multimedia learning and scientific approach: An experimental study in preschool. Universal Journal of Educational Research, 8(11 C). https://doi.org/10.13189/ujer.2020.08231

Downloads

Published

2024-04-30