Analisis Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMP pada Aspek Kognitif Level Menerapkan (C3) pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi

Authors

  • Ramlawati Universitas Negeri Makassar
  • Aisyah Ambar Sari Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Aqil Rusli Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v7i1.75998

Keywords:

Analisis Hasil Belajar, Aspek Kognitif, Level Menerapkan (C3)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis level hasil belajar IPA pada aspek kognitif level Menerapkan (C3) peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 30 Makassar. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 30 Makassar sebanyak 80 orang.Teknik sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda level menerapkan (C3) pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Skor hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil belajar yang diperoleh dari penelitian ini adalah skor rata-rata yaitu 8,85 dengan persentase pencapaian 80,45%, yang termasuk kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa level hasil belajar IPA pada level Menerapkan (C3) bagi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 30 Makassar tahun pelajaran 2020/2021 berada pada kategori tinggi.

References

Anderson, L.W. dan D.R. Krathwohl. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives.New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Adianto, T. 2017. Analisis Pencapaian Kompetensi Dasar pada Materi Momentum dan Impuls Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Makassar. Skripsi. Makassar. Jurusan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar.

Baswedan, Anies. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22.Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gronlund, N. E., & Brookhart, S. M. 2009. Writing Instructional Objectives (8th Edition). Upper Saddle River: Pearson Education Inc.

Lamen, I. B. 2018. Efektifitas Model Pembelajaran Guided Discovery terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas V111 Mts.N 1 Flores Timur. Skripsi. Makassar. Jurusan Pendidikan Fisika. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. UIN Alauddin Makassar.

Muslimin, B. & Muhammad, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Berbasis Taksonomi Kognitif Bloom. Jurnal 6(2), September 2018. pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar.

Riningsih. 2016. Analisis Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Melakukan Kegiatan Praktikum pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 9 Makassar. Skripsi. Makassar. Jurusan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar.

Rosa, F. O. 2015. Analisis Kemampuan Siswa Kelas X pada Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika,

(2), 23. Universitas Muhammadiyah Metro.

Salmah. 2017. Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik di SMA Negeri 1 Bontomarannu. Skripsi. Makassar. Jurusan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar.

Wardiman. 2019. Pengaruh Multimedia Prezi dalam Pembelajaran IPA terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 8 Makassar. Skripsi. Makassar. Prodi Pendidikan IPA. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar

Widodo, & Widanti, L. 2013. Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIIA MTs Negerti Donomulo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Fisika Indonesia, XVII(49), 32-35.

Downloads

Published

2024-04-30