PEMBELAJARAN SOSIOLOGI PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH AT-TAUFIQ DI KAMPUNG KAJANAN, SINGARAJA, BULELENG, BALI (Kesulitan Belajar, Manajemen Kelas dan Penanggulangannya)

Penulis

  • Atiek Urosyidah Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Sosiologi
  • Nengah Bawa Atmadja Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Tuty Maryati Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v1i3.26845

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Latar belakang siswa yang kurang meminatii pada mata pelajaran sosiologi, (2) Manajemen kelas yang dilakukan guru sosiologi dalam pembelajaran sosiologi pada siswa kelas XI, (3) Penanggulangan rendahnya minat siswa dalam belajar sosiologi berdasarkan persepsi siswa dan berbagai pihak terkait. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Madrasah Aliyah At-Taufiq Kampung Kajanan, Singaraja, Buleleng, Bali. Teknik penentuan informan menggunakan Purposive Sampling. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Sedangkan keabsahan dilakukan dengan metode triangulasi dan analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Latar belakang peserta didik kelas XI di Madrasah Aliyah At-Taufiq kurang meminati pembelajaran sosiologi dilihat dari (1) Faktor internal, : a) Kurangnya kemampuan dasar intelligensi siswa, b) Tidak ada bakat dalam belajar sosiologi, c) Kurangnya minat terhadap situasi pembelajaran yang tidak dapat memotivasi siswa, d) Tidak adanya perpustakaan. (2) Faktor eksternal, : a) Faktor orang tua, b) Faktor dari guru, c) Faktor lingkungan. (2) Manajeman kelas XI di kelompokkan menjadi tiga yaitu : mendikte, menegur dan mencatat, serta memberi skors, (3) Menanggulangi rendahnya minat belajar siswa dalam belajar sosiologi dari pihak yang terkait (a) Persepsi siswa, (b) Persepsi kepala madrasah, (c) Persepsi orang tua, (d) Persepsi guru sosiologi.
Kata Kunci : pembelajaran sosiologi, kesulitan belajar, manajemen kelas, penanggulangannya

Referensi

Danim, Sudarwan. 2010. Pengantar Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif (panduan penelitian beserta contoh dan proposal kualitatif). Indonesia : Pontianak

Kamil, Mz. 2010. Manajemen Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Disekolah Alternatif qaryah Thayyibah salatigaTahun Ajaran 2009/2010.https://www.google.co.id/?gws_rd=cr,ssl&ei=DucuWayDMI6YvQS4aoAg#q=MANAJEMEN+PENGELOLAAN+KELAS+DALAM+MENINGKATKAN+PRESTASI+BELAJAR+SISWA+DISEKOLAH+ALTERNATIFQARYAH+THAYYIBAHSALATIGA+TAHUN+AJARAN2009/2010. (diakses pada 31 Mei 2017)

Karwati, Euis dan Priansa, Donni Juni. 2014. Manajemen Kelas (Classroom Management. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: AlfabetaSutirna dan Samsudin, Asep. 2015. Landasan Pendidikan (Teori dan Praktek). Bandung: PT. Refika Aditama

Diterbitkan

2020-08-04