PERAN MODUL NUSANTARA TERHADAP PROSES ADAPTASI MAHASISWA SELAMA MENGIKUTI PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA
Keywords:
Modul Nusantara, Pertukaran Mahasiswa MerdekaAbstract
Penelitian ini membahas terkait dengan peran Modul Nusantara terhadap proses adaptasi mahasiswa selama mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, yang mana terdapat tiga fokus penelitan dalam penelitian ini yakni: Pertama, proses kegiatan Modul Nusantara. Kedua, gegar budaya yang dialami oleh mahasiswa selama menjalani program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Ketiga, peran Modul Nusantara dalam membantu proses adaptasi mahasiswa selama program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran Modul Nusantara terhadap proses adaptasi mahasiswa selama mahasiswa mengalami gegar budaya di lingkungan barunya. Pada penelitian ini metode yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif, temuan atau hasil dalam penelitian ini menyatakan bahwa kegiatan Modul Nusantara sebagai pembelajaran kebudayaan dan pendampingan kepada mahasiswa selama berada di lingkungan barunya. Mahasiswa mengalami gegar budaya akibat perbedaan kebudayaan dari segi makanan, bahasa, gaya bicara, iklim, harga bahan pokok serta makanan, sikap dan prilaku masyarakat. Pada penelitian ini ditemukan pula beberapa peran Modul Nusantara dalam membantu proses adaptasi mahasiswa antara lain sebagai berikut: Pertama, membantu mahasiswa mengenal kebudayaan baru di lingkungan barunya. Kedua, membimbing dan membantu mahasiswa untuk terbiasa dengan lingkungan barunya. Ketiga, membantu mahasiswa dalam proses adaptasi dari segi budaya, sosial, psikis dan finansial.
References
Almanshur, Fauzan & Ghony Djunaedi, M. 2017. Metode Peneitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian Edisi Revisi. Jogjakarta.
Amalia, Rizki. 2020. “Peran Bimbingan Konseling Untuk Anak Usia Dini Pada Masa.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4:3637–40.
Anwar, Rosyida Nurul. 2022. “Peran Mata Kuliah Modul Nusantara Dalam Peningkatan Sikap Toleransi Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.” Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 10(2):646–55. doi: 10.47668/pkwu.v10i2.471.
Bahrudin, Febrian Alwan. 2020. “PERAN MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA SEBAGAI MATA KULIAH WAJIB UMUM DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN MAHASISWA YANG SESUAI DENGAN NILAI-.” Ejournal Unbaja 3(1).
Busyaeri, Akhmad, and Mumuh Muharom. 2016. “Pengaruh Sikap Guru Terhadap Pengembangan Karakter (Peduli Sosial) Siswa Di Mi Madinatunnajah Kota Cirebon.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 2(1):1–17. doi: 10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.177.
Dwi Rita Nova, Deana, and Novi Widiastuti. 2019. “Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum.” Comm-Edu (Community Education Journal) 2(2):113. doi: 10.22460/comm-edu.v2i2.2515.
Hendrastomo, Grendi, Marshellena Devinta, and Nur Hidayah. 2013. “FENOMENA CULTURE SHOCK (GEGAR BUDAYA) PADA MAHASISWA PERANTAUAN DI YOGYAKARTAo Title.” Jurnal Pendidikan Sosiologi 2015 3(3):42–52.
Indriati, Deya, Iis Nurasiah, and Irna Khaleda Nurmeta. 2022. “Modul Nusantara: Mengembangkan Karakter Mahasiswa Dalam Kelas Multikultural.” MIMBAR PGSD Undiksha 10(1):142–47. doi: 10.23887/jjpgsd.v10i1.46036.
Khoirunnisa, Yusnia, and Nathalia Perdhani Soemantri. 2019. “Fenomena Gegar Budaya Pada Warga Negara Perancis Yang Bekerja Di Jakarta.” Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya 21(2):254. doi: 10.25077/jantro.v21.n2.p254-261.2019.
Mulyaningsih, Indrati Endang. 2014. “Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 20(4):441–51. doi: 10.24832/jpnk.v20i4.156.
Nihayah, Ulin, Ilham Misbahul Qolbi, and Nurul Mutamini. 2022. “Psikologi Positif Pada Konten ” Are We Okay ” Dalam Menumbuhkan Kesehatan Mental.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling Syekhnurjati 5(1):61–72.
Patawari, Muhammad Yunus. 2020. “Adaptasi Budaya Pada Mahasiswa Pendatang Di Kampus Universitas Padjadjaran Bandung.” Jurnal Manajemen Komunikasi 4(2):103. doi: 10.24198/jmk.v4i2.25900.
Pramudiana, Inosensia Dini, and Theresia Dewi Setyorini. 2019. “Hubungan Antara Gegar Budaya Dengan Penyesuaian Sosial Siswa Papua Di Magelang.” Praxis 1(2):125. doi: 10.24167/praxis.v1i2.1631.
Rabiah, Sitti. 2018. “Pengembangan Materi Ajar Bahasa Makassar Berbasis Nilai-Nilai Karakter Dan Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Kota Makassar.” Jurnal AlphaEuclidEdu 4(1):1–18.
Rusuli, Izzatur. 2014. “Refleksi Teori Belajar Behavioristik Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Pencerahan 8(1):38–54. doi: 10.13170/jp.8.1.2041.
Seko, Hart H., Ignatia Y. Rembet, and others. 2017. “Analisis Prestasi Belajar Pada Tipe Kepribadian Introvert, Ekstrovert, Dan Ambivert Mahasiswa Akademi Keperawatan Gunung Maria Tomohon.” Ejournal Poltekkes Manadoes Manado 1(2):309–18.
Simanjuntak, Diana, and Rina Fitriana. 2020. “Culture Shock, Adaptation, and Self-Concept of Tourism Human Resources in Welcoming the New Normal Era.” Society 8(2):403–18. doi: 10.33019/society.v8i2.200.
Siregar, Astrid Oktaria Audra, and Erin Ratna Kustanti. 2020. “Hubungan Antara Gegar Budaya Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Bersuku Minang Di Universitas Diponegoro.” Jurnal EMPATI 7(2):474–90. doi: 10.14710/empati.2018.21668.
Solehah, S., Jamaludin, U., & Fitrayadi, D. S. 2022. “Nilai-Nilai Budaya Pada Kesenian Debus.” Jurnal of Civic Education 5(2):212–22.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Suhardiyanto, Andi, and Sunarto Sunarto. 2013. “Aktualisasi Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah Umum (Mku) Di Universitas Negeri Semarang.” Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes 30(1):124778.
Tim Pertukaran Mahasiswa Merdeka. 2021. MODUL NUSANTARA.
Utami, Setyo Savitri Lusia. 2015. “View of Teori-Teori Adaptasi Antar Budaya.Pdf.” Jurnal Komunikasi Untar.
Utomo, Prio, and Fiki Prayogi. 2021. “Literasi Digital: Perilaku Dan Interaksi Sosial Masyarakat Bengkulu Terhadap Penanaman Nilai-Nilai Kebhinekaan Melalui Diseminasi Media Sosial.” Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) 3(1):65–76.
Yuandari, esti & Rahman, Topan Aditya. 2017. Metode Peneitian Dan Statistika.
Yuniarti, Santi, Septian Aji Permana, and A. A. Ketut Budiastra. 2022. “Pengaruh Kesiapan Dan Motivasi Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring.” Jurnal Kewarganegaraan 6(1):367–80.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.