PERANAN SANKSIMAYAH DOSA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA ORGANISASI SEKAA TERUNAGANGGA TEMAJA BANJAR DEN-YEH, DESA PEGUYANGAN KAJA, KECAMATAN DENPASAR UTARA DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 8 DENPASAR

Authors

  • I Gusti Agung Angga Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Tuty Maryati Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Made Arya Sutha Wirawan Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v1i3.26849

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Mengapa diperlukan sanksi mayah
dosa, (2) Bagaimana pengelolaan sistem sanksi mayah dosa dalam meningkatkan
partisipasi anggota sekaa teruna, (3) Bagaimana dampak dari penerapan sanksi mayah
dosa yang diterapkan untuk meningkatkan partisipasi anggotaST.Gangga Temaja Banjar
Den-Yeh, (4) Aspek-aspek yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar Sosiologi di SMA N
8 Denpasar.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif.Lokasi penelitian di desa Peguyangan Kaja, kecamatan Denpasar
Utara.informannya yakni Wayan Sudiasa sebagai ketua ST. Gangga Temaja. Pengumpulan
data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa, (1) Diperlukannya sanksi mayah dosa untuk memberikan efek jera
bagi para anggota, memberikan rasa malu bagi para anggota, (2) Pengelolaan sistem
sanksi mayah dosadigunakan dalam rangka hari raya Nyepi, PORDES dan HUT- ST.
Gangga Temaja, (3) Dampak dari penerapan sanksi mayah dosa yang diterapkan ST.
Gangga Temaja Banjar Den-Yeh yakni anggota mulai aktif dalam berbagai kegiatan yang
diselenggarakan, (4) Potensi sebagai sumber belajar terlihat dari beberapa aspek yang
meliputi: kurikulum 2013, mengacu pada materi pelajaran Sosiologi yakni Individu,
kelompok dan hubungan sosial
Kata kunci: Sanksi Mayah dosa, Partisipasi, Sekaa teruna, Sumber Belajar Sosiologi

References

Sumber Buku:

Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan Indonesia. Jakarta: Djambatan

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1995, Balai Fustaka, Jakarta, h. 1265Nurhadi dkk.2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapan dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Prees).

Ridwan HR, 2006, Hukum Administrasi Negara, PT. RajaGrafindo, Jakarta, h. 315

Soekanto Soerjono. 2012. Sosiologi Sebagai Pengantar.Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Sukardi.2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktinya. Jakarta: PT Bumi Aksara.Sutopo, H.B. 2006.Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapanya Dalam Penelitian. Edisi 2. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sumber Jurnal dan Sumber Skripsi:

Atmadja, Dewi nitya dan Herawati. 2017. PERAN SEKAA TERUNA DALAM MENSOSIALISASIKAN NILAI-NILAI AKUNTABILITAS BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRI HITA KARANA. e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1. Volume:7 No.1Sawitri, Nurul. 2014. Skripsi. Partisipasi Pemuda dalam Program Karang Taruna(Studi pada Pemuda di Dusun Kupang Kidul, Desa Kupang, Kecamatan Ambarawa)

Padmiari, Eka dkk. 2014. PEMBERDAYAAN SEKAA TERUNI PADA PENDAMPINGAN IBU HAMIL DALAM PEMBERIAN ASI EKSLUSIF DI KABUPATEN KLUNGKUNG. Journal Vol.2 no.2

Sumerta dkk. 2017. Peranan Desa Pakraman Pengeragoan Dangin Tukad Kec. Pekutatan Kab. Jembrana dalam Menormalisasi Hubungan Solidaritas Sekaa teruna-Teruni “Satya Dharma”. Journal Vol.1

Sumber Internet:

Slamet, M. 2003. Membentuk Pola Perilaku Manusia Pembangunan. Bogor: IPB Press

http://perilakuorganisasi.com/teori-penguatan.html (Diakses pada 20 Februari 2018)

https://www.kompasiana.com/peradah/sekaa-teruna-teruni-sebagai-pilar-mendukung-penegakan-hukum_5529b2d5f17e61701ad623af (Diakses pada 20 Februari 2018)

Downloads

Published

2020-08-04