Persepsi Siswa tentang Guru Sosiologi Ideal (Studi Kasus Pada SMA di Kota Singaraja, Bali)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpsu.v1i2.26681Abstrak
Tujuan penelitian ini ialah (1) mengidentifikasi faktor yang melatarbelakangi adanya guru-guru pengajar sosiologi yang memiliki kualifikasi non pendidikan sosiologi, (2) menggali persepsi siswa tentang guru yang memiliki kualifikasi non pendidikan sosiologi, (3) mengkaji persepsi siswa tentang guru sosiologi yang ideal. Penelitian ini menggunkanan metode campuran yang memadukan bentuk kualitatif dan bentuk kuantitatif. Lokasi penelitian yakni di SMA N 1 Singaraja, SMA N 4 Singaraja, SMA Lab Undiksha, dan SMA Dwijendra Singaraja. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) faktor yang melatarbelakangi adanya guru-guru pengajar sosiologi yang memiliki kualifikasi non pendidikan sosiologi ialah tuntutan kurikulum, ketersediaan guru sosiologi yang langka, dan kebijakan dari Kepala Sekolah. (2) persepsi siswa tentang guru-guru sosiologi yang memiliki kualifikasi non pendidikan sosiologi dalam kategori cukup baik, (3) perolehan persepsi tentang guru sosiologi yang ideal, yakni memahami peserta didik secara mendalam, merancang pembelajaran, memahami landasan pendidikan, mengembangkan potensi peserta didik, menguasai substansi keilmuan, menguasai struktur dan metode keilmuan, mampu memanfaatkan teknologi dalam pemebelajaran, mengorganisasikan materi kurikulum bidang studi, memiliki kepribadian yang mantap dan stabil, dewasa, arif, berwibawa, berakhlak mulia, menjadi tauladan serta mampu berkomunikasi secara efektif.
Kata kunci: Persepsi Siswa, Guru Ideal
Referensi
Kunandar, 2010. Guru Profesional. Jakarta : Rajawali Pres
Undang-Undang Tentang Sistem Pendidkan Nasional (UU RI No. 20 Tahun 2003). 2003. Jakarta : Sinar Grafika
Uno, B. Hamzah. 2007. Profesi Kependidikan (Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia). Jakarta : Bumi Aksara
Wahyudi,Johan.https://www.kompasiana.com/johanmenulisbuku/mengapa-mutu-guru-indonesia-rendah_55484f54547b61e50d2523f8 Diakses tanggal 28 Februari 2018
Ramdhani, Neila. 2012. Menjadi Guru Inspiratif (Aplikasi Imu Psikologi Positif dalam Dunia Pendidikan). Jakarta : Titian Foundationhttps://jpn.com/news/bali-kekurangan-577-guru-smasmk. Diakses 24 Juli 2018
https://www.diedit.com/skala-likert/) Diakses 20 Juli 2018
https://jpn.com/news/bali-kekurangan-577
guru-smasmk. diakses 20 Juli 2018