PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IIS 5 SMA NEGERI 2 BANJAR SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpsu.v1i2.26680Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas X IIS 5 SMA Negeri 2 Banjar semester genap tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe script pada pelajaran sosiologi, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X IIS 5 SMA Negeri 2 Banjar semester genap tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe script pada pelajaran sosiologi, (3) mengetahui peningkatan respon siswa kelas X IIS 5 SMA Negeri 2 Banjar semester genap tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe script pada pelajaran sosiologi. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Tahap yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu (1) penentuan subjek penelitian, (2) membuat rencana tindakan, (3) melaksanakan tindakan, (4) observasi, (5) evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan (1) presentase rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I adalah 25,74 % dengan kategori tinggi, meningkat menjadi 26,64% pada siklus II dengan kategori tinggi; (2) rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 70,54% dengan kategori sedang, dan ketuntasan belajar mencapai 67,74%, meningkat menjadi 80,84% dengan kategori tinggi dan ketuntasan belajar mencapai 90,32% pada siklus II; (3) respon siswa pada siklus I terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe script mencapai rata-rata 37,06% dengan kategori positif. Bedasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe script dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar sosiologi pada siswa kelas X IIS 5 SMA Negeri 2 Banjar semester genap tahun pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Koopetaif Tipe Script, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Sosiologi.
References
Sumber Buku:
Budiningsih. C Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya. Usaha Nasional
Purwanto, M Ngalim. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cetakan Ke-6. Jakarta. Kencana
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Sobandi, Bandi. 2008. Model Pembelajaran Kritik dan Apresiasi Seni Rupa. Solo: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Soekanto, Soerjono. 2007. Sosiologi suatu Pengantar. Jakarta. PT Raja Grafindo
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi Paikem). Yogyajarta: Pustaka Pelajar
Sumadayo, Samsu. Penelitian Tindakan Kelas. 2013. Yogyakarta: Graha Ilmu
Suryani, Nunuk dan Agung Leo. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta. Ombak
Syarbaini, Syahrial dan Rusdiyanta. 2013. Dasar-dasar Sosiologi. Yogyakarta. Graha Ilmu
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Cetakan Pertama. Jakarta: Prestasi Pustaka
Uno, B Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta. PT Bumi Aksara
Wulansari, Dewi. 2009. Sosiologi Konsep dan Teori. Bandung: PT Refika Aditama
Depdiknas. 2008. Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Badan StandarNasional Pendidikan, DepartemenPendidikan Nasional.
Kemendikbud. 2017. Model Pengembangan RPP. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktoral Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah
Sumber Internet:
Handayani, rita. 2010. Tersedia Pada: http://eprints.uny.ac.id/553/1/SKRIPSI-RITA.pdf. (Diakses tanggal 05 Januari 2018).
Natalina, mariani dkk. 2012. Tersedia Pada: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=145936&val=2269. (Diakses tanggal 05 Januari 2018).
Purwanto, dkk. 2015. Teori dan Praktek. Tersedia Pada: jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/17438/51/article.pdf. JurnalPendidikan Vokasi. Vol.3 No.2. ISSN : 2302-285X. (Diakses pada tanggal 22 Januari 2018).
Sari, Estetika Yuwana. 2012. Tersedia Pada:
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/manajemen/article/view/21193. (Diakses pada tanggal 15 Januari 2018).
Shafa. 2014. Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Dinamika Ilmu. Vol. 14. No 1. Tersedia Pada:https://iain-samarinda.ac.id/ojs/index.php/dinamika_ilmu/article/download/9/255 karakteristik kurikulum 2013 pdf. (Diakses pada tanggal 20 Maret 2018).
Suryani, R. 2012. Tersedia Pada: http://repository.uin-suska.ac.id/2000/1/2012_201222.pdf. (Diakses tanggal 06 Januari 2018).
Widodo, Lusi Widiyanti. 2013.Tersedia Pada:https://jurnal.ugm.ac.id/jfi/article/download/24410/15902. Jurnal Fisika Indonesia No: 49, Vol XVII, Edisi April 2013. ISSN : 1410-2994. (Diakses pada tanggal 01-02-2018).
Widodo, Agus. 2012. Tersedia Pada: https://eprints.uns.ac.id/31811/1/K8410005_pendahuluan.pdf. (Diakses pada tanggal 01-02-2018). Permendiknas. 2006. Tersedia pada: http://bsnp-indonesia.org/id/bsnp/wp-content/uploads/2009/06/01.-SMA-MApdf)
Sumber Skripsi:
Hermi, Made Dian. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Sawan Semester Ganjil Tahun Pelajaran
/2016. Undiksha. Singaraja-Bali. (Tidak Diterbitkan). Jurusan Pendidikan Sejarah
Wahyudi, I Gusti Ngurah Riki. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Model Example Non-Example Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII-1 Di SMP Negeri 2 Singaraja Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Undiksha. Singaraja-Bali. (Tidak Diterbitkan). Jurusan Pendidikan Sejarah.