INTERAKSI DAN SOLIDARITAS SOSIAL DALAM TRADISI AMBUR SALIM PADA MASYARAKAT KELURAHAN LOLOAN TIMUR, JEMBRANA DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA

Authors

  • Muhammad Daffy Rizaldy Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Made Arya Suta Wirawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Putra Yasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v3i1.34221

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses interaksi sosial dalam pelaksanaan tradisi ambur salim pada masyarakat Kelurahan Loloan Timur, Jembrana, (2) mendeskripsikan bentuk solidaritas sosial yang terbangun dalam tradisi ambur salim pada masyarakat Kelurahan Loloan Timur, Jembrana, (3) mendeskripsikan aspek-aspek yang terdapat pada tradisi ambur salim yang berpotensi menjadi sumber belajar sosiologi di SMA. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan tahap-tahap pengumpulan data diantaranya (1) purposive sampling, (2) observasi non-partisipatif, (3) in-depth interviewing, (4) studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan (1) interaksi sosial dalam perhelatan ambur salim menciptakan proses interaksi asosiatif dan disosiatif, (2) dalam perhelatan ambur salim membentuk solidaritas mekanik dan gambaran gemeinschaft, (3) ambur salim mengandung aspek sosiologis dan pedagogis yakni wahana mempelajari suatu tradisi, alat atau media dalam melihat proses kerjasama (co-operation), alat atau media dalam meningkatkan solidaritas, mengandung nilai-nilai karakter yang sejalan dengan Kurikulum 2013 dan berpotensi menjadi sub materi pada mata pelajaran sosiologi di jenjang SMA.

Kata kunci: Ambur Salim, Interaksi Sosial, Solidaritas Sosial, Sumber Belajar, Nilai-Nilai Karakter

References

Ali, Bagenda. 2019. Awal Mula Muslim di Bali: Kampung Loloan Jembrana Sebuah Entitas Kuno. Yogyakarta: Deepublish.

Anwar. 2018. “Paradigma Sosialisasi dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Jiwa Beragama Anak”. Jurnal Al-Maiyyah, Volume 11, Nomor 1 (hlm. 65-79).

Ar, Eka H., dkk. 2013. “Integrasi Sosial dalam Masyarakat Multi Etnik”. Jurnal Walisongo, Volume 21, Nomor 1 (hlm. 191-218).

Fantiya, Hetwin., dkk. 2019. “Interaksi Sosial Pedagang Kaki Lima di Tengah Masyarakat Multikultur dan Potensinya Sebagai Media Pembelajaran Sosiologi di SMA”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPSU/article/view/26671 (diakses tanggal 19 Januari 2021).

Ghofur, Moh, Abd., dkk. 2019. “Peran Masjid At-Taubah di Kampung Mumbul, Banjar Jawa, Buleleng, Bali Menjaga Integrasi Masyarakat Multikultur (Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sosiologi di SMA)”. tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPSU/article/view/26668/15644 (diakses tanggal 29 Januari 2021).

Idris, Mulyana dan Muhammad Sahlan. 2018. “Antara Salah Paham dan Paham yang Salah: Pandangan Teungku Seumeubeut Terhadap Wahabi”. Jurnal Substantia, Volume 20, Nomor 1 (hlm. 80-89).

Irfan, Maulana. 2017. “Metamorfosis Gotong Royong Dalam Pandangan Konstruksi Sosial”. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Menuju Masyarakat Indonesia Sejahtera. Fikom, Universitas Padjajaran, Bandung 22 Desember 2016.

Johnson, Doyle P. 1994. Teori Sosiologi Klasik dan Modern. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Koentjaraningrat. 2005. Pengantar Antropologi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kurniawan, Made Ferry., dkk. 2019. “Permainan Rakyat sebagai Sumber Belajar Sosiologi di SMA (Studi Kasus Tradisi Mageburan di Desa Adat Sekumpul, Sawan, Buleleng, Bali)”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPSU/article/view/26840 (diakses tanggal 22 Januari 2021).

Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif. Taman Sidoarjo: Penerbit Zifatama Publisher.

MG, Nashrillah. 2017. “Peranan Interaksi Dalam Komunikasi Menurut Islam”. Jurnal Warta Dharmawangsa, Edisi 52 (hlm. 1-30).

Munifah, Siti. 2017. “Solidaritas Kelompok Minoritas Dalam Masyarakat (Studi Kasus Kelompok Waria di Pondok Pesantren Waria Al Fatah Yogyakarta)”. Jurnal Sosiologi Agama, Volume 11, Nomor 1 (hlm. 109-118).

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: Cakra Books.

Nurdin, Ismail., Sri Hartati. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Putra, Mandala., dkk. 2018. “Eksistensi Kebudayaan Tolong Menolong (Kaseise) Sebagai Bentuk Solidaritas Sosial Pada Masyarakat Muna (Studi di Desa Mataindaha Kecamatan Pasikolaga)”. Jurnal Neo Societal, Volume 3, Nomor 2 (hlm.476-483).

Sabara, Eka. 2019. Daeng Nachoda: Terdamparnya Skuadron Pasukan Kesultanan Wajo di Jembrana di Abad ke-17. Surabaya: Fakultas Sastra Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Saihu, S dan Agus Mailana. 2019. “Teori Pendidikan Behavioristik Pembentukan Karakter Masyarakat Muslim Dalam Tradisi Ngejot di Bali”. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8, Nomor 2 (hlm. 163-176).

Setiadi, Elly M. & Kolip Usman. 2011. Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Soekanto, Soerjono. 2001. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Veeger, J. Karel (et al.). 1992. Pengantar Sosiologi: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wattini., dkk. 2019. “Pola Interaksi Santri Pondok Pesantren Hidayahtullah di Perumahan Jalak Putih Singaraja Sebagai Media Pembelajaran Sosiologi”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPSU/article/view/26686/15656 (diakses tanggal 29 Januari 2021).

Zainullah., dkk. 2020. “Peran Organisasi Kemahasiswaan Dalam Menumbuhkan Nilai Solidaritas Sosial Antar Mahasiswa di Lingkungan Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Universitas Pendidikan Ganesha”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPSU/article/view/28047/15875 (diakses tanggal 24 Januari 2021).

Downloads

Published

2021-05-02