Pembentukan Nilai-Nilai Karakter pada Anak-Anak Panti Asuhan Narayan Seva, Kerobokan, Buleleng, Bali dalam Membangun Integrasi Sosial Di kalangan Penghuni Panti Asuhan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpsu.v1i1.26678Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakter anak-anak yang tinggal di Panti Asuhan
Narayan Seva, (2) mengetahui nilai-nilai karakter yang diterapkan Panti Asuhan Narayan Seva
dalam membangun integrasi sosial, (3) mengetahui bentuk atau pola pendidikan karakter yang
diberikan kepada anak-anak panti asuhan sebagai upaya membangun integrasi sosial. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan studi dokumen.
Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian adalah
sebagai berikut: (1) anak-anak yang tinggal di panti asuhan Narayan Seva memiliki dua tipe yaitu
anak-anak yang baru awal tinggal di panti asuhan yang masih memiliki karakter aslinya saat masih
bersama orang tuanya dan anak-anak yang sudah lama tinggal di panti asuhan yang karakternya
sudah dibentuk (2) panti asuhan Narayan Seva menanamkan 9 nilai-nilai karakter yang
ditananmkan untuk membentuk karakter anak-anak yang baru awal tinggal di panti asuhan Narayan
Seva yaitu sikap religius, sikap jujur, sikap toleransi, sikap disiplin, sikap kerja keras dan
bertanggungjawab, sikap mandiri, sikap peduli lingkungan dan sikap peduli sosial. 3) panti asuhan
menggunakan beberapa bentuk atau pola yang digunakan untuk menanamkan nilai-nilai karakter
dalam membangun integrasi sosial anak-anaknya yaitu: menanamkan kegiatan rapat bersama,
belajar bersama, liburan bersama, yoga bersama dan berkebun bersama.
Kata Kunci : Nilai-Nilai Karakter , Panti Asuhan , Integrasi Sosial.
Referensi
Agung, Iskandar, DKK. 2011. Pendidikan
Membangun Karakter Bangsa.
Jakarta: Bestari Buana Murni.
Asep, Jihad, DKK. 2010 Pendidikan
Karakter dan Aplikasinya. Jakarta:
Kementrian Pendidikan Nasional.
Dwipayani, Made Wisnu. 2015. Potensi
Mudeum The Sukarno Center
Tampaksiring, Gianyar, Bali
Sebagai Sumber Belajar Sejarah
Di SMA. Singaraja : Universitas
Pendidikan Ganesha.
Erni Oktavia, dkk. 2011. Rapat
Administrasi Humas dan Protokol
SMK Negeri 1 Malang. Diakses
pada: https://www.academia.edu.
Hurlock Elizabeth. 2005. Perkembangan
Anak. Jakarta: Erlangga
Handoyo Eko, dkk. 2015. Studi
Masyarakat Indonesia.
Yogyakarta. Ombak.
Ibrahim. 2015. Metodeologi penelitian
kualitiatif (panduan penelitian
beserta contoh dan proposal
kualitatif). Indonesia : Pontianak.
Indrayani. 2012. Pendidikan Karakter
Kerangka, Metode dan Aplikasi
untuk Pendidik dan Profesional.
Jakarta: Baduose Media Jakarta.
Koesoma A. Doni. 2007. Pendidikan
Karakter. Jakarta: PT grasindo.
Muslich Masnur. 2014. Pendidikan
Karakter Menjawab Tantangan
Krisis Multidimensional. Jakarta:
PT Bumi Aksara.
Rahman Muhammad. 2012. Kurikulum
Berkarakter (Refleksi dan
Proposal Solusi Terhadap KBK
dan KTSP). Jakarta: Prestasi
Pustakaraya.
Said, Moh. 2011. Pendidikan Karakter di
Sekolah. Surabaya: PT
Temprina Media Grafika.
Sariman, Muhamad. 2015. Pendidikan
Karakter Membangun,
Membnagun Delapan Karakter
Emas Menuju Indonesia
Bermartabat. Yogyakarat:
Smudra Biru.
Siradj Aqil. 2014. Pendidikan Karakter
Berbasis Tradisi Pesantren.
Jakarta: Rumah Kitab.
Soekanto Soerjono. 2009. Sosiologi
keluarga Tentang Ikhwal Keluarga
Remaja dan Anak. Jakarta. PT
Rineka Cipta.
Sugiyono (2016). Metode Penelitian
Kualitatif, Kuantitatif, Research
and Development. Bandung.
Alfabeta.
Sugiyono (2016). Metode Penelitian
Kualitatif, Kuantitatif, Research
and Development. Bandung.
Alfabeta.
Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian
Kualitatif (Dasar Teori dan
Terapannya dalam Penelitian)
Edisi 2. Universitas Sebelas
Maret: Surakarta.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan
Karakter, Konsepsi dan
Aplikasinya dalam Lembaga
Pendidikan. Bengkulu: Kencana
Prenada Median Group.
Albaroroh Rafiatulkhoiri. 2016. Interaksi
Sosial di Panti Asuhan dalam
Bentuk Tingkah Laku Anak (Study
di Balai Rehabilitas Sosial dan
Pengasuhan Anak Sleman,
Yogyakarta). Diakses pada:
lib.unnes.ac.id.
Dwi Saputra. 2016. Peranan Panti
Asuhan terhadap Pembentukan
sikap sosial Anak di panti Asuhan
Asuhan Mahmudah di Desa
Sumberejo Sejahtera Kecamatan
Kemiling Bandar Lampung.
Diakses pada: http://ejournal.
uajy.ac.id.
Inderawati. 2008. Pengenalan Simbol-
Simbol Visual dalam Pertunjukkan
Sastra Lokal Bagi Mahasiswa
Pendidikan Bahasa untuk
Pengembangan Industri Kreatif.
Diakses pada:
Kiki Muhhamad. 2014. Konflik dan
Integrasi Sosial (Telaah Buku A.
Malik MTT berjudul “Pura dan
Masjid Konflik Dan Integrasi Pada
Suku tengger Jawa Timur”).
Diakses pada:
Lukman Wahyuddin. 2012. Sosialisasi Di
Panti Asuhan Dalam Membentuk
Tingkah Laku Anak (Kasus Di
Panti Asuhan Abadi Aisyiyah
Kecamatan Soreang, Kota
Parepare). Diakses Pada:
http://repository.unhas.ac.id.
Nuraida Nia. 2016. Pengembangan Nilai-
Nilai Karakter Melalui Pendidikan
Pancak Silat untuk Anak Usia
Dini. Diakses pada: http://ejournal.
stkipsiliwangi.ac.id
Djaelani, Aunu Rofiq. 2013. Teknik
Pengumpulan Data Dalam
Penelitian Kualitatif. Majalah
Ilmiah Pawiyatan Vol : Xx, No : 1
Bangkit. 2016. Kata-Kata Nasihat Orang
Tua Kepada Anaknya. Diakses
pada: https://bangkit.co.id
Sabrina Reza. 2017. 8 Penyebab
Keluarga tidak Harmonis dan
Solusinya. Diakses pada:
Yusuf Muhammad. 2013. Membentuk
Karakter Melalui Pendidikan
Berbasis Nilai. Diakses pada:
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2012.
Versi 2. Diakses pada:
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2012.
Versi 2. Diakses pada:
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2012.
Versi 2. Diakses pada:
Kamus besar bahasa Indonesia. 2012.
Versi 2. Diakses pada:
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2016.
Media Revolution Group. Diakses
pada:
https://typoonline.com/kbbi/perkum
pulan.