PERAN DAN FUNGSI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA JARA MARA PATI BULELENG, BALI DALAM PEMBERIAN LAYANAN KEPADA LANSIA (Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sosiologi SMA Kelas X)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpsu.v1i1.26673Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)faktor-faktor yang melatar
belakangi lansia berada di Panti Sosial Tresna Werdha Jara Mara Pati, (2)
mengetahui pelayanan yang di berikan panti sosial kepada lansia, dan (3)aspek di
panti sosial yang dapat di gunakan sebagai sumber belajar sosiologi. Metode
penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Narasumber penelitian ini terdiri dari Koordinator panti sosial, staf panti sosial, dan
lansia. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi,
serta studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan
bahwa (1) terdapat 3 faktor yang menyebabkan lansia berada di panti sosial antara
lain faktor ekonomi, sosial, dan usia. Tingkat ekonomi yang rendah membuat lansia
tidak dapat menghidupi diri sendiri. Keadaan lingkungan sekitar yang membuat
lansia merasa tidak nyaman membuat lansia tidak dapat beradaptasi dikarenakan
usia yang semakin tua. Hal ini membuat lansia memilih tinggal di panti sosial. (2)
Pelayanan yang di berikan panti sosial berupa pemberian tempat tinggal, makan,
pakaian, pemeliharaan kesehatan, bimbingan keagamaan, rekreasi dan pengurusan
pemakaman. (3) Keberadaan lansia di panti sosial kemudian dimanfaatkan sebagai
sumber belajar. Aspek yang dapat di pelajari dari panti sosial antara lain aspek
kognitif, afektif, dan psikomotor.
Kata Kunci: peran dan fungsi, panti sosial, layanan dan sumber belajar.
Referensi
Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Peraturan Menteri Sosial No. 19 tahun 2012
Tentang Pedoman Pelayanan Sosial
Lanjut Usia
Rohaedi. 2016. ”Living Di Panti Sosial
Tresna Werdha Senja Rawi”. Jurnal
Pendidikan Keperawatan Indonesia
Vol.2 No. 1 Juli 2016.
Salamah . 2005. “Kondisi Psikis Dan
Alternatif Penanganan Masalah
Kesejahteraan Sosial Lansia Di Panti
Wredha.” Jurnal PKS Vol. IV No. 11,
Maret ; 55 – 61
Setiadi, Elly M. 2011. Pengantar Sosiologi
Pemahaman Fakta dan Gejala
Permasalahan sosial: Teori, Aplikasi,
dan Pemecahannya. Jakarta
:Prenadanmedia.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian
Pendidikan (Pendekatan Kuatitatif,
Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
Sulastri. 2017. “Pelayanan Lanjut Usia
Terlantar dalam Panti. Jurnal
PROSIDING KS: RISET Vol. 4, No. 1,
ISSN: 2442-4480.
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta : Kencana